#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Cara Meningkatkan Followers TikTok

TikTok menjadi platform media sosial yang saat ini sangat populer. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, TikTok dikenal sangat efektif untuk meningkatkan performa bisnis. Bahkan, konten yang dihasilkan pengguna sangat berpengaruh pada 79% keputusan pembelian.

Namun, untuk meningkatkan performa bisnis, jumlah followers pada TikTok sangatlah penting, khususnya followers organik. Maka, cari tahu cara meningkatkan followers TikTok organik untuk bisnis kamu di bawah ini!

 

Kenapa Penting untuk Meningkatkan Followers TikTok?

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang memiliki feed khusus untuk orang yang diikuti oleh pengguna. Hal ini, menjadikan followers lebih berharga di platform ini dibandingkan platform lainnya. Maka, penting untuk meningkatkan followers di TikTok. 

Halaman utama TikTok terbagi menjadi dua feed berbeda, yaitu Following dan For You Page. Adapun For Your Page (FYP) ditentukan oleh algoritma TikTok, sedangkan feed pada Following diisi oleh video hanya dari akun yang diikuti pengguna. 

Ini berarti, semakin banyak followers yang kamu miliki, semakin banyak feed following, di mana video kamu akan muncul di akun para pengikutmu. 

Ada cara untuk membuat konten kamu muncul menjadi FYP. Namun, konten dilihat oleh followers dapat membantumu menjadi viral. Dengan begitu, konten kamu dapat meningkatkan keterlibatan, bahkan merubah followers tersebut menjadi customer.

 

Meningkatkan Followers TikTok secara Organik vs. Non-organic

TikTok organik berkaitan dengan membangun serta merawat komunitas. TikTok organik berarti kamu dituntut untuk membuat konten yang menciptakan resonansi dengan audiens, serta melakukan interaksi secara jujur dan autentik. 

TikTok organik dilakukan melalui berbagai cara, seperti memposting video yang menghibur, merespons komentar, mengadakan challenge, dan lain-lain. Meningkatkan followers TikTok organik berarti menciptakan hubungan dengan followers, bukan sekedar menjual sesuatu.

Di sisi lain, TikTok berbayar atau non-organik berkaitan dengan penjualan langsung. Biasanya melibatkan menjalankan iklan berbayar di platform yang dirancang untuk menarik perhatian dan meyakinkan orang untuk membeli produk atau layanan. 

Iklan ini sudah ditargetkan, yang memungkinkan kamu mencapai segmen tertentu dari target audiens. Meningkatkan followers secara non-organik bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan, daripada membangun hubungan.

 

9 Cara Meningkatkan Followers TikTok secara Organik

Meningkatkan followers tiktok organik

Sumber: Pexels

 

Followers sangat penting di platform TikTok. Siapapun Kreatornya, individu maupun bisnis, penting untuk meningkatkan followers secara organik. Perhatikan cara meningkatkan followers TikTok organik berikut ini. 

Identifikasi Target Audiens

Pengguna TikTok mencakup perpaduan budaya, kelompok usia, dan minat yang beragam. Dari Gen Z hingga Baby Boomers, platform ini memiliki sesuatu untuk semua orang. Untuk meningkatkan followers dalam TikTok organik, sangat penting untuk memahami untuk siapa kamu membuat konten.

Setelah mengetahui target audiens, tentukan jenis kontennya. 

Lakukan uji coba berbagai jenis konten video berbeda, hingga menemukan konten yang benar-benar connect dengan audiens kamu.

Memanfaatkan Tren Lagu dan Suara

Menambah followers dalam TikTok organik bisa dengan memanfaatkan tren music dan audio. Menggunakan musik dan audio yang sedang tren tidak hanya dapat membuat video kamu lebih menarik, tetapi juga mampu membuat video menjadi viral.

Dengan menggunakan lagu populer, artinya kamu ikut serta dalam tren yang sudah memiliki audiens bawaan, sehingga meningkatkan visibilitas video. Algoritma TikTok juga cenderung memberikan prioritas pada video yang menggunakan musik yang sedang tren.

Membuat Challenges

Berpartisipasi dalam challenge yang sedang tren dapat meluncurkan video kamu ke halaman FYP. Ini merupakan usaha TikTok organik yang seringkali diterapkan. Mengikuti atau membuat challenge merupakan kesempatan untuk memamerkan kreatifitas, serta mencapai audiens yang lebih luas.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua tren sejalan dengan minat kamu. Sebagai contoh, jika kamu seorang Influencer kebugaran, kamu bisa ubah tren ‘joget’ populer menjadi rutinitas latihan. Kuncinya, ikutilah tren dengan bijak.

