#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Fitur BliBli

Platform e-commerce di Indonesia, BliBli, menjadi salah satu platform populer yang banyak dikunjungi dan mendominasi pasar e-commerce. Di tahun 2023, kunjungan ke website BliBli mengalami peningkatan sebesar 11%. Dengan popularitasnya, BliBli menjadi favorit banyak penjual untuk menawarkan produk maupun layanan via online. 

Adapun terdapat lebih dari 275 ribu mitra pedagang merek, yang memanfaatkan platform ini untuk berjualan. Mungkin, kamu orang yang tertarik untuk berbisnis melalui platform ini. Berikut terdapat kelebihan dan kekurangan BliBli, hingga fitur utamanya yang perlu kamu ketahui sebelum berjualan disini. Simak sampai habis, ya!

 

Apa itu BliBli?

Sejak 2011, BliBli didirikan oleh PT Global Digital Niaga Tbk., Sebagai perusahaan niaga-el di Indonesia yang berfokus pada B2B, B2C dan B2B2C.

BliBli merupakan suatu ekosistem perdagangan omnichannel terintegrasi yang dikembangkan di Indonesia, untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia, serta meningkatkan pengalaman berbelanja.

Blibli membangun ekosistem omnichannel terintegrasi terkemuka yang mampu memenuhi hampir 90% potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dari kebutuhan harian, perjalanan, gaya hidup, barang elektronik hingga perabot rumah tangga dan tagihan bulanan. 

Visinya yaitu menjadi ekosistem perdagangan pilihan bagi konsumen dan institusi. Sedangkan misinya yakni menjadi platform perdagangan dan gaya hidup yang dilakukan melalui omnichannel yang terpercaya.

 

Kelebihan BliBli

Kelebihan BliBli

Sumber: BliBli

 

Sebagai salah satu platform perdagangan online yang banyak digunakan, BliBli terus mengalami pertumbuhan. Tahun 2023, BliBli mengalami pertumbuhan pendapatan sebanyak 15,8%. Hal ini menunjukkan bahwa BliBli menjadi platform terpercaya bagi para pembeli maupun penjual. 

Platform ini dikenal dengan tagline-nya yang menjanjikan bahwa barang-barang yang dijual merupakan produk original. BliBli juga menyediakan banyak fasilitas yang menguntungkan penjual.

Seperti gratis ongkos kirim (ongkir) untuk penjual tanpa biaya tambahan. Ongkir pesanan akan ditanggung oleh BliBli serta pengiriman sudah secara otomatis diasuransikan.

Sebagai penjual, kamu juga dapat mengikuti rangkaian training yang diadakan oleh tim BliBli Seller University, seperti training offline dan webinar. Sementara itu, jika kamu mengalami kesulitan untuk foto produk, kamu dapat menggunakan jasa foto produk gratis yang telah disediakan oleh BliBli secara gratis. 

Yang menjadi kelebihan BliBli selanjutnya yaitu, kegiatan penjualan bisa dilakukan melalui handphone. BliBli Seller App memungkinkan kamu upload produk secara satuan, merespon pesanan, menjawab diskusi produk, dan fungsi lainnya. 

Untuk user interface-nya, platform ini menerapkan sistem rekomendasi di bagian komentar. Rekomendasi didasarkan pada produk yang sejenis dengan produk yang sedang dilihat saat ini.

Biasanya, sejalan dengan menyaring produk berdasarkan kategori, kemudian menyortir berdasarkan beberapa kriteria, lalu menampilkan lima item teratas.

 

Kekurangan BliBli

Meskipun memiliki banyak kelebihan, platform ini juga mempunyai kekurangan. Hal-hal yang menjadi kekurangan seperti notifikasi pemesanan dan transaksi dilakukan secara manual.

Pengguna harus mengecek notifikasi pengiriman produk secara berkala. Notifikasi hanya muncul satu kali, sementara untuk melacak proses pengiriman, harus dicek manual. 

