Kumpulan Artikel Usaha dan Bisnis oleh Startner

Highlights

Beragam Fitur dan Keuntungan WhatsApp Business untuk Bisnis
Bisnis Beragam Fitur dan Keuntungan WhatsApp Business untuk Bisnis WhatsApp Messenger merupakan aplikasi populer yang digunakan banyak negara, termasuk Indonesia. Ketersediaan WhatsApp di lebih dari 180 negara memperluas potensinya untuk menjangkau lebih dari 2,7 miliar pengguna. Dari popularitas ini, WhatsApp Business diperkenalkan dan tumbuh menjadi solusi pemasaran.  Lebih dari 50 juta perusahaan memanfaatkan WhatsApp Business untuk upaya pemasaran. WhatsApp Business berguna dalam membantu bisnis menjangkau pelanggan dengan lebih efisien. Lantas, apa keuntungan lain dalam menggunakan layanan ini? Apa saja fitur yang tersedia, dan biayanya? Semua akan terjawab melalui artikel di bawah ini. Check this out!   Apa itu WhatsApp Business? Ada dua model WhatsApp Business yang dapat disesuaikan oleh jenis bisnis. WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis, yang memudahkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Layanan ini menyediakan alat untuk mengotomatisasi, mengelompokkan, dan merespons pesan. Aplikasi ini juga dirancang agar terasa dan berfungsi seperti WhatsApp Messenger. Pengguna dapat menggunakannya untuk melakukan semua yang biasa dilakukan pada WhatsApp Messenger. Mulai dari mengirim pesan hingga mengirim foto.  Model kedua dikenal dengan WhatsApp Business API. Ini merupakan platform WhatsApp Business yang merupakan kumpulan API dan fitur yang memungkinkan medium serta bisnis perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui WhatsApp dalam skala besar.  Dengan menggunakan WhatsApp Business API, bisnis dapat menghubungkan ribuan agen dan bot untuk berinteraksi dengan pelanggan baik secara otomatis maupun manual. API WhatsApp juga terintegrasi dengan beragam sistem backend seperti customer relationship management (CRM).   Pentingnya Menggunakan WhatsApp Business Email maupun SMS telah lama menjadi saluran paling umum dan efektif yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tetapi di dunia omnichannel, hal ini berubah.  WhatsApp Business memiliki kemampuan yang memungkinkan bisnis memiliki dampak yang lebih besar pada kepuasan pelanggan, sambil memperluas jangkauan. Selain itu, dapat meningkatkan deliverability dan konversi, mengelola support cost, serta memperkuat keamanan. Tentu saja, saluran pesan lainnya seperti SMS, MMS, RCS Messaging, LINE, Facebook Messenger, masih memiliki peran sentral dalam strategi komunikasi bisnis, dan kemungkinan besar akan tetap ada. Namun, di beberapa wilayah di Amerika Latin, Asia, dan Afrika, WhatsApp Business menjadi pilihan utama. WhatsApp Business penting digunakan bisnis karena memberi banyak perusahaan kesempatan untuk menjangkau audiens global yang lebih luas. Menggunakan layanan ini sebagai bagian dari strategi pesan, bisa menjadi tools yang diperlukan untuk membantu bisnis tetap kompetitif.   Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business Sumber: WhatsApp Business   WhatsApp Business membuka peluang tak terbatas bagi bisnis dari semua ukuran, termasuk skala kecil, sedang, dan besar. Ini beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp Business.  Menjangkau Pasar Baru Brand yang ingin memperluas jangkauan global dapat menargetkan pasar baru yang menarik dengan WhatsApp Business. Misalnya, WhatsApp merupakan aplikasi pesan paling populer di Indonesia. Sejalan dengan penjualan e-Commerce yang terus meningkat, ini merupakan pasar potensial harus diperhatikan oleh semua bisnis. Menawarkan Promosi  Bisnis dapat mengirimkan penawaran dan promosi dalam skala besar dengan solusi WhatsApp Business. Ini termasuk saran “related product”, abandoned cart message, dan perintah lain untuk mempertahankan pelanggan tetap terikat. Terlindung Dari Penipuan Pelanggan dapat melindungi diri dari penipuan karena adanya WhatsApp Business. Aplikasi percakapan ini dirancang sangat aman untuk percakapan autentikasi, serta