Perbanyak User-Generated Content

Cara mewujudkan TikTok organik seringkali dihasilkan oleh konten dari para User-Generated Content (UGC). Konten UGC sangat berguna bagi para individu atau bisnis yang ingin membangun komunitas. 

Konten ini akan mendorong lebih banyak interaksi dan keterlibatan dari audiens kamu. Pastikan untuk selalu mendapatkan izin dari dan memberikan kredit kepada Kreator asli. Kamu juga harus memilih UGC yang sejalan dengan standar kualitas konten.

Berkolaborasi dengan Brand atau Bisnis Lain

Cara yang juga populer dalam TikTok organik yaitu dengan berkolaborasi dengan brand atau bisnis lain. TikTok menawarkan fitur unik seperti duet dan stitches yang membuat kolaborasi menjadi mudah. Kedua fitur ini memungkinkan video kamu ‘berduet’ dengan video lain. 

Selain itu, bermitra dengan Influencer atau Content Creator yang memiliki audiens dan nilai yang sejalan dengan kamu sangat penting. Lakukan riset, periksa tingkat keterlibatannya, dan ajukan proposal kolaborasi dengan baik. Kolaborasi yang sukses dapat menjadi awal dari hubungan yang berkelanjutan. 

Promosikan Akun secara Lintas Platform

Hal termudah dalam menerapkan TikTok organik yaitu memasang ulang (cross-posting) video TikTok ke platform media sosial lain yang memprioritaskan video berformat pendek, seperti Instagram Reels dan YouTube Shorts. 

Hal ini dapat memaksimalkan paparan konten, serta menarik audiens yang lebih luas. Interaksi di berbagai platform juga dapat memberi sinyal pada algoritma bahwa konten kamu layak dipromosikan. 

Perhatikan Kualitas Konten

Kualitas konten sangat penting untuk meningkatkan followers pada TikTok organik. Konten berkualitas memiliki dampak signifikan pada keberhasilan dan daya tarik akun. Fokus pada kreativitas, nilai tambah, dan interaksi positif dengan pengguna. 

Yang paling penting, algoritma TikTok cenderung memprioritaskan konten yang dianggap relevan dan menarik bagi pengguna. Jika video kamu memiliki kualitas tinggi dan mendapatkan interaksi positif, algoritma berpotensi menampilkan video kamu kepada lebih banyak orang melalui FYP. 

Maksimalkan TikTok Stories

TikTok Stories adalah klip video yang dapat berdurasi hingga 15 detik, yang tetap ada di feed selama 24 jam, mirip dengan jenis stories di platform lainnya. Stories akan muncul sebagai video pertama di feed dengan banner Story di atasnya.

TikTok Stories merupakan cara yang bagus untuk berbagi beberapa konten di belakang layar atau potongan konten acak lainnya. Fitur ini masih terbilang baru, jadi ide bagus untuk mulai menggunakannya sebelum menjadi lebih umum.

Pastikan SEO-Friendly

SEO TikTok dapat membantu meningkatkan visibilitas konten, keterlibatan, dan menarik audiens yang lebih luas. Selain itu, SEO juga akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak traffic yang ditargetkan ke video kamu, meningkatkan peluang viral, serta menambah banyak pengikut.

TikTok bahkan memperluas kolom deskripsi video dari 300 karakter menjadi 2.200. Pengguna sekarang juga dapat mengedit caption di tempat yang sebelumnya tidak bisa. Maka, SEO memiliki pengaruh signifikan dalam strategi TikTok organik. 

 

Boost Bisnis Melalui TikTok Bersama Startner

Sudah jelas bahwa TikTok sangat efektif bagi pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, strategi TikTok organik perlu dijalankan. Jadi, bisnismu perlu meningkatkan performanya melalui pengoptimalan TikTok organik. 

Caranya mudah, kamu hanya perlu boost bisnis melalui TikTok bersama Startner. Dengan konsultasi bisnis di Startner, kamu akan menemukan daya tarik brand yang kamu punya. Kamu juga akan diberikan rancangan short video yang memikat, yang dapat digunakan di berbagai sosial media! Jadi, tunggu apalagi? Ayo mulai tingkatkan performa bisnis dengan Startner!