#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Bedanya Backend Development dan Frontend Development

Adaptasi digital yang telah berkembang dalam bisnis menjadikan website development menjadi semakin berperan dalam menghadirkan online presence di internet. Website development merupakan kunci dalam membentuk user experience yang memikat dan fungsional. 

Adapun 73% dari perusahaan sedang menginvestasikan desain web untuk membedakan brand-nya. Hal ini berkaitan erat dengan kunjungan pelanggan serta tingkat pembelian. Bahkan, 94% orang mengatakan desain website yang buruk mengurangi kepercayaan pada kualitas website tersebut. 

Hal inilah yang membuat website development menjadi sangat penting. Untuk itu, kamu perlu mengetahui seluk beluk website development, agar nantinya memudahkanmu dalam membangun website bisnis yang menarik. Yuk, disimak!

 

Apa itu Website Development?

Website development terdiri dari dua kata, yaitu web dan development (pengembangan). Web merujuk kepada website, webpage, atau apa pun yang bekerja melalui internet. Sedangkan development, merujuk kepada pembangunan aplikasi dari awal.

Adapun website development berarti berarti mengacu pada aktivitas pembuatan, pembangunan, serta pemeliharaan website. Ini mencakup aspek seperti web design, web publishing, web programming, dan database management. Bisa dikatakan, website development merupakan penciptaan aplikasi yang berfungsi melalui jaringan internet yaitu website.

 

Kenapa Website Development Penting bagi Bisnis?

Menurut survei dari We Are Social, lebih dari 5,30 miliar orang terhubung melalui internet. Orang-orang secara aktif terlibat dalam penelitian, koneksi, pendidikan, dan hiburan melalui internet. Hal ini menjadikan internet sebagai bagian fundamental dari kehidupan sehari-hari. 

Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat dengan cepat, tidak mengherankan bahwa website development termasuk industri yang berkembang pesat. Antara sekarang dan tahun 2030, diperkirakan pekerjaan website development akan tumbuh sebesar 13%, jauh lebih cepat daripada sebagian besar karir teknologi lainnya. 

Dalam dunia bisnis, web development perannya sangat penting karena merupakan elemen kritis dalam setiap kampanye pemasaran digital karena website menjadi pusat dari seluruh aktivitas online marketing. Iklan berbayar, media sosial, dan e-mail marketing pada akhirnya akan mengarahkan pengguna kepada suatu website.

 

7 Benefit Website Development bagi Bisnis

Web Development adalah

Sumber: Pexels

 

Website development sangat kuat kegunaannya dalam bisnis. Industri yang hampir seluruhnya mengadaptasi digitalisasi, membutuhkan sebuah website untuk menghadirkan online presence. Inilah benefit website development bagi bisnis. 

1. Peningkatan Visibilitas dan Aksesibilitas

Sebuah website yang dirancang dengan baik dapat memudahkan pelanggan potensial untuk menemukan bisnis kamu melalui internet, serta mempelajari produk yang ditawarkan. Usaha ini dapat membuat bisnis kamu lebih menonjol dan menarik pelanggan potensial. 

Dengan mengoptimalkan ranking website di search engine dan menciptakan interface yang user-friendly, kamu dapat menarik lebih banyak pengunjung ke website. Hal ini akan meningkatkan peluang kamu untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

2. Keterlibatan Pelanggan yang Lebih Baik

Website development dapat membantu kamu membuat fitur interaktif seperti chatbot, formulir kontak, dan integrasi media sosial yang dapat membantu kamu berinteraksi dengan pelanggan lebih efektif. Dengan menawarkan fitur-fitur ini, kamu dapat memberikan layanan pelanggan yang personal dan efisien kepada pengunjung website.

Selain itu, dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk kembali ke website kamu. Website development juga dapat membuat fitur yang menyediakan tingkat layanan pelanggan yang personal dan efisien kepada pengunjung website. 

3. Kredibilitas yang Ditingkatkan

Website yang dirancang secara profesional dapat membantu menetapkan bisnis kamu sebagai brand yang kredibel di mata calon pelanggan. Dengan berinvestasi dalam website yang dirancang dengan baik, kamu dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan mendapatkan kepercayaan banyak pihak. 

Sebuah website yang dirancang dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana calon pelanggan menilai bisnis.

4. Process Automation

Saat ini, banyak perusahaan menggunakan manajemen absensi online. Ini merupakan salah satu manfaat dari website development yang mulai diimplementasikan di setiap perusahaan. Website development tentu dapat membuat sistem informasi untuk bersaing dengan kekuatan internet of things (IoT) atau revolusi industri 4.0.

Website development juga mampu mengotomatisasi proses seperti pemenuhan pesanan dan layanan pelanggan, serta efisiensi waktu maupun sumber daya. Dengan begitu, beban kerja karyawan berkurang serta memastikan bahwa pelanggan menerima layanan yang tepat waktu dan akurat.