mengirim kode sandi sekali pakai kepada pelanggan. Pesan Dapat Dipersonalisasi Konsumen memilih percakapan yang dipersonalisasi. Pesan langsung melalui WhatsApp Business memungkinkan brand untuk menyesuaikan pesan, promo, dan bahkan layanan pelanggan. Bisnis dapat dengan mudah mengirim pembaruan pesanan dan memberikan dukungan dalam obrolan yang aman. Membangun Kepercayaan Semua obrolan yang terjadi melalui WhatsApp Business memiliki fitur end-to-end encryption. Ini tidak hanya melindungi informasi sensitif pelanggan, tetapi juga membangun kepercayaan. Kepercayaan sangat penting bagi bisnis karena berpengaruh pada tingkat konversi.    Fitur WhatsApp Business Ada banyak fitur aplikasi WhatsApp Business yang menjadikannya keharusan bagi bisnis dari semua ukuran. Berikut beberapa fitur WhatsApp Business yang penting. Profile Information WhatsApp Business menyediakan tempat untuk membuat profil bisnis, yang berkaitan dengan informasi penting. Bisnis dapat menuliskan informasi yang lengkap dan akurat. Mulai dari nama bisnis, deskripsi, dan informasi kontak. Fitur ini bertujuan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan. Automated Messages Fitur pesan otomatis bermanfaat untuk menyambut pelanggan dengan mudah. Pesan otomatis digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Fitur ini juga digunakan untuk menginformasikan ke pelanggan apabila layanan tidak tersedia sementara waktu.  Label dan Katalog Label dan Katalog salah satu fitur yang paling populer. Atur produk atau layanan ke dalam kategori menggunakan kedua fitur ini, sebagai etalase seluler. Fungsi keduanya tentu saja memberikan kemudahan akses bagi pelanggan, saat ingin mencari koleksi produk yang dimiliki bisnis.  End-to-end Encryption Fitur end-to-end encryption mampu menjaga informasi pelanggan tetap private dan aman. Semua pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business yang terenkripsi secara end-to-end. Artinya, pesan yang dikirimkan sulit diakses dan dibaca bagi siapapun.  Multi-Device Support Mengelola akun WhatsApp Business bisa dilakukan dari beberapa perangkat, seperti dari smartphone dan tablet. Ini memungkinkan bisnis menanggapi pesan dimanapun dan kapanpun. Dukungan ini membuat bisnis tetap terhubung dengan pelanggan, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.   Analytical Tools Layanan ini juga mampu melacak jumlah pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca, serta waktu respons untuk pertanyaan pelanggan, dengan analytical tools. Gunakan informasi dari hasil analisis ini untuk membuat keputusan yang tepat tentang bisnis.   Berapa Biaya Menggunakan WhatsApp Business? Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dan menggunakan koneksi seluler atau Wi-Fi sebagaimana aplikasi WhatsApp pribadi. Penggunaannya pun juga gratis seperti menggunakan WhatsApp Messenger.  Sementara itu, WhatsApp Business API tersedia dengan basis biaya per percakapan. Ada empat kategori percakapan dalam WhatsApp Business, yaitu Marketing Conversation, Utility Conversation, Authentication Conversation, dan Service Conversation. Marketing Conversation dikenakan besaran biaya yaitu Rp 596.33. Utility Conversation Rp 295.32, Authentication Conversation Rp 437.97 dan Service Conversation sebesar Rp 275.48. Semua harga ini terhitung per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.   Tingkatkan Penjualan Bisnis Bersama Startner WhatsApp Business menjadi tools yang diandalkan bisnis dalam melakukan komunikasi ke pelanggan, menawarkan promosi, hingga meningkatkan penjualan. Sebelum memanfaatkan layanan ini, penting bagi kamu memahami model bisnis. Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan para ahli bisnis dengan Startner. Startner merupakan jasa konsultasi bisnis online yang bisa kamu andalkan untuk membuat model bisnis yang tepat. Implementasi model bisnis dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan. So, tingkatkan penjualan bisnis melalui WhatsApp Business bersama Startner! Aliya Izetti