#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Jenis-jenis Live stream

Aktivitas live streaming diprediksi akan terus meningkat kepopulerannya di tahun 2024. Saat ini, live stream memiliki jangkauan audiens global hampir 28% dan merupakan format video terpopuler ketiga. 

Siaran langsung mendapatkan reaksi yang positif dari audiens karena mendorong interaksi real-time dan umpan balik langsung. Maka dari itu, live stream menjadi banyak diadaptasi pada ekosistem bisnis. Simak jenis-jenis hingga benefit menggunakan live stream bagi bisnis di bawah ini! 

 

Apa yang dimaksud dengan Live Stream?

Streaming adalah metode pengiriman data yang digunakan saat seseorang menonton video di internet. Streaming merupakan cara untuk mengirimkan file video sedikit demi sedikit dari lokasi remote storage. 

Sementara itu, live streaming terjadi ketika video yang di-stream dikirimkan melalui internet secara real-time, tanpa terlebih dahulu direkam atau disimpan. Saat ini, siaran televisi, streaming video games, dan video media sosial semuanya dapat ditonton dengan live stream. 

Dengan kata lain, istilah live stream merujuk pada siaran langsung. Koneksi live stream umumnya disalurkan kepada banyak pengguna sekaligus atau audiens besar. Praktiknya yaitu menggunakan peralatan kamera, platform, dan software untuk menyiarkan video secara langsung.

 

Bedanya Live Stream, Vlogging, Live Broadcasting

Live stream berarti tentang menyiarkan konten secara real-time dengan menggunakan layanan streaming video langsung. Selama live streaming, seorang pengguna menerima sinyal yang khusus. Sinyal ini berfungsi sesuai dengan kemampuan perangkat atau kualitas koneksi internetnya.

Ketika seseorang memulai kamera untuk live streaming, video mulai direkam secara real-time. Artinya video merupakan data mentah karena tidak melalui jenis pemrosesan apa pun.

Sementara itu, live broadcasting memberikan satu sinyal yang dikirimkan kepada semua orang. Jadi, alih-alih mendapatkan sinyal terpisah seperti pada live streaming, pengguna berbagi sinyal tunggal yang disediakan. Live broadcasting dapat berbentuk video maupun audio yang disiarkan secara langsung. 

Adapun broadcasting menggunakan sinyal elektronik untuk mengirimkan data ke khalayak luas. Kontennya pertama kali direkam, kemudian ditransmisikan melalui media seperti internet, kabel, dan satelit. Penonton kemudian menerima sinyal ini di TV atau radio melalui antena dan pemancar yang terpasang.

Sedangkan vlog merupakan singkatan dari frasa "video blog". Sebuah blog yaitu halaman web di mana seorang penulis menulis pembaruan reguler, biasanya tentang topik tertentu. Sebagian besar Blogger menggunakan gaya bahasa yang santai saat menulis agar bisa terhubung lebih baik dengan pembaca.

Demikian pula, di vlog, seorang Vlogger membuat konten video secara reguler. Sementara aktivitas vlogging biasanya melibatkan seseorang yang menggunakan kamera untuk berkomunikasi secara informal dengan audiens. Vlogger akan berbagi pembaruan tentang kehidupannya atau topik dari vlog tersebut.

 

Alasan Live Stream Penting

Menjamurnya TV streaming menandakan bergesernya kebiasaan orang menonton TV konvensional. Hal ini dikarenakan pilihan konten yang beragam dan tak terbatas, bisa diakses kapan saja, banyak siaran ulang, serta tersedianya fitur-fitur menarik yang tidak ada di TV, khususnya live stream. 

Hal ini membuat ekosistem bisnis mengadaptasi live stream untuk meningkatkan online presence. Dengan begitu, dapat menghasilkan lebih banyak prospek untuk bisnis atau mengembangkan audiens. 

Alasan pentingnya live streaming untuk bisnis yaitu efisiensi biaya. Di dunia pemasaran, ada banyak cara untuk menjangkau orang. Namun, biasanya memerlukan investasi besar. Adapun live stream dapat dibuat dengan anggaran yang terbatas dan tetap memberikan hasil yang signifikan.

 

Benefit Menggunakan Live Stream

Sumber: Pexels

 

Live stream dapat kamu digunakan untuk mempromosikan, mengumumkan produk dan layanan baru, serta masih banyak lagi. Live stream memberikan kesempatan bagi bisnis kamu untuk dapat berinteraksi dengan jutaan orang di seluruh dunia. Berikut beberapa manfaat menggunakan fitur live stream.

