#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Iklan Facebook adalah

Beriklan di sosial media menjadi salah satu pilihan yang ideal saat ini. Jangkauan audiens dan engagement yang lebih luas, serta harga yang lebih terjangkau dari platform iklan konvensional, menjadi beberapa alasan mengapa beriklan sosial media begitu disukai oleh bisnis. 

Salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan untuk aktivitas marketing yaitu Facebook. Facebook membuka platform untuk beriklan, yang dikenal dengan Facebook Ads. Jika ingin beriklan melalui Facebook Ads pada tahun 2024, kamu memiliki potensi jangkauan iklan sebanyak 1,98 miliar orang.

Untuk itu, kamu dapat mengandalkan Facebook Ads untuk mulai mengiklankan bisnis kamu. Simak manfaat, serta kelebihan dan kekurangan Facebook Ads bagi bisnis, agar kamu lebih paham. Check this out!

 

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads atau FB Ads adalah platform iklan berbayar yang disediakan oleh Meta kepada suatu bisnis, untuk mempromosikan produk atau layanannya, kepada pengguna media sosial Facebook. Facebook Ads memungkinkan bisnis menargetkan demografi tertentu yang lebih spesifik, atau yang ditargetkan.

Selain dari demografi, Facebook Ads dapat menargetkan ke audiens yang lebih luas berdasarkan lokasi, minat, serta informasi profil dan aktivitas online. Facebook Ads tersedia dalam berbagai format, seperti gambar, video, atau karusel. Facebook Ads dapat muncul di seluruh aplikasi, termasuk di Feeds, Stories, Messenger, Marketplace, dan lainnya.

 

Kenapa Facebook Ads Penting untuk Bisnis?

Facebook memiliki lebih dari dua juta pengguna aktif harian dan merupakan salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Ini berarti bahwa beriklan di Facebook berpotensi untuk mencapai audiens yang besar dan beragam.

Facebook merupakan platform yang dapat diandalkan untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya, karena basis pengguna terus meningkat. Berkat jumlah pengguna yang tinggi di Facebook, ada berbagai kesempatan untuk mengiklankan bisnis di platform tersebut.

Misalnya, beriklan di Facebook melalui Facebook Marketplace, Messenger, atau halaman beranda Facebook. Cara ini memungkinkan bisnis kamu menempatkan kampanye iklan di tempat-tempat calon pelanggan, yang kemungkinan besar akan melihat dan berinteraksi dengan bisnis. Tentu hal ini membantu dalam mengembangkan bisnis.

 

Benefit Menggunakan Facebook Ads

Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini, dengan 3,07 miliar pengguna aktif bulanan. Jumlah tersebut mencakup 37,90% dari populasi dunia dan 60,91% dari pengguna media sosial global. 

Kehadiran bisnis kamu di platform ini akan memberi manfaat dalam mendapatkan exposure kepada calon pelanggan. Dengan banyaknya pengguna, Facebook Ads akan membantu dalam meningkatkan brand awareness bisnis

Meningkatkan brand awareness, juga berarti mendorong website traffic. Dengan menggunakan Facebook Ads, kamu dapat menargetkan audiens yang relevan dengan bisnis dan menampilkan tautan langsung ke website kamu dalam iklan tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kunjungan online.  

 

Baca juga:

 

Kelebihan Facebook Ads

Sumber: Pexels

 

Facebook memiliki banyak fitur yang bermanfaat bagi bisnis. Memahami kelebihan Facebook Ads dapat membantu bisnis kamu saat ingin membuat keputusan pemasaran yang tepat. Berikut kelebihan dari Facebook Ads

Target Audiens yang Lebih Detail

Opsi targeting yang terperinci dari Facebook memungkinkan bisnis untuk fokus pada pelanggan ideal. Kelebihan ini dapat membuat audiens yang di kustom secara mandiri, berdasarkan kriteria seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku. Hal ini dapat memastikan iklan mencapai target kriteria yang telah ditentukan bisnis, untuk mencapai tingkat konversi tertentu.

