#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Mengetahui Bedanya Social Media X dengan Twitter yang Dulu

Twitter, yang dikenal dengan pesan singkat dan cepatnya, telah menjadi landasan bagi banyak bisnis dalam upaya pemasaran. Berdasarkan laporan Hootsuite tahun 2024, terdapat 66% brand hadir di Twitter untuk menjangkau jutaan pengguna aktif.

Melihat angka yang tinggi ini, menjadikan Twitter sebagai platform terpercaya untuk meningkatkan visibilitas. Twitter yang sudah berganti nama dan logo menjadi “X” memiliki banyak fitur menarik yang menguntungkan pebisnis.

Artikel di bawah ini akan merinci lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Twitter bagi kamu yang ingin memanfaatkannya sebagai platform bisnis. Tunggu apalagi? Simak sampai habis ya!

 

Apa itu Twitter?

Twitter adalah situs media sosial yang tujuannya utama untuk menghubungkan orang-orang dan memungkinkannya berbagi pemikiran dengan audiens besar. Pengguna Twitter dapat menemukan cerita, berita, maupun peristiwa yang terjadi. 

Ini semua dibagikan dalam bentuk pesan-pesan singkat, maupun dari kolom tweet (cuitan). Di Twitter, pengguna mengikuti orang atau perusahaan (follow) yang memposting konten yang diminati, atau sekedar berkomunikasi dengan teman.

 

Twitter Dahulu vs. X Sekarang

Kelebihan Social Media X saat ini
Sumber: Unsplash

 

Pada tahun 2022, Twitter diakuisisi oleh Elon Musk, seorang pebisnis dan dikenal sebagai pendiri Tesla, Inc. Sejalan dengan akuisisi ini, nama Twitter diganti dengan "X" sebagai identitas baru.

Logo ikonik burung biru Twitter juga diganti dengan logo "X", serta menghapus nama Twitter dari website, aplikasi, dan kantor pusatnya. Media sosial X dirancang menjadi “everything app” atau “super app”  yang berarti akan menawarkan segala sesuatu. 

Mulai dari jejaring sosial, penyiaran hingga perbankan dan belanja, jauh lebih dari sekadar pesan singkat serta tweeting. Media sosial X juga menjalankan model langganan berbayar (paid subscription) dengan menawarkan berbagai fitur, yang dinamakan X Blue.

Adapun dengan berlangganan X Blue, pengguna bisa mendapatkan ‘centang biru’, yang sebelumnya hanya tersedia bagi tokoh-tokoh terkemuka di Twitter.

 

Kelebihan Social Media X saat ini

Sebagai salah satu platform jejaring sosial terbesar, media sosial X menawarkan banyak kelebihan. Terutama bagi kamu yang menggunakan media sosial X untuk bisnis, berikut beberapa kelebihannya

Meningkatkan Visibilitas

Dengan jutaan pengguna aktif, yaitu sebanyak 528,3 juta pengguna bulanan pada tahun 2024. Media sosial X menawarkan audiens yang luas untuk dimanfaatkan oleh bisnis.

Dengan memposting konten yang menarik secara teratur, menggunakan tagar, dan berpartisipasi dalam percakapan yang sedang tren, bisnis kamu dapat meningkatkan online presence secara signifikan.

Meningkatkan Engagement

Engagement atau keterlibatan dengan para pengguna merupakan kelebihan lainnya. Platform ini memungkinkan komunikasi waktu nyata (real-time interactions) dengan audiens. Hal ini memungkinkan kamu menanggapi pertanyaan, mengumpulkan feedback, dan membangun hubungan. 

Peluang Membangun Networking

Kelebihan media sosial X untuk bisnis juga terletak pada kemampuannya untuk memanusiakan brand, sehingga mampu menciptakan komunitas yang setia. Platform ini memudahkan kamu terhubung dengan para pemimpin industri, rekan kerja, dan calon mitra. 

Melalui itu, bisnis dapat berbagi ide, wawasan, dan bahkan menjalin kolaborasi. Kelebihan ini menjadikannya sebagai alat pemasaran, tidak hanya untuk promosi tetapi juga untuk pertumbuhan dan pembelajaran.

Targeted Advertising

Manfaat beriklan di sosial media X yaitu termasuk jangkauan audiens yang ditargetkan. Dengan beriklan disini, kamu dapat menentukan audiens ideal berdasarkan minat, lokasi, dan perilaku. Hal ini dapat memastikan pesan kamu menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat. 

