#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Fitur Utama Shopee

Jumlah dan nilai penjualan online mengalami tren peningkatan. Bahkan, di tahun 2024, penjualan e-commerce global diperkirakan akan melampaui nilai $7 triliun atau senilai lebih dari Rp 100 triliun rupiah. 

Pertumbuhan ini didorong oleh sejumlah faktor, termasuk meningkatnya minat belanja melalui perangkat seluler, pertumbuhan media sosial, dan popularitas layanan langganan yang semakin meningkat.

Negara-negara di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, saat ini menyaksikan pertumbuhan tercepat dalam sektor e-commerce. Shopee menjadi platform e-commerce terpopuler di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang platform ini, kelebihan dan kekurangan, serta fitur-fiturnya, simak uraiannya di bawah ini, yuk!

 

Apa itu Shopee?

Shopee adalah platform e-commerce ternama di Asia Tenggara dan Taiwan, yang diluncurkan pada tahun 2015. Platform ini merupakan platform belanja online atau e-commerce yang dikenal dan paling banyak digunakan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. 

Shopee menyediakan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi konsumen yang dinikmati oleh puluhan juta orang setiap hari. Platform dengan ciri khas logo warna orange ini menawarkan berbagai produk, didukung oleh pembayaran terintegrasi dan pemenuhan yang lancar. 

Shopee memfasilitasi brand maupun Penjual (Seller), berhasil dalam e-commerce, dan sangat disesuaikan untuk setiap pasar dimana ia beroperasi. Pada tahun 2022, Shopee menempati peringkat brand e-commerce teratas dalam "Best Global Brands" dari YouGov dan menempati peringkat kelima secara keseluruhan.

 

Alasan Pentingnya Shopee

Berbagai Fitur Shopee

Sumber: Shopee.co.id

 

Belanja merupakan kebutuhan dasar manusia, namun aktivitas ini terjadi pergeseran, dimana belanja dilakukan secara offline, saat ini menjadi online. Maka, muncul banyaknya platform belanja online seperti website maupun e-commerce.

Shopee sebagai platform yang paling banyak diunduh di Indonesia, memiliki kelebihan sehingga menjadi aplikasi favorit. Namun, di sisi lain, Shopee juga memiliki kekurangan. Simak kelebihan dan kekurangan Shopee di bawah ini. 

 

Kelebihan Shopee

Shopee memiliki basis pelanggan yang luas dan beragam di Asia Tenggara. Hal ini memberikan akses kepada jutaan calon pelanggan potensial. Untuk bergabung menjadi Seller, platform ini menawarkan kemudahan dalam membuat akun, menampilkan produk, dan bisa mulai menjual dalam beberapa jam setelah akun dibuat. 

Aplikasi mobile Shopee juga mudah digunakan, sehingga bisnis bisa dikelola dimana saja. Ini juga memudahkan pelanggan mengakses toko kamu melalui smartphone. Menjadi Seller juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat akun. 

Jika kamu terdaftar di Shopee dalam waktu 90 hari, kamu terbebas dari biaya komisi. Jadi, kamu dapat mencoba dan mengembangkan operasional secara bertahap. Shopee juga menawarkan berbagai marketing tools dan promosi, seperti Iklan Shopee, voucher, atau promosi diskon. 

Kamu dapat menggunakannya untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Berbagai metode pembayaran juga didukung di platform ini, termasuk kartu kredit atau debit, PayNow, Google Pay, dan lainnya. Hal Ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk bertransaksi.

Platform populer ini tidak lupa menyediakan seller support yang responsif untuk Seller. Fasilitas ini bisa digunakan oleh Seller saat mencari bantuan jika mengalami masalah.

 

Kekurangan Shopee

Walaupun jadi platform favorit dan menawarkan banyak keunggulan, Shopee pun juga memiliki kekurangan. Karena popularitasnya, banyak Seller yang berjualan di platform ini. Akibatnya, dapat menyebabkan persaingan yang intens, terutama pada kategori produk tertentu.

