#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
SEM adalah

Pemasaran online telah menjadi pondasi penting bagi keberhasilan setiap bisnis. Salah satu strategi yang semakin populer adalah pemasaran melalui search engine atau dikenal dengan Search Engine Marketing (SEM). 

Data terbaru menunjukkan bahwa investasi SEM diproyeksikan akan tumbuh rata-rata 8% setiap tahun karena bisnis menyadari potensinya dalam menargetkan dan mengonversi pelanggan dengan niat tinggi. Dengan SEM, bisnis dapat memanfaatkan kekuatan search engine untuk meningkatkan visibilitasnya secara signifikan. 

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui apa itu SEM, pentingnya dan manfaatnya, serta cara kerja SEM, hingga perbedaannya dengan SEO. Simak sampai habis, ya!

 

Apa itu SEM?

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas website dalam Search Engine Result Page (SERP) menggunakan iklan berbayar. Ini juga dikenal sebagai paid search marketing, atau Pay Per Click (PPC).

SEM umumnya melibatkan penggunaan kampanye iklan pencarian berbayar, seperti Google AdWords untuk menampilkan iklan di bagian atas atau bawah SERP. Iklan-iklan ini dihasilkan oleh keyword tertentu yang terkait dengan produk, layanan, atau konten yang ditawarkan. 

Strategi ini merupakan metode yang kuat untuk menjangkau pelanggan baru, meningkatkan traffic ke website, sehingga menghasilkan prospek. SEM menggunakan berbagai teknik dan strategi untuk menghasilkan lebih banyak kunjungan audiens. 

 

Pentingnya SEM untuk Kegiatan Marketing

Dengan jumlah konsumen yang semakin banyak melakukan penelitian dan berbelanja produk secara online, pemasaran melalui search engine telah menjadi strategi pemasaran online yang penting untuk meningkatkan jangkauan sebuah brand. 

SEM dalam kegiatan marketing akan membantu meningkatkan brand awareness. Semakin sering iklan suatu brand muncul atau semakin tinggi peringkatnya di search engine, artinya, kemungkinan besar iklan tersebut banyak dilihat oleh audiens.  

Maka, berada di puncak SERP dapat membantu meningkatkan awareness, pertimbangan, dan kepercayaan bagi brand. Selain itu, SEM dapat menjadi cara penting bagi Marketer untuk mengarahkan traffic ke website, landing page, dan halaman produk melalui SERP. 

SEM juga menawarkan click-through rates (CTR) yang lebih baik dan konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk pemasaran pasif lainnya. Model PPC-nya memungkinkan bisnis untuk dengan mudah menyesuaikan kampanye, memungkinkan merek untuk fokus pada kata kunci tertentu untuk membantu mencapai audiens yang relevan.

 

Cara Kerja SEM

SEM dapat menjadi cara yang kuat dan efektif untuk mencapai pelanggan baru serta meningkatkan pendapatan karena strategi ini menempatkan website kamu pada hasil organik di SERP. Dengan SEM, brand akan selalu sering muncul di bagian atas SERP, walaupun peringkat organik fluktuatif. 

Cara kerja SEM yaitu dengan melakukan bid atau lelang kata kunci (keyword), untuk mendapatkan posisi iklan berbayar yang diinginkan di bagian atas SERP. Siapa pun yang memenangkan bid akan mendapatkan posisi teratas.

Contohnya penawaran pada Google Ads. Untuk memasuki lelang iklan, kamu perlu mengidentifikasi dua hal penting, yaitu keyword yang ingin kamu tawar, dan berapa banyak kamu bersedia mengeluarkan biaya per klik untuk setiap keyword tersebut. 

Untuk biaya per klik untuk setiap keyword, harga yang tepat akan bergantung pada industrinya. Sebagai contoh, harga rata-rata untuk industri asuransi dan hukum lebih tinggi daripada niche yang kurang kompetitif seperti rumah atau kebun.

Setelah Google menentukan bahwa kata kunci yang kamu tawar muncul dalam pencarian pengguna, iklan kamu akan dimasukkan ke dalam lelang. Setelah memenangkan bid, iklan hanya akan muncul pada pencarian komersil, yaitu pengguna siap untuk membeli.

 

Benefit Menjalankan SEM

Sumber: Pexels

 

Pemasaran melalui search engine di Google memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens besar yang sedang aktif mencari produk, layanan, atau informasi. 68% pengalaman online dimulai dengan search engine. Google merupakan search engine terbesar, dengan lebih dari 92% pangsa pasar. 

Dibandingkan dengan taktik pemasaran lainnya, manfaat menjalankan SEM cukup signifikan. SEM menjadi salah satu cara tercepat untuk mendatangkan traffic. Kamu dapat mengaktifkan iklan dalam hitungan menit, dan iklan akan mulai muncul di Google. SEM juga mendatangkan traffic yang relevan, sesuai keyword yang dibayarkan. 

Menjalankan SEM akan mudah diukur. Jika iklan kamu menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi bisnis daripada biaya yang dikeluarkan, artinya bisnis kamu mendapatkan keuntungan. Selain itu, SEM mudah untuk diskalakan. Semakin banyak uang yang dikeluarkan, semakin banyak iklan kamu yang akan muncul.

 

Bedanya SEM vs. SEO

Memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan visibilitas merek pada search engine, terdapat perbedaan antara SEM dan SEO. 

SEO (search engine optimization) adalah tindakan untuk meningkatkan visibilitas hasil website pada search engine tertentu melalui bentuk iklan online yang tidak dibayar. Ini digunakan untuk meningkatkan traffic ke sebuah website dengan meningkatkan peringkatnya di SERP. SEO menggunakan strategi organik untuk muncul dalam pencarian. 

Sedangkan SEM adalah tindakan untuk meningkatkan visibilitas hasil website pada search engine tertentu melalui paid advertisements. Ini mencakup SEO, contextual advertising, AdSense, social networking, PPC, AdWords, dan sebagainya. SEM menyiapkan dan mengoptimalkan iklan serta menetapkan anggaran yang membayar penempatan iklan.

 

Buat Bisnis Go-Digital Bersama Startner

Iklan merupakan strategi pemasaran populer yang efektif dalam meningkatkan brand awareness hingga menghasilkan penjualan. Memasuki era digital, iklan telah bertransformasi dengan menggunakan jaringan internet melalui media sosial maupun media iklan digital lainnya. Karena itu, beriklan menjadi kian penting bagi kemajuan suatu bisnis. 

Untuk membuat bisnis go digital, kamu bisa memanfaatkan jasa Startner. Startner merupakan jasa konsultasi bisnis online yang akan membantu bisnismu berkembang. Salah satunya dalam menjalankan digital marketing menggunakan Facebook Ads. 

Tim Startner akan membantu kamu membuat kampanye pemasaran di Facebook secara rutin. Mulai dari launching produk, hingga mendapatkan banyak pembeli. Jadi, tunggu apalagi? Buat bisnis go-digital bersama Startner sekarang juga!