Efisiensi Biaya

Dengan berbagai opsi periklanan yang tersedia, bisnis dari semua ukuran dapat menemukan solusi biaya iklan yang sesuai dengan anggaran. Dengan biaya sesuai dengan budget, sosial media X juga menawarkan ROI (Return On Investment) yang tinggi.

Berbagi Pemikiran

Sebagai pemilik bisnis atau Founder, kamu bisa membagikan pemikiran melalui serangkaian tweet. Selain itu, kamu juga bisa berkomentar, membuka sesi tanya jawab, atau sharing ilmu di bidang bisnis. Pendekatan ini tidak hanya memperluas jaringan, tetapi juga menciptakan citra positif. 

 

Baca juga:

 

Kekurangan Sosial Media X saat ini

Dengan kelebihan yang ditawarkan, platform ini juga memiliki beberapa kekurangan. Agar lebih maksimal memanfaatkan media sosial X sebagai platform bisnis, kamu juga harus tahu kelemahannya, untuk menentukan strategi bisnis yang tepat. 

Investasi Waktu 

Investasi waktu yang signifikan diperlukan untuk mempertahankan kehadiran bisnis. Pada platform ini, bisnis dituntut untuk selalu aktif dan menarik.

Maka dari itu, membuat tweet yang berdampak, menanggapi pengikut, dan tetap mengikuti tren teratas dapat memakan waktu. Terutama untuk bisnis kecil dengan sumber daya yang masih terbatas. 

Risiko Feedback Negatif

Tantangan lainnya yaitu risiko feedback yang negatif. Mengingat sifat publik media sosial ini, setiap ketidakpuasan pelanggan dapat dengan cepat terlihat oleh khalayak luas.

Aspek ini sering dikutip sebagai kontra menggunakan platform ini untuk bisnis. Hal ini dikarenakan bisnis memerlukan kewaspadaan ekstra dan strategi yang solid untuk menangani kritik.

Pengguna Aktif Tidak Terlihat

Salah satu kelemahan platform ini untuk bisnis yaitu kamu tidak tahu kapan para pengikut aktif dan kapan tidak aktif. Oleh karena itu, kemungkinan besar tweet yang dibagikan tidak akan dibaca, apalagi diperhitungkan.

Banyak Noise

Statistik telah menunjukkan bahwa pengguna berbagi lebih dari 500 juta setiap hari. Ini angka yang tinggi, mengingat bahwa sebagian besar tweet merupakan teks singkat yang mungkin berisi file media. Karena itu, menavigasi lalu lintas dan mengakses audiens yang dicari menjadi sulit.

 

Perlukah Setiap Brand Menggunakan Social Media X untuk Menunjang Bisnis?

Melihat popularitas media sosial X yang masih cenderung tinggi, memanfaatkannya sebagai platform untuk menunjang bisnis, bisa menjadi pilihan. Pengguna internet mungkin telah jenuh dengan iklan televisi.

Orang lebih memilih iklan yang cepat, kurang mengganggu, dan dapat dimatikan atau dihidupkan sesuai keinginan, seperti yang ada di X. Terlebih lagi, platform ini telah menawarkan fitur-fitur baru yang sedang berkembang seperti X Blue.

Beberapa fiturnya seperti, memprioritaskan akun yang memiliki banyak interaksi, tweet mencapai 280 karakter, durasi konten video lebih panjang, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan bisnis kamu untuk menjaring audiens yang lebih luas. 

Namun, bisnis harus selalu mengetahui dan menyesuaikan budaya pengguna yang lebih kritis dibandingkan dengan pengguna platform lainnya. Membangun akun yang aktif dan rutin berinteraksi, serta memberikan konten erisi, menjadi kunci suatu brand akan mendapat perhatian, hingga lebih mudah disukai.

 

Siap Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Melihat kelebihan Twitter atau X untuk bisnis, menjadikan platform ini tepat untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Platform ini juga telah menjadi salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan brand dalam pemasaran digital.

Untuk bisa mencapai bisnis terintegrasi digital, kamu perlu mencoba konsultasi bisnis yang familiar dengan manajemen media sosial. 

Jasa konsultasi bisnis online seperti Startner, bisa kamu andalkan untuk mengelola konten di media sosial. Mulai dari jasa social media management, hingga jasa khusus membuat konten video pendek. Dengan kehadiran di media sosial, bisnismu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan dikenal. Siap go digital tanpa ragu bersama Startner!