Keterlibatan Pengguna Tinggi

Pengguna Facebook menghabiskan banyak waktu untuk menjelajahi feed. Kebiasaan ini memberikan peluang utama bagi bisnis untuk menarik perhatian dengan iklan yang menarik. Tingkat keterlibatan pengguna yang tinggi berarti lebih banyak kesempatan bagi bisnis untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

Analytics dan Insights

Facebook menyediakan analytics dan insights yang kuat yang memungkinkan bisnis untuk melacak kinerja iklan. Dengan data ini, bisnis dapat mengoptimalkan kampanye, meningkatkan pesan, dan memaksimalkan pengembalian investasi.

Biaya Iklan Terjangkau

Dibandingkan dengan saluran periklanan seperti radio, TV, billboard, media cetak, dan lainnya, beriklan melalui Facebook Ads jauh lebih murah. Adapun biaya rata-rata Cost Per Click (CPC) pada Facebook Ads awal tahun 2024, yaitu Rp9.400. Artinya, bisnis membayar sekitar Rp500-Rp600 per click. 

Sedangkan biaya rata-rata Cost Per Impression (CPM) sebesar $ Rp169.000. Ini berarti, bisnis membayar sekitar Rp159.000-Rp175.000 per seribu kali iklan muncul. 

 

Kekurangan Facebook Ads

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Facebook Ads memiliki sejumlah kekurangan. Mengenali potensi masalah ini dapat membantu bisnis mengembangkan strategi manajemen iklan Facebook yang efektif. Berikut kekurangan Facebook Ads bagi bisnis.

Peningkatan Persaingan di Facebook

Dengan lebih banyak bisnis beralih ke Facebook untuk beriklan, platform tersebut menjadi semakin kompetitif. Maka, diperlukan kreativitas bagi bisnis agar tetap menonjol dari kompetitor. Perlu juga pendekatan strategis dalam pembuatan iklan.

Kenaikan Biaya Iklan

Seiring dengan intensitas persaingan di Facebook, biaya beriklan di platform tersebut secara bertahap meningkat. Meskipun tetap menjadi pilihan yang hemat biaya dibandingkan banyak saluran periklanan tradisional, bisnis harus mempertimbangkan kenaikan biaya ini dalam pertimbangan anggaran.

Kompleksitas Manajemen Iklan

Membuat dan mengelola kampanye iklan Facebook yang efektif bisa menjadi kompleks, terutama bagi bisnis yang baru menggunakan platform ini. Kompleksitas ini menunjukkan potensi manfaat dari bermitra dengan agen Facebook Ads yang khusus, yang dapat menavigasi kompleksitas yang ada.

Tidak Optimal Menjangkau Audiens yang Lebih Muda atau Lebih Tua

Jika target audiens bisnis kamu ada di rentang usia yang lebih muda, seperti Gen Z atau Gen Alpha, mungkin Facebook Ads bukan solusinya. Segmen usia rata-rata yang mengunjungi Facebook rata-rata 25 hingga 54 tahun. Usia yang lebih tua dari ini juga sulit untuk dijangkau.

 

Siap Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Dengan banyaknya pengguna di seluruh dunia serta target audiens yang lebih luas, Facebook menjadi platform periklanan yang bisa jadi pilihan bisnis untuk beriklan. Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan brand awareness hingga penjualan, menggunakan Facebook Ads bisa menjadi solusi tepat. 

Untuk itu, kamu membutuhkan jasa konsultasi bisnis online seperti Startner! Startner akan membantu kamu menjalankan iklan bisnis melalui jasa Facebook Ads. Kamu hanya tinggal menyiapkan budget, lalu tim Startner akan mengerjakan aktivitas iklan seluruhnya. 

Jasa ini cocok untuk kamu yang baru menggunakan Facebook Ads, atau yang sudah pernah beriklan, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, tunggu apalagi? Startner akan membantu kamu menjalankan Facebook Ads dengan maksimal! Segera beli jasa Facebook Ads di Startner!