#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Digital Entrepreneur adalah

Era digital menciptakan jenis bisnis baru yaitu Digital Entrepreneur, yang pangsa pasarnya sedang bertumbuh pesat. Hal ini telah disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pertumbuhan pasar transformasi digital global. 

Diperkirakan, pasar ini akan tumbuh menjadi $1.009,8 miliar pada tahun 2025 atau setara dengan Rp15 triliun. Hal ini tentu berpeluang besar untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis yang mengandalkan digitalisasi. 

Lalu, apa itu sebenarnya Digital Entrepreneur, dan apa benefitnya jika memilih untuk menekuni bidang ini? Kamu akan temukan jawabannya di bawah ini! So, scroll down!

 

Apa itu Digital Entrepreneur?

Seorang Digital Entrepreneur adalah pemilik bisnis yang menjalankan perusahaannya secara online. Podcaster, Blogger, Digital Retailers, Kreator Kursus Online merupakan beberapa contoh Digital Entrepreneur. 

Beberapa jenis pekerja lepas, seperti Asisten Virtual dan Desainer Grafis, juga termasuk dalam lingkup pekerjaan ini. Seperti dengan namanya, Digital Entrepreneur, pekerjaan ini mengandalkan teknologi digital untuk mendirikan sekaligus menjalankan bisnisnya. 

Digital Entrepreneur membuat online store untuk menjual produk atau layanannya dan menggunakan platform media sosial seperti Facebook untuk beriklan. Ditambah lagi, para Wirausaha Digital ini juga memantau tren pelanggan menggunakan alat seperti Google Analytics.

Digital Entrepreneur maupun Traditional Entrepreneur sama-sama membawa risiko dan potensi imbalan. Kedua jenis bisnis juga harus tetap mempromosikan produk atau layanan dan membangun jaringan pelanggan. 

Perbedaannya terletak pada kondisi fisik, seperti Traditional Entrepreneur membutuhkan ruangan fisik untuk bekerja. Sementara Digital Entrepreneur memungkinkan bekerja tanpa ruangan fisik, walaupun banyak para pelaku bisnisnya sekarang yang juga dapat menyewa tempat untuk bekerja.

 

Karakteristik Digital Entrepreneur

Lingkup dunia kerja Digital Entrepreneur memiliki beberapa karakteristik yang mencirikan. Umumnya, para pelaku usaha ini berasal dari usaha milik tunggal atau bisnis dengan tim kecil.

Digital Entrepreneur biasanya beroperasi sepenuhnya secara online, tetapi beberapa mungkin juga menawarkan layanan secara lokal melalui pusat digital dan distribusi internet. 

Digital Entrepreneur mungkin memiliki biaya overhead rata-rata yang lebih rendah. Hal ini dapat membantunya menjadi lebih tangguh terhadap perubahan dalam pasar. Para pelaku bisnis digital tentu memiliki pemikiran terbuka terhadap ide dan tools digital baru seiring dengan perubahan serta evolusi teknologi.

Karena terbiasa dengan alat digital, hal ini membuat para Digital Entrepreneur memiliki kompetensi teknologi, seperti mengelola alat dan platform digital. Digital Entrepreneur menggunakan pengetahuan ini untuk merumuskan strategi pertumbuhan. Hal ini juga yang menjadikannya fleksibel dalam mengikuti perkembangan teknologi. 

 

4 Benefit Digital Entrepreneur

Sumber: Pexels

 

Digital Entrepreneur menciptakan karakteristik di dunia kerja yang baru. Ini membuat pekerjaan ini semakin digemari karena sangat fleksibel dan mudah beradaptasi.

Apabila kamu tertarik bekerja di dunia digital, menjadi seorang Digital Entrepreneur memiliki manfaat utama yang bisa kamu rasakan. Simak empat benefit utama tersebut di bawah ini.

Adaptability

Digital Entrepreneur memungkinkan bisnis untuk merubah arah layanan, brand, dan penetapan harga tanpa harus menghabiskan waktu. Sebagai contoh, suatu usaha seperti ini dapat mengubah penetapan harga dengan mengubah informasi pemasaran online daripada berinvestasi dalam mengubah iklan fisik.

Digital Entrepreneur juga dapat melakukan rebranding dengan fokus pada mengubah aspek-aspek pada website perusahaan, materi pemasaran, dan produknya. Berbeda dengan Traditional Entrepreneur yang menyesuaikan tata letak atau desain lokasi fisik.

Accessibility

Lokasi biasanya menjadi faktor utama saat menentukan keberhasilan toko fisik. Namun toko online secara umum dapat diakses dari rumah pelanggan. Hal ini berarti bahwa basis pelanggan potensial sangat besar. Meskipun mungkin lebih bergantung pada periklanan untuk mendapatkan traffic. 

Faktor ini dapat membantu operasi skala kecil bersaing dengan perusahaan yang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan tanpa keharusan untuk tumbuh sebesar kompetitor yang ada.

Profitability

Membuka bisnis di internet dapat memungkinkan sebuah perusahaan untuk meningkatkan pendapatannya. Contohnya dengan mendapatkan pendapatan dari iklan online dengan menerima persentase keuntungan setiap kali pengguna mengklik, melihat, atau berinteraksi dengan iklan. 

Digital Entrepreneur juga dapat memasarkan kepada calon pelanggan dengan membuat konten, seperti video pemasaran. Dengan adanya website, metode pembayaran berlangganan untuk layanan atau produk renewable, lebih mudah diterapkan. Hal ini dapat membantu mengamankan pangsa pasar pelanggan yang konsisten.

Scalability

Sebagian besar Digital Entrepreneur memulai dengan memenuhi pasar niche atau menciptakan produk dan layanan. Kemudian, para Digital Entrepreneur mengembangkan bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas setelah mencapai sejumlah keberhasilan. 

Bekerja dengan pasar digital dapat memungkinkan seorang pengusaha untuk mengembangkan perusahaan secara produktif dan hemat biaya.

Potensi pertumbuhan tanpa perlu memperluas bisnis secara fisik atau menyewa ruang tambahan, dapat mendorong pengusaha digital untuk mengambil lebih banyak peluang dalam mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan tingkat risikonya mungkin lebih rendah dibandingkan dengan bisnis tradisional.

 

Konsultasi Bisnis Bersama Startner Sekarang!

Bisnis yang mengadopsi digital akan mudah untuk berkembang di era modern ini. Maka, semua bisnis dari sektor apapun dituntut untuk menyesuaikan bisnisnya menjadi go digital. Hal ini juga perlu kamu lakukan terhadap bisnismu, ya! Maka dari itu, mulai dari sekarang mulailah mengembangkan potensi bisnis kamu.

Caranya mudah. Kamu bisa mulai dengan langkah awal yaitu berkonsultasi bisnis melalui Startner! Startner memiliki solusi untuk memaksimalkan potensi bisnis hingga berkembang secara maksimal. 

Tim Startner juga akan membantu kamu mengelola bisnis dan mengintegrasikannya dengan dunia digital. Wah, menarik, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Segera ikuti konsultasi bisnis digital yang disediakan oleh Startner!