#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Soft Skill Owner Bisnis

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat, pentingnya soft skill bagi para pebisnis menjadi semakin menonjol. Soft skill seperti kemampuan komunikasi yang efektif, kepemimpinan yang adaptif, dan kemampuan berkolaborasi sangat penting dimiliki seorang pebisnis. 

Tidak hanya membentuk dasar hubungan yang kuat dengan klien dan rekan kerja, tetapi juga menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan yang terus berkembang di pasar global saat ini. Bagi yang ingin memulai profesi baru sebagai pebisnis, kamu perlu mempelajari soft skill apa saja yang penting untuk dikuasai. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya!

 

Pentingnya Menguasai Soft Skill untuk Pebisnis

Soft skill adalah sifat karakter bawaan seseorang, yang berhubungan dengan keterampilan antar pribadi atau dengan orang lain. Di tempat kerja, soft skill melengkapi hard skill. 

Kemampuan tersebut memungkinkan individu berinteraksi dengan efektif dengan orang lain dalam berbagai situasi. Menjadi pebisnis membutuhkan dua keterampilan yakni hard skill dan soft skill.

Hal ini dikarenakan, pebisnis merupakan sosok visioner yang memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan hingga terhadap pertumbuhan serta perbaikan ekonomi. Artinya, pebisnis berkesempatan untuk memberdayakan orang lain dengan membuka lapangan kerja, industri, atau pasar baru. 

Untuk meraih kesempatan itu, seorang pebisnis harus menguasai soft skill karena keterampilan ini memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis. Soft skill yang terasah, dapat memberikan pengaruh terhadap perubahan sosial hingga meningkatkan kualitas hidup. 

Selain itu, menguasai soft skill memberikan peluang bagi pebisnis untuk tumbuh dari sisi kepribadian dan karakter secara profesional.

Keterampilan ini juga meningkatkan kapasitas pebisnis untuk bekerja secara efisien secara sendiri maupun dalam tim. Pada akhirnya, menguasai soft skill memudahkan pebisnis dalam mencapai tujuan.

 

10 Soft Skill yang Harus Dikuasai Pebisnis

Softskill yang Harus Dikuasai Oleh Pebisnis

Sumber: Pexels

 

Untuk mencapai kesuksesan bisnis, nyatanya tidak hanya membutuhkan hard skill saja. Hard skill perlu dibarengi dengan soft skill. Di bawah ini terdapat sepuluh soft skill yang harus dikuasai pebisnis. 

Leadership

Leadership atau kepemimpinan merupakan soft skill pertama yang harus dikembangkan oleh semua pebisnis. Menjalankan bisnis tidak cukup hanya memiliki ide atau strategi yang termasuk dalam hard skill. Seorang pengusaha harus mampu mempengaruhi keputusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Seorang pebisnis yang memiliki leadership yang baik harus mampu mendukung dan memotivasi orang lain melalui tindakan, bukan hanya kata-kata. Menuntut dan memberi perintah mudah dilakukan, namun lebih bijaksana ketika pemimpin memberikan contoh langsung. 

Communication

Soft skill berikutnya yaitu keterampilan komunikasi. Komunikasi merupakan kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Pebisnis harus menyadari pentingnya komunikasi sebagai unsur strategi bisnis, dan peningkatannya terhadap perusahaan.

Untuk menjadi komunikator yang efektif, pebisnis harus memahami bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda. Lingkungan bisnis dimana terdapat tingkat komunikasi yang baik, artinya lingkungan tersebut terbuka untuk segala peluang kesuksesan.  

Critical Thinking

Memiliki pikiran yang kritis merupakan soft skill yang wajib diasah oleh para pebisnis. Critical thinking membantu seorang pebisnis untuk menganalisis informasi yang kompleks, mengevaluasi berbagai opsi, hingga memilih keputusan yang paling rasional dan tepat untuk situasi bisnisnya.

Berpikir kritis juga mendorong inovasi dan kreativitas dalam bisnis. Dengan mempertimbangkan secara kritis ide-ide baru dan melihatnya dari berbagai sudut pandang, seorang pebisnis dapat mengembangkan solusi baru serta strategi yang inovatif.

Creativity

Kreativitas termasuk soft skill yang diperlukan pebisnis skala kecil maupun besar. Membangun dari awal dengan dana yang terbatas memerlukan kreativitas dalam setiap detailnya. Selain itu, perubahan sepanjang proses bisnis memerlukan kreativitas untuk menghadapi berbagai tantangan yang tak terduga.

Seorang pebisnis yang mampu menambah nilai pada bisnisnya akan dapat beradaptasi dan berkompromi kapan saja. Pebisnis kreatif tahu bagaimana memanfaatkan sumber daya terbatas untuk mengembangkan pertumbuhan.

Networking

Dengan memiliki networking yang luas, seorang pebisnis dapat menemukan peluang bisnis baru, seperti pelanggan potensial, mitra kerja, atau investor. Semakin besar networking, semakin banyak kesempatan yang dapat ditemukan.

Networking merupakan soft skill yang diperlukan untuk meningkatkan jaringan kontak profesional. Tanpa hubungan yang tepat, peluang pertumbuhan bisnis sangat lambat.

Problem Solving

Dalam bisnis, tantangan dan masalah akan selalu muncul, mulai dari masalah operasional hingga perubahan pasar. Kemampuan problem solving memungkinkan seorang pebisnis untuk menangani masalah secara efektif dan menemukan solusi yang memadai.

Kemampuan problem solving juga membantu pebisnis dalam menangani situasi yang dapat merugikan reputasi perusahaan, seperti keluhan pelanggan atau masalah publik. Dengan menangani masalah dengan cepat dan efektif, seorang pebisnis dapat menjaga reputasi perusahaan tetap baik.

