#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Live Streaming Selama Ramadhan

Live stream dikenal strategi yang efektif untuk melakukan aktivitas pemasaran secara online. Ini terbukti dari aktivitas live stream yang sedang mengalami peningkatan, dengan 69% pembeli Indonesia terlibat. Tren ini memberikan peluang kepada bisnis untuk menampilkan produk secara inovatif.

Ditambah lagi, saat bulan Ramadhan, aktivitas belanja online meningkat signifikan dikarenakan konsumsi masyarakat yang tinggi di bulan ini. Selain itu, aktivitas berjejaring sosial pun mengalami perubahan. Untuk itu, kamu harus melakukan persiapan jika kamu ingin melakukan live stream. 

Mengetahui waktu-waktu penting saat live stream sangatlah penting, agar aktivitas pemasaran tetap sasaran. Simak uraiannya di bawah ini mengenai rekomendasi waktu serta tips live stream. Check this out!

 

Pentingnya Menyusun Strategi Live Stream saat Ramadhan

Live stream telah mencuri perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Dengan meningkatnya platform media sosial, konten video lebih banyak dikonsumsi daripada sebelumnya. Maka, penting untuk memahami bagaimana tren ini dapat menjadi keuntungan bagi bisnis kamu. 

Menyusun strategi live stream saat Ramadhan merupakan solusi penjualan dalam dunia pemasaran saat ini. Live stream menjadi cara umum dalam menciptakan pengalaman berbelanja virtual secara online. Salah satu faktor yang membuat live stream begitu digemari yaitu keefektifannya dalam menghasilkan penjualan. 

Aktivitas belanja online di setiap Ramadhan pun meningkat. Ini bisa menjadi peluang kamu untuk meningkatkan visibilitas brand melalui cara live stream. Dengan begitu, bisnis mudah berkembang dan menghasilkan penjualan. Oleh karena itu, aktivitas live stream pun perlu kamu persiapkan dengan matang. 

Menyusun strategi live stream saat Ramadhan sangat direkomendasikan, karena waktu beraktivitas di bulan ini mengalami perubah yang cukup signifikan. Tidak seperti bulan biasanya, live stream juga memerlukan penyesuaian waktu dan tema khas Ramadhan selama live streaming berlangsung. 

 

Rekomendasi Waktu Live Streaming saat Ramadhan

Sumber: Pexels

 

Setelah mengetahui pentingnya menyusun strategi live stream, kamu harus tahu waktu-waktu yang tepat untuk memulai live stream saat Ramadhan. Perhatikan rekomendasi waktu live stream di bawah ini, agar aktivitas live streaming kamu banyak penontonnya dan tidak mengganggu waktu kerja. 

Saat Istirahat Kerja

Live streaming yang dilakukan saat istirahat kerja selama bulan Ramadhan menjadi rekomendasi karena waktu istirahat banyak dimanfaatkan oleh banyak. Biasanya, waktu istirahat kerja di bulan Ramadhan yaitu dari pukul 12:00-13:00 WIB. 

Selain untuk beribadah, waktu istirahat juga dihabiskan untuk scrolling media sosial hingga platform belanja online. Ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan live stream. Live stream juga dapat menjangkau audiens yang mungkin tidak bisa berpartisipasi dalam kegiatan live streaming di malam hari.

Manfaatkan waktu istirahat kerja untuk mempromosikan penawaran khusus. Seperti diskon, voucher, atau produk terbaru yang terkait dengan suasana Ramadhan melalui aktivitas live streaming. 

Momen Ngabuburit

Momen waktu menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) juga dimanfaatkan bisnis untuk melakukan live stream. Hal ini dikarenakan waktu ngabuburit terjadi peningkatan aktivitas online. Waktu ngabuburit biasanya dimulai dari pukul 16:00-18:00 WIB atau hingga waktu berbuka telah tiba. 

Di waktu tersebut, banyak orang cenderung aktif online untuk mencari hiburan dan informasi. Aktivitas belanja online pun saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktunya saat ngabuburit. Apalagi, bagi orang yang tidak sempat mengikuti live stream di waktu istirahat kerja. 

Kamu bisa membuat tawaran promosi produk seperti diskon spesial ngabuburit. Hal ini akan menarik perhatian penonton dan dapat langsung melakukan transaksi pembelian. 

Saat Buka Puasa

Selain waktu ngabuburit, saat buka puasa juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan live streaming. Live streaming saat buka puasa dapat menangkap perhatian audiens yang lebih besar, karena orang-orang aktif mencari konten dan informasi selama persiapan buka puasa.

Khususnya bagi orang yang sibuk bekerja, waktu luangnya hanya ada di momen ini. Waktu live stream saat buka puasa bisa dilakukan dari pukul 18:00-19:00. Orang-orang bisa melakukan interaksi sambil berbuka puasa, setelah sholat Maghrib, maupun menunggu waktu ibadah Tarawih. 

Setelah Ibadah Tarawih

Waktu setelah ibadah Tarawih merupakan waktu dengan leluasa bisa kamu manfaatkan untuk melakukan live streaming. Pasalnya, di waktu ini banyak orang yang sudah menyelesaikan aktivitas utama saat bulan Ramadhan, yaitu berbuka puasa dan ibadah Tarawih. 

