#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Google Business adalah

Di era digital yang semakin berkembang, online presence telah menjadi kunci utama dalam kesuksesan bisnis. Di antara berbagai platform yang tersedia, Google Business muncul sebagai tools yang kuat untuk membantu bisnis membangun, mengelola reputasi online, serta meningkatkan visibilitas online. 

Statistik menunjukkan bahwa sebuah bisnis lokal rata-rata akan menerima 1.260 tampilan setiap bulannya dengan Google Business. Hal ini menjadikan fitur Google ini salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, khususnya untuk bisnis kecil. Pelajari benefit serta kelebihan lainnya dari Google Business untuk bisnis kamu disini. Check this out!

 

Apa itu Google Business?

Google Business adalah tools gratis yang disediakan Google dan ditujukan untuk pemilik bisnis, dengan membuat profil bisnisnya secara custom. Profil bisnis yang dibuat nantinya akan muncul dalam hasil pencarian Google dan Google Maps. 

Profil ini bisa disematkan foto-foto yang memperlihatkan toko fisik, produk atau layanan bisnis, menawarkan promosi, penawaran atau pengumuman khusus, serta informasi mengenai jam buka-tutup toko. Semua ini bisa muncul dengan mengedit informasinya secara mandiri. 

 

Kenapa Google Business Penting untuk Bisnis?

Sebuah studi menunjukkan, Google mendapatkan kunjungan sebanyak 89,3 miliar kali pada tahun 2022. Ini menjadikannya sebagai website yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. 

Dengan tingginya  traffic, Google menciptakan fitur Google Business, untuk membantu bisnis meningkatkan visibilitasnya. Google Business merupakan salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk membuat bisnis kamu lebih mudah ditemukan. 

Hal ini bisa dilihat, misalnya ketika kamu mencoba mencari ‘places to eat near me’ di Google. Google akan memunculkan daftar lokasi tempat makan berdasarkan lokasi kamu. Adapun daftar bisnis yang ditampilkan Google merupakan hasil search query dari bisnis yang telah mengaktifkan Google Business. 

Jika bisnis tidak memverifikasi bisnisnya di Google, bisnis itu tidak bisa ditampilkan. Adapun jika kamu ingin meningkatkan pemasaran serta ditemukan dalam pencarian, khususnya pencarian lokal, kamu perlu memiliki Google Business dan mengoptimalkannya secara teratur. 

 

Benefit Google Business

Mengaktifkan fitur Google ini sangat penting bagi bisnis. Selain mampu meningkatkan visibilitas, bisnis yang menggunakan Google Business dapat merasakan benefit lainnya.

Mengelola Informasi

Google Business dapat mengelola informasi yang ditemukan, ketika pengguna Google mencari suatu bisnis atau produk dan layanan. Ketika mencari suatu bisnis di Google Maps atau Google Search, pengguna dapat menemukan informasi seperti jam operasional, website, dan alamat.

Dapat Berinteraksi dengan Pelanggan

Kamu dapat membaca dan merespons ulasan dari pelanggan. Adapun jika kamu menambahkan foto ke profil bisnis, kamu dapat menerima 42% lebih banyak permintaan directions di Google Maps. Terlebih lagi, kamu juga dapat 35% lebih banyak klik ke website daripada bisnis yang tidak melakukannya.

Memahami dan Memperluas Kehadiran

Kamu bisa menemukan insight untuk mempelajari cara pelanggan menelusuri bisnis, dan mengetahui dari mana asal pelanggan. Hal ini termasuk melacak bagaimana bisnis ditemukan oleh pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa mengukur kinerja bisnis kamu melalui banyaknya pelanggan yang terjaring melalui Google Business. 

 

Kelebihan Google Business

Kelebihan Google Business

Sumber: Pexels

 

Mengelola bisnis bisa dimulai dengan memverifikasi profil di Google Business. Fiture ini menawarkan banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh bisnis

Gratis

Mendaftar dan mengelola profil Google Bisnis tidak memerlukan biaya. Ini memberikan kesempatan kepada bisnis kecil untuk memperoleh keuntungan dari online exposure tanpa biaya tambahan.

Informasi Bisnis yang Terperinci

Kamu dapat menyediakan informasi lengkap tentang bisnismu. Mulai dari jam operasional, alamat, nomor telepon, website, akun social media bisnis, dan ulasan pelanggan.

Analisa Kinerja

Google Business menyediakan data analitis tentang interaksi pengguna dengan profil bisnismu. Seperti jumlah profil dilihat, interaksi dengan posting, dan lainnya. Ini membantu kamu memahami bagaimana profil bisnismu tampil di platform Google.

Maps Interaktif

Google Business memungkinkan pelanggan menemukan lokasi bisnismu dengan mudah melalui Google Maps. Hal ini dikarenakan, Google Business memungkinkan bisnismu hadir di Google Maps secara otomatis. Pelanggan langsung dapat melacak alamat dari bisnismu melalui Google Maps. 

Dukungan SEO

Memiliki profil Google Business dapat meningkatkan visibilitas bisnis dalam hasil pencarian lokal. Selain itu, membantu meningkatkan peringkat di search engine dan mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial.

Bedanya Google Business dengan Google Review

Google Business dan Google Review merupakan dua fitur yang berbeda, yang ditawarkan oleh Google. Namun, kedua fitur Google ini memiliki tujuan yang sama dan saling berkaitan. Kedua fitur dapat dimanfaatkan bisnis untuk membantu meningkatkan visibilitas dan reputasi online.

Google Review merupakan fitur dimana pengguna Google dapat meninggalkan review (ulasan) dan peringkat, dari suatu bisnis yang dikunjungi atau gunakan. Review ini bisa muncul di halaman Google Business dari bisnis tersebut, dan dapat mempengaruhi reputasi online. 

Ulasan yang baik dapat membantu menarik pelanggan baru, sementara ulasan negatif dapat merugikan reputasi bisnis. Penting bagi pemilik bisnis untuk memantau ulasan secara teratur dan meresponsnya dengan tanggapan yang ramah serta proaktif.

Sementara itu, Google Business adalah tools yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola profil bisnisnya secara online. Profil bisnis yang sudah di edit secara custom ini, nantinya bisa muncul di hasil pencarian Google maupun Google Maps. 

Melalui Google Business, bisnis dapat menambahkan detail dan informasi penting lain yang berkaitan dengan bisnis. Ini memungkinkan calon pelanggan untuk dengan mudah menemukan dan menghubungi bisnis secara online.

 

Siap Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Memverifikasi bisnis dengan Google Business sangat membantu bisnis lebih dikenal dan terjangkau oleh siapapun. Fitur ini menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Untuk memaksimalkan kehadiran online, kamu perlu menggunakan jasa konsultasi bisnis seperti Startner!

Startner akan membantu kamu untuk menggali potensi bisnis, bersama para ahli di bidangnya, khususnya pada bisnis digital. Dengan konsultasi online bersama CEO Startner kamu bisa mendapatkan saran praktis dan feedback objektif, yang pastinya bermanfaat bagi bisnis. Ayo, siap go digital tanpa ragu bersama Startner!