Shopee mengenakan biaya, termasuk biaya komisi, biaya transaksi, dan kemungkinan biaya lain untuk layanan premium. Karena pasar terbesarnya yaitu di Asia Tenggara, Shopee mungkin bukan pilihan terbaik untuk Seller yang ingin menjangkau pelanggan di luar wilayah ini.

Selain itu, meskipun ramah pengguna, platform ini tidak menawarkan sebanyak kustomisasi atau peluang branding dibandingkan dengan membangun website atau toko online independen sendiri.



Baca juga:

 

Fitur Utama pada Shopee

Shopee sebagai platform yang paling banyak digunakan, tentu memiliki fitur utama yang menjadi daya tarik. Beberapa fitur utama pada Shopee di antaranya.

1. Shopee Live 

Shopee Live memungkinkan Seller untuk membuat sesi live streaming, dimana Seller melakukan review produk sambil berinteraksi secara langsung dengan penonton sekaligus mempromosikan toko dan produk kepada pembeli.

Fitur live dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan Pembeli atau followers toko sekaligus meningkatkan penjualan.

2. Shopee Video

Shopee Video digunakan untuk Seller Shopee untuk menyampaikan informasi produk melalui narasi. Fitur ini dapat digunakan Seller untuk berinteraksi dengan Pembeli melalui kolom komentar. Shopee Video dapat meningkatkan kunjungan toko melalui exposure. 

3. ShopeePay

Shopee mobile app menyediakan fitur dompet digital yang dikenal dengan ShopeePay. Fitur ini memungkinkan Seller menerima pembayaran dari Pembeli tanpa memerlukan uang tunai. ShopeePay menawarkan biaya transaksi yang kompetitif bagi Seller dan juga aman digunakan.

4.  Program Afiliasi Penjual

Program Afiliasi Penjual merupakan fitur dimana setiap Seller dapat menjadi Afiliasi Shopee. Tujuannya untuk mempromosikan produk yang terdapat di platform ini.

Program tersebut akan memberikan keuntungan khusus untuk Seller berupa komisi hingga 10%, maksimal Rp10.000. Komisi ini di dapat untuk setiap penjualan yang dibuat melalui link toko dan link produk Seller. 

5. Affiliate Marketing Solution

Affiliate Marketing Solution yaitu fitur khusus untuk Seller yang ingin berkolaborasi dengan mitra afiliasi Shopee. Seller yang terdaftar dapat menunjuk Shopee dan Affiliatenya untuk menyediakan solusi pemasaran. Adapun program ini bekerja sama dengan lebih dari 250.000 Mitra Shopee dengan reputasi baik.

6. Shopee Marketing Solutions

Shopee Marketing Solutions (SMS) merupakan program untuk mengembangkan pemasaran dengan menggunakan berbagai fitur promosi pada aplikasi Shopee maupun media digital di luarnya, seperti Influencer, Facebook, Google, dan lainnya. Dengan fitur ini, performa promosi untuk memaksimalkan penjualan dan visibilitas produk/toko dapat meningkat.

 

Buat Bisnis Go-Digital Bersama Startner

Memanfaatkan platform e-commerce untuk bisnis seperti Shopee dapat menghasilkan banyak keuntungan bagi Seller. Tentu platform ini juga bisa digunakan olehmu yang ingin menjangkau audiens lebih luas. 

Buat bisnis menjadi lebih dekat dengan digitalisasi saat ini menjadi keharusan. Konsultasikan bisnismu agar Go-Digital bersama Startner! Dengan konsultasi selama 30 menit, tim Startner akan membantu kamu menggali potensi bisnis agar lebih maksimal, terutama mengenai pengelolaan media bisnis digital. 

Dengan konsultasi di Startner, bisnismu dapat semakin eksis dan maju serta terintegrasi secara digital. Jadi, mulailah kembagkan bisnismu dengan memilih Startner sebagai konsultan bsinis unggulan!