5. Peningkatan Penjualan

Website yang efektif dapat mengubah lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan, yang mengarah pada peningkatan penjualan. Dengan mengoptimalkan user experience dan membuat konten produk yang menarik, peluang pengunjung untuk melakukan pembelian semakin meningkat.

Website development akan merancang website dengan kemudahan navigasi, deskripsi produk yang jelas, maupun proses checkout yang sederhana. Website yang baik menentukan apakah pelanggan melakukan pembelian atau malah meninggalkannya. 

6. Peningkatan Layanan Pelanggan

Manfaat lain dari website development yakni layanan pelanggan, juga penting untuk online presence suatu bisnis. Website development memungkinkan kamu memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan menawarkan fitur seperti online support, FAQ, dan informasi produk. 

Dengan menawarkan fitur-fitur ini, kamu dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian, serta mengatasi kekhawatirannya dengan cepat. Hal ini meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

7. Keunggulan Bersaing

Di era digital saat ini, memiliki online presence yang kuat sangat penting untuk tetap bersaing. Website development dapat memberimu keunggulan atas kompetitor dengan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan dan berinteraksi dengan bisnis.

Website development dapat membedakan bisnis kamu dari yang lain dari suatu industri. Ini dapat membantu kamu menarik lebih banyak pelanggan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Online presence yang kuat juga mampu memperluas bisnis di luar pasar lokal, serta mencapai pelanggan di seluruh dunia.

 

Baca juga:

 

Bedanya Web Development dengan Web Design

Website development seringkali disamakan dengan web design. Walau sama-sama berhubungan dengan pengelolaan website, fokusnya berbeda. Web design mengatur segala hal yang terlibat dalam estetika visual dan kegunaan sebuah website.

Web design fokus pada pengaturan visual seperti skema warna, tata letak, alur informasi, dan segala hal lain yang terkait dengan aspek visual dari UI/UX. Tools yang biasanya digunakan oleh para Web Designer seperti Adobe Creative Suite, desain grafis, desain UI/UX, desain logo, tipografi, palet warna, dan lainnya.  

Web design berkaitan dengan apa yang sebenarnya dilihat pengguna di layar komputer atau perangkat seluler. Penggunaan warna, gambar, tipografi, dan tata letak, menjadikan pengalaman digital menjadi hidup.

Sementara itu, website development fokus pada pengaturan kode dan pemrograman yang membuat sebuah suatu website berfungsi. Pekerjaan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu frontend dan backend. 

 

Frontend Development vs. Backend Development

Seperti yang sudah disinggung diatas, website development terdiri atas dua kategori, yakni frontend development dan backend development. Frontend development mengacu pada elemen-elemen permukaan atau yang dapat dilihat. Seperti format halaman, skema warna, dan sebagainya.

Frontend development biasanya tidak membuat mock-up, memilih tipografi, atau memilih palet warna. Hal ini biasanya disediakan oleh Web Designer. Tugas frontend development yaitu menghidupkan elemen-elemen tersebut. Seorang Frontend Developer biasanya memiliki keahlian seperti HTML, CSS, JavaScript, preprocessor CSS, frameworks, SEO dan lainnya. 

Sedangkan backend development merupakan tempat untuk meletakkan semua elemen teknis di belakang layar suatu website. Misalnya, sebuah website ingin menyimpan file gambar di suatu tempat. Backend development berperan sebagai tempat untuk menyiapkan ruang penyimpanan tersebut.

Backend development menangani logika bisnis dan pengelolaan data di bagian belakang sebuah aplikasi. Para Backend Developer menulis API maupun routing yang memungkinkan data mengalir antara bagian depan dan belakang dari sebuah aplikasi. Backend Developer harus menguasai bahasa pemrograman. 

Beberapa diantaranya yaitu server-side programming languages misalnya, PHP, Python, atau Java. Lalu, server-side web development frameworks, contohnya Ruby on Rails, Symfony, .NET. Selain itu, ada database management systems seperti MySQL, MongoDB, dan PostgreSQL.

 

Siap Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Melihat pentingnya website untuk suatu bisnis, artinya pengetahuan mengenai dunia digital harus dikuasai. Sebagai pebisnis, kamu tentu ingin membangun website yang menarik. Untuk itu, kamu membutuhkan jasa website development yang berpengalaman dan terpercaya. 

Kamu bisa menggunakan jasa website development dari Startner! Startner menyediakan jasa membangun landing page hingga company profile. Tim Startner akan membantu kamu mendesain landing page maupun company profile semenarik mungkin. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan melalui website, serta profil bisnis kamu akan menarik juga bagi klien. 

Jadi, tunggu apalagi? Bangun bisnis kamu menjadi go digital tanpa ragu bersama Startner!