Teknologi
Catat Keuntungan Berjualan di TikTok Shop dan Cara Mendaftarnya
Oleh Aliya Izetti 28 November 2024
TikTok menjadi platform sosial dengan pertumbuhan tercepat, dengan lebih dari 1,67 miliar pengguna di seluruh dunia. TikTok secara konsisten menambahkan fitur-fitur baru untuk menjaga penggunanya tetap tertarik dan terlibat. Salah satunya untuk aktivitas komersial, yaitu dengan meluncurkan TikTok Shop.
TikTok Shop menambah peluang tambahan bagi bisnis untuk memasarkan dan menjual produk atau layanannya melalui aplikasi TikTok. Untuk kamu yang ingin berjualan di TikTok Shop, simak keuntungan dan kekurangan, serta cara mendaftarnya, melalui artikel ini, ya!
Apa itu TikTok Shop?
TikTok Shop adalah solusi social-commerce yang terintegrasi di dalam aplikasi media sosial, TikTok. TikTok Shop memungkinkan penjual maupun kreator untuk menampilkan dan menjual produk. Ini memudahkan pengguna TikTok untuk dapat menemukan dan membeli langsung melalui aplikasi.
Pengguna TikTok dapat merasakan langsung belanja melalui aplikasi. Sementara itu, penjual maupun kreator dapat mulai berjualan dengan akun bisnis, serta dengan opsi seperti Live Shopping dan video.
Pada Desember 2023, TikTok Indonesia bersama Tokopedia mengumumkan kemitraan strategisnya. Melalui PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk., TikTok dan Tokopedia melakukan integrasi sistem.
Rencananya telah rampung pada Maret 2024 dan integrasi ini menghasilkan perubahan nama menjadi Shop Tokopedia.
Seluruh aktivitas pembayaran dan transaksi serta pengelolaan user dan penjual (merchant) yang semula dilakukan oleh TikTok, saat ini telah berpindah ke domain PT Tokopedia. Ini juga dikelola sepenuhnya oleh Tokopedia melalui aplikasi Shop Tokopedia.
Kenapa TikTok Shop Menjadi Trend?
TikTok telah menarik perhatian dan merangkul jutaan orang di seluruh dunia. Dengan format video pendek dan komunitas Content Creator yang berkembang, TikTok telah merevolusi cara berinteraksi dengan media sosial. Namun, yang keunggulan lain dari TikTok yaitu potensinya dalam dunia e-commerce.
TikTok menciptakan TikTok Shop untuk mengintegrasikan fitur e-commerce ke dalam platform dan memanfaatkan popularitasnya, terutama di kalangan generasi muda. Menggabungkan hiburan dengan belanja online, platform ini menawarkan pengalaman unik kepada penggunanya.
Dengan pengenalan fitur-fitur seperti shoppable ads, product showcases, dan kemitraan dengan kreator, TikTok memperkuat cara bisnis terhubung dengan audiens. Ditambah lagi, checkout yang dilakukan secara langsung dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih baik.
TikTok Shop menyediakan akses ke basis pengguna yang luas. Ini memberikan peluang bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan baru dan memperluas pasar. Algoritmanya memastikan bahwa konten sangat dipersonalisasi, yang meningkatkan engagement tinggi dengan menghubungkan dengan audiens yang tepat.
Keuntungan Berjualan TikTok Shop
Sumber: TikTok Newsroom
TikTok merupakan platform media sosial dengan penggunaan tinggi. Hal ini tentu dimanfaatkan bagi bisnis untuk membuka tokonya disini. Inilah keuntungan berjualan di TikTok Shop.
Audiens yang Besar Memudahkan Pemasaran
TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia, memberikan bisnis audiens yang luas untuk memasarkan produk. Dengan pengguna menghabiskan rata-rata 52 menit per hari di aplikasi, potensi untuk eksposur dan engagement sangat signifikan.
Kecenderungan untuk Menjadi Viral
Algoritma unik TikTok dan fitur content discovery memungkinkan sebuah konten viral dengan cepat. Dengan membuat konten yang menarik perhatian dan mudah dibagikan, bisnis dapat meningkatkan jangkauannya serta mempromosikan produk mereka kepada audiens yang lebih luas.
Hemat Biaya
Mudahnya menjadi viral, membuat TikTok platform media sosial yang paling hemat biaya dalam hal jangkauan organik. Membuat video yang disesuaikan dengan audiens, akan meningkatkan kemungkinan video dibagikan di halaman "For You". Video menjadi lebih cepat viral, bahkan, tanpa promosi berbayar.
