#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Tokopedia adalah

Aktivitas belanja di era digital menciptakan ekosistem jual-beli melalui platform belanja online seperti e-commerce, yang bisa diakses secara online. Salah satu e-commerce yang paling digemari di indonesia yaitu Tokopedia. 

Untuk kamu yang ingin mulai memasarkan bisnis secara online, Tokopedia menjadi salah satu pilihan platform terbaik yang bisa kamu manfaatkan. Sebelum itu, ketahui dulu mengenai seluk beluk Tokopedia, mulai dari kelebihan dan kekurangan, hingga fitur-fitur di platform ini. Simak ulasannya sampai habis, ya!

 

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam e-commerce. Tokopedia dibentuk oleh William Tanuwijaya di tahun 2009. Platform ini sudah berstatus ‘unicorn’, yaitu startup yang valuasinya telah melebihi $1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun. 

Tokopedia menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan dan minuman hingga produk kecantikan serta fashion. Hal ini menjadikannya sebagai e-commerce pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia. Kehadiran platform ini membuat pengalaman belanja online menjadi lebih mudah, aman, dan efisien.

Dengan solusi teknologi yang dibangun, Tokopedia memberdayakan jutaan pedagang sekaligus mendukung konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perdagangan. Dengan kata lain, platform ini memiliki misi untuk mendemokratisasi perdagangan melalui teknologi.

Platform dengan logo yang identik dengan warna hijau ini telah membuat langkah signifikan, dengan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk tumbuh serta berkembang, dengan memfasilitasi adopsi digital.

Platform perusahaan ini mencakup berbagai penawaran e-commerce, layanan logistik dan pemenuhan, serta teknologi pemasaran serta periklanan untuk membantu pedagang meningkatkan penjualan maupun menarik lebih banyak konsumen.

 

Alasan Pentingnya Tokopedia

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia menyediakan platform yang mudah digunakan bagi penjual, termasuk pedagang kecil dan mikro. Ini memungkinkan para pelaku usaha untuk dengan cepat dan efisien membuka toko online sendiri. Itulah mengapa kehadiran Tokopedia sangat penting, tidak hanya bagi pedagang besar, namun juga pedagang kecil.

 

Kelebihan Tokopedia

Layanan Tokopedia sangat berperan dalam mendukung ratusan ribu UMKM di Indonesia, yang memungkinkan mencapai audiens lebih luas, dan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja baru di dalam komunitas. Hal tersebut menjadi kelebihan utama dari platform ini. 

Dilihat dari user interface, tampilan website serta mobile app nampak segar dan sederhana karena dominasi warna hijau. Kecepatan loading yang cepat, memudahkan proses pencarian dan tampilan produk. Pengelompokan produk per kategori juga memudahkan pengguna dalam mencari dan menemukan produk.

Banyak promo gratis ongkir dan diskon barang yang juga disediakan. Bahkan, pengguna dapat melaporkan proses retur barang yang tidak sesuai dengan mudah. 

Keunggulan layanan keuangan serta pembayaran, seperti pembelian pulsa, paket data, listrik, air, dan lainnya, membantu pengguna menghemat waktu. Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui dompet saldo Tokopedia.

 

Kekurangan Tokopedia

Tokopedia juga memiliki kekurangan yang umum ditemui pengguna. Biaya pengiriman bisa menjadi faktor yang mengganggu. Beberapa penjual mungkin menawarkan harga produk yang lebih rendah tetapi mengkompensasi dengan biaya pengiriman yang tinggi. Ini mengakibatkan total belanja lebih mahal dari yang diperkirakan.

Selain itu, banyak pengguna yang mengeluhkan masalah jumlah produk spam yang sering ditemukan. Produk ini ditawarkan dengan harga sangat murah, namun, saat diterima, kondisinya tidak sesuai. Hal ini yang menyebabkan sulitnya menemukan produk murah disini. 

Banyaknya penjual di Tokopedia, mengakibatkan persaingan harga yang ketat. Penjual pun terpaksa menyesuaikan harga produk dengan pasar agar tetap dapat bersaing.

Edukasi cara pembelian juga dikeluhkan cukup membingungkan bagi pemula. Adapun fitur promo yang disediakan biasanya tanpa diiringi estimasi batas penggunaan fitur promo tersebut. 

 

Fitur Utama pada Tokopedia

Tokped adalah

Sumber: Tokopedia

 

Tokopedia dikenal dengan fiturnya yang melimpah dan mempermudah aktivitas belanja online. Platform ini juga ‘rajin’ meluncurkan berbagai fitur menarik. Di bawah ini terdapat sederet fitur utama yang berguna bagi penjual. 

1. Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant. Produk bisa dipromosikan kapan saja dengan biaya mulai dari Rp 250, Rp 300 dan Rp 350, tergantung dari kategorinya. Saat ini, TopAds bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App. Fitur ini membuat produk yang dijual lebih mudah dilihat oleh calon pembeli.

2. Fitur Bebas Ongkos Kirim

Selain untuk pembeli, fitur Bebas Ongkir juga bermanfaat bagi penjual. Penjual yang mengaktifkan fitur ini akan menjadi daya tarik bagi pembeli. Karena mayoritas pembeli mencari Bebas Ongkir, hal ini bisa meningkatkan penjualan. Selain itu, fitur ini dapat meluaskan jangkauan antara pembeli dan penjual.

3. Fitur Spesifikasi

Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih lengkap, seperti manfaat, kandungan produk hingga cara pakai. Fitur ini bisa diaktifkan para penjual untuk lebih meyakinkan calon pembeli. 

4. Fitur Katalog Tokopedia

Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Katalog Tokopedia. Katalog Tokopedia merupakan fitur yang dapat membantu penjual melakukan kurasi produk unggulan. Fitur ini bermanfaat agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain.

5. Fitur Kurir Rekomendasi

Tokopedia juga memiliki fitur Kurir Rekomendasi yang menerapkan Artificial Intelligence (AI). Fitur ini dapat merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. Layanan ini tersedia di Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia lainnya.

6. Fitur Voucher Toko

Selanjutnya, terdapat fitur Voucher Toko yang bisa diaktifkan para penjual. Fitur Voucher Toko ini merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Tokopedia Penjual bisa meningkatkan penjual bila mengaktifkan fitur ini. Penjual bisa dengan bebas membuat promo sendiri dan menentukan periode promo sendiri.

 

Buat Bisnis Go-Digital Bersama Startner

Platform digital memfasilitasi bisnis untuk go-digital seperti Tokopedia. Bisnismu pun juga harus sudah mengadopsi platform digital agar terus dapat mengikuti jaman. Untuk itu, kamu perlu mengelola bisnis dengan jasa konsultasi bisnis terpercaya.

Kamu bisa coba Startner, yaitu sebuah konsultan bisnis online yang mempunyai fitur konsultasi selama 30 menit. Jasa ini akan membuat bisnis terintegrasi secara digital. Startner juga akan memberimu banyak insights, yang akan memajukan potensi bisnismu. Ayo, jadikan bisnismu go-digital sekarang bersama Startner!