1. Potensi Audiens Lebih Luas

Dengan live stream, kamu dapat mengundang orang sebanyak mungkin yang diinginkan untuk "menghadiri" acaramu. Hal ini dapat membuat kontenmu dapat diakses oleh lebih banyak audiens. 

2. Penggunaan Konten Tidak Terbatas

Siaran langsung tidak hanya terbatas pada layanan streaming video dan audio langsung. Kamu memiliki fleksibilitas untuk menggunakan berbagai bentuk konten dan multimedia, termasuk gambar, teks, maupun live chat. 

3. Memberikan Kemudahan dan Kenyamanan

Live stream menawarkan sesuatu yang sederhana. Yang kamu butuhkan hanyalah peralatan video dan audio yang relevan, koneksi internet, encoder, serta platform streaming yang handal.

4. Memberikan Customer Support yang Handal

Live stream merupakan cara terbaik untuk mempromosikan sesi Q&A secara langsung. Layanan live stream yang handal akan memberikan customer support berkelanjutan dan akan membimbing kamu mengatasi kesulitan yang dialami.

5. Biaya Live Streaming Terjangkau

Ada banyak layanan live stream video gratis, tetapi layanan gratis biasanya disertai dengan iklan pop-up yang mengganggu penonton. Layanan streaming profesional lebih baik untuk bisnis yang menawarkan harga terjangkau.

 

Langkah Memulai Live Stream

Untuk memulai live stream yang berguna bagi bisnis, kamu perlu mengetahui cara memaksimalkannya agar berhasil mendapatkan perhatian.

Berinteraksi dengan Penonton

Saat mengikuti live stream, penonton pastinya ingin di-notice atau diberikan respon. Kemampuan untuk bertanya, memberikan komentar, dan berinteraksi dapat memiliki dampak besar pada kegiatan ini. 

Kontrol Body Language

Orang menerima sekitar 55% dari total informasi selama percakapan melalui bahasa tubuh (body language). Tidak terkecuali saat melakukan live streaming. Kontrol body language untuk menyampaikan pesan. Sebagai contoh, pertahankan bahu rileks untuk menunjukkan kepercayaan diri.

Kendalikan Ruang Live Stream

Studio yang digunakan untuk live stream mencerminkan karakter dan konten. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki segala yang dibutuhkan. Hal ini juga harus dalam kendali Live Streamer saat melakukan siaran. Pastikan siaran tidak terganggu oleh gangguan yang tidak terduga.

Jadilah Unik

Penonton cenderung merasa lebih terhubung dengan Live Streamer yang terlihat autentik dan jujur. Menunjukkan kepribadian asli dan berbicara dengan alami dapat membangun kepercayaan dengan penonton. Hal ini juga dapat menciptakan koneksi dan daya tarik yang lebih kuat.

 

Jenis-Jenis Live Stream

Live stream melibatkan penggunaan software untuk merekam serta menyebarkan konten secara online dan langsung ke audiens di seluruh dunia. Contohnya seperti siaran video games, konten media sosial, siaran TV, dan konser virtual.

Adapun terdapat beberapa aplikasi live streaming yang paling populer yaitu YouTube, Instagram Live, Facebook Live, dan TikTok. 

Live Video Streaming

Audio-video disiarkan secara langsung agar pengguna dapat memberikan komentar dan berinteraksi secara real-time. Jenis live stream ini sangat membantu untuk mempromosikan produk atau layanan atau untuk tujuan edukasi. 

Video on Demand (VoD)

Audio-video ditangkap secara langsung dan direkam untuk ditonton oleh pengguna pada waktu yang lebih lambat. Ini sangat bermanfaat untuk konten yang dapat menjadi konten abadi dan dapat digunakan kembali. Sebagai contoh, webinar langsung yang direkam dan dapat digunakan kembali untuk konten di blog.

Audio Streaming

Saat audio ditangkap secara langsung dan direkam. Ini berguna jika tujuan kamu yaitu membangun kesadaran dan minat. Sebagai contoh, jika kamu melakukan wawancara, lebih bermanfaat memiliki audio yang merekam dan menangkap wawancara sambil dapat menjawab pertanyaan pendengar.

 

Maksimalkan TikTok Bisnismu Bersama Startner

Sebagai platform paling populer, TikTok tidak hanya digunakan untuk hiburan saja. Banyak bisnis yang mengintegrasikan saluran pemasarannya dengan TikTok. Pastinya kamu ingin juga ‘kan memperluas jangkauan audiens bisnismu melalui TikTok?

Caranya mudah, maksimalkan TikTok bisnismu melalui Startner. Dengan konsultasi TikTok bisnis di Startner, kamu dapat mengeksplorasi keunikan bisnismu melalui short video yang kreatif dan beragam, sehingga meraup target audiens yang besar!