Pengalaman Belanja Meningkatkan Minat Pengguna
TikTok tools yang kreatif, seperti efek, filter, dan musik, memungkinkan bisnis untuk membuat demonstrasi produk yang menarik serta konten yang menghibur. Pengalaman belanja interaktif ini dapat meningkatkan minat pengguna, sekaligus menambah tingkat konversi.
Baca juga:
Kekurangan Berjualan di TikTok Shop
Selain berbagai keuntungan yang didapat bisnis, TikTok Shop juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan.
Opsi Targeting Audiens Terbatas
Berbeda dengan platform lain, opsi periklanan TikTok menawarkan opsi targeting yang relatif terbatas. Hal ini bisa menyulitkan bisnis untuk menjangkau demografi atau pasar niche tertentu secara efektif.
Kompetisi yang Semakin Ketat
Dengan semakin populernya TikTok Shop, persaingan di antara penjual juga semakin ketat. Ini bisa menjadi tantangan, sehingga bisnis perlu menginvestasikan usaha dalam menciptakan konten yang menarik perhatian. Penting untuk mengembangkan brand identity yang kuat untuk membedakan diri dari kompetitor.
Perubahan Algoritma
Seperti platform media sosial lainnya, algoritma TikTok dapat berubah, mempengaruhi jangkauan dan kinerja konten. Tetap mengikuti perkembangan dan beradaptasi dengan perubahan ini sangat penting untuk mempertahankan brand visibility.
Potensi Feedback Negatif
Seperti pada platform publik lainnya, selalu ada risiko menerima komentar atau feedback negatif. Sangat penting untuk memantau dan mengelola reputasi online TikTok Shop dengan hati-hati.
Cara Mendaftar TikTok Shop
Sumber: Pexels
Untuk memastikan keamanan platform, penjual harus memenuhi kriteria kelayakan terlebih dahulu dan menjalani proses verifikasi akun. Terdapat dua kategori yang dapat mendaftar TikTok Shop yaitu individu dan korporat/bisnis. Berikut cara mendaftar TikTok Shop untuk kedua kategori tersebut.
Langkah Pertama: Membuat Toko
1. Unduh aplikasi TikTok Seller Center
2. Untuk pedagang di Indonesia, kunjungi seller-id.tiktok.com/
3. Isi identitas penjual, mulai dari email, no. telepon, alamat gudang/alamat pengambilan, kode pos, wilayah/negara, dan lain-lain
4. Centang kotak untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang relevan, lalu klik "Start Your Business"
Langkah Kedua: Verifikasi Dokumen
1. Dari halaman utama TikTok Seller Center, klik Verifikasi Dokumen, lalu klik Unggah Dokumen
2. Pilih Jenis Bisnis Anda: Korporasi atau Bisnis Perorangan
3. Masukkan Nama Toko
4. Untuk bisnis perorangan, unggah gambar bagian depan dan belakang paspor, KTP nasional, atau SIM
5. Untuk korporasi, unggah gambar:
-
Dokumen identifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dari perwakilan hukum, direktur perusahaan, atau orang dengan kendali signifikan (PSC)
-
Lisensi bisnis, pendaftaran, atau dokumen resmi serupa, yang membuktikan kelayakan berdasarkan hukum, yang berlaku untuk menjual produk/layanan melalui toko tersebut
6. Setelah mengirimkan dokumen, penjual akan menunggu persetujuan
Langkah Ketiga: Menghubungkan Rekening Bank
1. Dari halaman utama TikTok Seller Center, klik Link Bank Account, lalu klik Link Account
2. Kemudian masukkan Nama Akun, Nama Bank, Nomor rekening bank, Email, Alamat, dan Nomor Bangunan
3. Untuk bisnis yang dimiliki secara individu, Nama Akun harus sama dengan nama yang terdaftar
4. Untuk Korporasi, Nama Akun harus sama dengan nama perusahaan
5. Setelah melengkapi semua kolom yang diperlukan, klik Submit
6. Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, penjual siap untuk mulai menambahkan produk ke toko
Konsultasikan Rencana Bisnis Bersama Startner
Pemilihan platform untuk berjualan online bisa menjadi tantangan bagi bisnis. Pasalnya, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, kamu perlu konsultasikan rencana bisnismu kepada ahlinya, agar tepat sasaran, hingga mencapai tujuan bisnis.
Konsultasikan bisnis kamu bersama Startner, untuk menentukan model bisnis, menyusun rencana, hingga menerapkannya. Startner akan memfasilitasi kamu berdiskusi dengan para ahli di bidang bisnis, sehingga kamu mendapatkan feedback objektif dan saran praktis. Ayo, gabung bersama Startner sekarang!