Jenis pembayaran yang disediakan BliBli hanya melalui transfer. Dimana, platform perdagangan lain banyak yang menyediakan sistem cash on delivery (COD), dalam bertransaksi. Hal ini tidak memudahkan pelanggan yang ingin membayar cash, yang membuktikan bahwa metode ini masih digemari.  

Pembayaran produk yang telah terbeli juga dilakukan melalui transfer bank dan memakan waktu lebih lama. Hal ini menjadi kekurangan karena jika berbelanja pada weekend, maka membutuhkan waktu konfigurasi sekitar 2 hingga 3 hari.

BliBli menerapkan layanan pick up pada penjual untuk melangsungkan proses pengiriman. Sistem ini memakan waktu karena penjual tidak bisa melakukan pengiriman sendiri. Semakin lama pick up yang dilakukan maka akan membuat semakin lama juga produk tersebut sampai di tangan konsumen.

 

Baca juga:

 

Fitur Utama BliBli

Fitur BliBli untuk Seller

Sumber: BliBli

 

Platform ini tentu memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penjual. Selain menjadi fitur utama, fitur-fitur di bawah ini juga menjadi unggulan. Berikut lima fitur utama BliBli yang perlu kamu ketahui. 

1. BliBli Seller Center

BliBli Seller Center merupakan platform yang disediakan oleh BliBli untuk para penjual yang ingin menjual produknya melalui Blibli.com.

Melalui fitur ini, para penjual dapat mengelola inventaris produk, mengatur harga, mengelola pesanan dan pengiriman, melacak performa penjualan, serta melakukan berbagai aktivitas terkait penjualan secara online.

2. Live Chat

Fitur Live Chat merupakan percakapan pribadi antara penjual dengan pelanggan. Pertanyaan yang masuk hanya ditujukan ke toko kamu dan tidak diterima oleh toko lain.

Adapun BliBli menghimbau untuk menjaga keamanan akun dengan tidak memberikan informasi pribadi seperti e-mail, nomor telepon, lokasi toko maupun melakukan transaksi di luar website resmi.

3. Click & Collect

Fitur Click & Collect menghadirkan kemudahan belanja online melalui website maupun aplikasi BliBli (Click). Dengan fitur ini, pelanggan dapat langsung ambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko fisik (Collect).

Untuk mengaktivasinya, penjual perlu memiliki toko fisik yang dapat digunakan menjadi tempat pengambilan dan bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku.

4. Fulfillment BliBli (FBB)

Fitur Fulfillment BliBli atau FBB, merupakan fitur untuk penjual yang ingin menitipkan produk di gudang BliBli. Seluruh kegiatan operasional seperti pengaturan stok, penyimpanan produk, hingga pengiriman pesanan akan diurus oleh platform.

Kamu sebagai penjual dapat fokus berjualan dan menyiapkan produk tanpa perlu memusingkan sisi operasional.

5. Official Store

Official Store merupakan fitur pilihan penjual untuk mengembangkan usaha secara eksklusif. Pastikan produk menjadi pilihan utama pelanggan. Dengan mengaktifkan fitur ini, toko kamu akan semakin dikenal oleh pelanggan. Bahkan, toko akan ditampilkan di halaman utama pencarian. 

 

Buat Bisnis Go-Digital Bersama Startner

Berbisnis di era digital semakin menemukan banyak kemudahan. Salah satunya di platform perdagangan online seperti BliBli. Menjalankan bisnis dengan memanfaatkan digitalisasi saat ini menjadi tren. Ketika kamu membuka bisnis digital, tentu kamu memerlukan arahan yang jelas mengenai bisnis ini. 

Startner merupakan jasa konsultasi bisnis online yang memudahkan kamu dalam membangun bisnis digital. Dengan waktu konsultasi 30 menit, kamu bisa mendapatkan banyak insights. Mulai dari branding, marketing, hingga pengembangan produk bersama Startner. Jadi, ayo, buat bisnis go-digital bersama Startner!