Decision Making

Keputusan yang cepat sekaligus tepat dapat membantu sebuah bisnis untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat. Ketika seorang pebisnis dapat membuat keputusan yang efektif dalam hal investasi, pengembangan produk, maupun ekspansi pasar, ini dapat membantu meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar perusahaan.

Active Listening

Active listening termasuk kualitas penting dalam daftar soft skill bagi seorang pebisnis yang ingin menjaga tingkat komunikasi serta kolaborasi yang tepat antara karyawan, pelanggan, dan mitra. Saat ini, sebagian besar bisnis sangat customer-oriented. Pebisnis mulai melakukan berbagai upaya untuk memperhatikan kebutuhannya. 

Kemampuan mendengarkan ini sangat penting untuk menghasilkan feedback dari pelanggan. Ketika seorang pelanggan memberikan feedback, sebagai pebisnis, kamu harus merespons atau mempertimbangkan laporan tersebut jika memerlukan peningkatan produk atau layanan yang mendesak.

Negosiasi

Sebagian pebisnis telah memiliki keterampilan secara alami. Tetapi sebagian besar harus melatihnya. Setiap kali berbicara dengan pelanggan, kemampuan untuk meyakinkan dan menawarkan kesepakatan yang adil merupakan soft skill untuk meningkatkan penjualan.

Soft skill yang paling penting yang membentuk seorang negosiator profesional yakni memahami body language sendiri maupun pelanggan.

Dalam percakapan, body language biasanya lebih penting daripada kata-kata yang diucapkan. Ketika berbicara dengan pelanggan, kamu dapat mengubah pikiran dengan menunjukkan kepercayaan diri.

Team Management

Seorang pebisnis dapat memaksimalkan potensi timnya dan menggerakkan bisnis mencapai tujuan. Manajemen tim yang baik dapat membantu menciptakan budaya kerja yang positif di dalam perusahaan. Ini dapat membangun rasa saling percaya, komunikasi terbuka, kolaborasi, serta semangat kerja yang tinggi diantara anggota tim. 

Seorang pebisnis yang memiliki kemampuan manajemen tim yang baik akan dapat menangani konflik dengan efektif, mencari solusi yang memuaskan semua pihak, dan memastikan bahwa kerja sama tetap berjalan lancar.

 

Baca juga:

 

Tips Melatih Soft Skill untuk Pebisnis

Sumber: Pexels

 

Mengetahui pentingnya soft skill, tentu kamu sebagai pebisnis harus mengasahnya demi kemajuan bisnismu. Berikut beberapa tips yang membantu kamu berlatih dan meningkatkan kemampuan soft skill secara profesional

Hadir di Seminar dan Workshop

Hadir di seminar, workshop, maupun acara terkait yang memungkinkan kamu untuk mempraktikkan keterampilan profesional di luar tempat kerja. Terutama, acara yang bertema soft skill. Fokuslah pada komunikasi secara efektif, mendengarkan dengan aktif, dan skill lainnya saat berjejaring dengan para profesional lainnya.

Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja

Konflik yang sering terjadi di tempat kerja, merupakan kesempatan kamu sebagai pebisnis, untuk menyelesaikannya secara kolaboratif. Belajar lebih banyak tentang bagaimana kamu dan rekan kerja dapat berkolaborasi, memecahkan masalah, hingga berfungsi sebagai tim dengan efektif.

Mengajukan Pertanyaan

Mengajukan banyak pertanyaan saat berinteraksi berarti memiliki keunggulan dalam soft skill, seperti komunikasi, sikap terbuka, dan kemauan untuk belajar. Fokus pada pertanyaan yang memberikan wawasan tentang sudut pandang baru. Saat giliran kamu berpendapat, maka kamu mampu memberikan perspektif yang lebih menyeluruh.

Terbuka Terhadap Feedback

Usahakan untuk terbuka terhadap feedback yang membangun. Banyak keterampilan profesional yang diinginkan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mendengarkan, mengevaluasi, dan menerapkan penilaian orang lain terhadap pekerjaan atau kinerja. 

Membangun Hubungan Positif

Budayakan hubungan positif dengan rekan kerja, klien, Manajer, dan para profesional lain. Banyak keterampilan profesional menggambarkan perilaku, kebiasaan, dan metode komunikasi ketika berinteraksi dengan orang lain. Akan lebih mudah berinteraksi secara kooperatif jika telah memiliki hubungan positif di tempat kerja.

Merawat Diri

Menjaga diri, misalnya dengan makan makanan bergizi, menghabiskan waktu dengan orang yang kamu cintai, mendapatkan tidur yang cukup, dan menyediakan waktu untuk hobi. Pikiran serta tubuh yang sehat dapat membantu kamu belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan baru.

 

Siapkan Bisnis untuk Go-Digital Bersama Startner

Itulah pentingnya soft skill agar dimiliki seorang pebisnis yang bisa kamu tiru. Apalagi, jika kamu saat ini sedang menjalankan bisnis baru. Seperti yang telah dibahas diatas, memiliki soft skill juga harus dibarengi dengan hard skill. 

Namun, jika kamu sedang mencari bantuan dalam mengasah hard skill untuk mengembangkan bisnismu ke dunia digital, kamu bisa mencoba jasa konsultasi bisnis online, yaitu Startner! Startner memiliki sosok berpengalaman yang akan memberikanmu saran praktis dalam membangun bisnis digital. 

Pastinya, kamu juga akan terbantu dalam menyusun dan mengimplementasikan model bisnis dengan arahan spesifik. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan bisnis untuk go-digital bersama Startner!