Maka, banyak orang yang lebih rileks dan terbuka terhadap aktivitas sosial serta hiburan pada waktu ini. Di Indonesia, terdapat budaya ibadah Tarawih yang dilakukan di Masjid. Biasanya ibadah ini selesai pada pukul 20:00-20:30 WIB. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan live streaming, kamu bisa mulai dari pukul 20:00-22:00 WIB. 

Live streaming setelah ibadah Tarawih waktunya sangat leluasa. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk juga melakukan sesi Q&A yang lebih panjang. Waktu ini jelas memiliki peluang untuk menarik perhatian dan interaksi yang lebih besar.

Mendekati Sahur

Banyak orang yang bangun sahur lebih awal untuk menyiapkan sahur. Waktu ini terkadang juga dimanfaatkan orang untuk mencari hiburan, bahkan belanja online. Waktu mendekati sahur yang bisa kamu manfaatkan untuk live stream sekitar pukul 02:30-03:30 WIB. 

Waktu ini jelas digunakan oleh orang yang sangat sibuk hingga tidak bisa memanfaatkan waktu-waktu lainnya untuk belanja online. Bahkan, live stream di waktu ini juga bisa menjadi tontonan hiburan sambil menyantap makanan sahur. 

 

Tips Melakukan Live Streaming Selama Ramadhan

Sumber: Pexels

 

Setelah mengetahui dan menentukan waktu yang tepat untuk live stream, kamu perlu menyusun strategi live stream. Berikut terdapat tips untuk melakukan live streaming selama bulan Ramadhan.

1. Menggunakan Tema Terkait Ramadhan

Sesuaikan konten live streaming dengan tema-tema Ramadhan. Kamu bisa tunjukkan dari dekorasi set live streaming berlangsung yang bertema Ramadhan. Misalnya, buat dekorasi set dengan warna hijau, putih maupun gold. 

Latar belakang musik juga bisa kamu gunakan musik-musik religi. Tentukan pula outfit host yang juga sesuai dengan bulan Ramadhan, yakni dengan pakaian yang cenderung lebih sopan. 

2. Promosikan Produk Khusus Ramadhan

Siapkan produk promosi khusus Ramadhan. Pilih produk yang relevan dengan bulan ini dan promosikan secara khusus selama live streaming berlangsung. Berikan diskon atau penawaran khusus untuk pembelian selama bulan Ramadhan.

Tawarkan promo Ramadhan seperti misalnya, beli 1 set mukena gratis sajadah atau tasbih. Atau produk bundling yaitu hampers yang berisi beberapa produk dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tawarkan produk donasi, yaitu jika membeli produk, uangnya akan disumbangkan untuk yayasan amal. 

3. Tawarkan Hadiah atau Giveaway Ramadhan

Penawaran hadiah atau giveaway Ramadhan dapat menjadi daya tarik pada aktivitas live stream. Buat momen menarik dengan menyelenggarakan giveaway atau kontes selama live streaming. Hadiah yang terkait dengan Ramadhan dapat meningkatkan minat penonton.

Giveaway juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian baru. Orang-orang yang mungkin belum mengenal bisnis kamu dapat tertarik untuk bergabung dan mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan.

4. Libatkan Influencer

Jika memungkinkan, undang Influencer yang dapat memberikan wawasan mengenai produk kamu. Influencer memiliki followers yang besar dan setia. Melibatkannya pada live stream dapat membantu bisnis kamu mencapai audiens yang lebih luas dan memperluas jangkauan pemasaran.

Influencer dapat berbagi pengalaman pribadinya selama bulan Ramadhan, khususnya saat menggunakan produk kamu. Hal ini bisa memberikan sentuhan personal dan terasa otentik. Keterlibatan Influencer juga memiliki dampak positif pada keputusan pembelian. 

5. Perhatikan Etika dan Sensitivitas

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan saat live stream yaitu, perhatikan etika dan sensitivitas saat bulan Ramadhan. Hindari konten yang dapat dianggap tidak sensitif terkait nilai-nilai keagamaan atau budaya.

Misalnya dari cara berpakaian harus sopan, produk yang dijual relevan, dan kata-kata yang digunakan saat live stream juga harus santun. Pastikan bahwa aktivitas live stream kamu menghormati dan merayakan keberagaman audiens.

 

Maksimalkan Media Sosial Bisnis Kamu Bersama Startner

Media sosial dan e-commerce merupakan platform wajib yang harus dimiliki sekaligus dikelola oleh bisnis karena keterjangkauan audiensnya yang luas. Dengan kedua platform ini kamu bisa melakukan live stream untuk bisnis. 

Maka, maksimalkan media sosial bisnis kamu sekarang dengan memanfaat jasa Startner! Startner akan membantu kamu mengelola aktivitas pemasaran melalui media sosial bisnis yang kamu punya, seperti Instagram dan Tiktok. Kamu bebas berkonsultasi apapun untuk memaksimalkan potensi bisnis! Untuk itu, segera ikuti konsultasinya hanya di Startner!