#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Berbagai Fungsi, Manfaat, dan Jenis Copywriting

Kalimat pada iklan yang tidak efektif akan berdampak buruk pada hasil dari bisnis yang dikelola. Kalimat iklan atau dikenal dengan istilah copywriting ini, memiliki peran penting untuk menarik minat konsumen. 

Copywriting sering sekali menjadi pusat perhatian dalam kampanye pemasaran digital. Sebab, semakin baik copywriting yang dibuat maka semakin menarik pula citra yang terbangun di masyarakat. 

Mengetahui ‘Apa itu copywriting?’ sangatlah penting. Alasannya karena dasar ini akan mencerminkan bagaimana bisnis yang dikelola. Oleh karena itu, jangan lewatkan pembahasan mengenai copywriting berikut ini.

 

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah tulisan atau teks yang dibuat menarik untuk memasarkan produk, layanan, atau konsep. Teks menarik ini ditujukan agar pembaca mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau jasa. 

Copywriting sendiri memiliki peran penting dalam pemasaran dan periklanan. Hal ini disebabkan copywriting digunakan secara luas di berbagai media untuk mempromosikan produk, baik usaha kecil ataupun besar. Semakin persuasif dan kreatif suatu copy maka semakin banyak pembaca yang tertarik mengikutinya. 

 

Alasan Pentingnya Copywriting dalam Kegiatan Marketing

Bisnis memang tidak menuntut pemiliknya untuk ahli copywriting. Namun, dalam dunia bisnis copywriting memang sangat dibutuhkan untuk menarik minat pembaca. Beberapa perusahaan mempekerjakan seorang copywriter. Tujuannya untuk menghasilkan copywriting yang baik.

Selain itu, ada beberapa alasan penting mengapa copywriting dibutuhkan dalam kegiatan marketing:

  • Copywriting memberikan dampak emosional pada pembacanya, terutama calon klien/pembeli

  • Setelah adanya dampak emosional, umumnya pembaca merasa terhubung dengan produk tersebut

  • Rasa terhubung itu akan memunculkan pikiran bahwa produk akan memecahkan masalah dari klien/pembeli

  • Adanya kata persuasif di dalam copywriting, memotivasi pembaca untuk melakukan pembelian

  • Tentunya ini akan meningkatkan penjualan bagi perusahaan

 

Fungsi Copywriting

Copywriting yang baik tentunya memiliki banyak fungsi untuk bisnis. Tidak hanya menarik minat pelanggan, copywriting punya fungsi lainnya.

Menghubungkan Bisnis dengan Audiens

Copywriting yang ditulis dengan baik memungkinkan pelaku usaha terhubung dengan konsumen. Kalimat pertanyaan, menanggapi kebutuhan, dan menyadari kekhawatiran konsumen akan berubah menjadi aksi pembelian.

Copywriting yang menarik juga menciptakan sebuah cerita yang menghibur pembaca. Hal ini juga membangun hubungan jangka panjang kepada pelanggan.

Membuat Produk Menjadi Barang yang Harus Dimiliki

Copywriting yang ditulis dengan baik menonjolkan manfaat dari suatu produk. Tulisan yang kreatif menciptakan imajinasi konsumen. Hal ini membuat mereka ingin memiliki apa yang anda tawarkan.

Memberikan Hasil yang Terukur

Copywriting yang bijaksana membuat kampanye pemasaran yang efektif secara waktu dan anggaran. Tulisan tidak hanya menarik tetapi mampu membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Copywriting yang ditunjukan pada platform social media akan menjadi pusat perhatian masyarakat. Hal ini juga akan meningkatkan pembelian masyarakat di perusahaan tersebut.

Tulisan yang Unik Membuat Usaha Lebih Menarik

Copywriting yang bagus membuat produk yang ditawarkan lebih menonjol dan berkesan. Tentunya harus menjunjung tinggi keaslian dan kejujuran produk. Meskipun belanja online memang digemari masyarakat, tetapi mereka tetap berhati-hati terhadap suatu produk. 

Gunakanlah cerita yang berkesan dalam tulisan, sehingga berkesan cukup lama di masyarakat. Hal ini juga akan menghilangkan prasangka dan kekhawatiran yang mereka miliki.

Manfaat Copywriting

Fungsi copywriting yang apabila sudah dipahami, mungkin waktunya mengetahui apa saja manfaatnya. Mulai dari keperluan penjualan hingga membangun reputasi.

Menarik Konsumen dengan Lebih Mudah

Copywriting berbeda dengan iklan komersial. Tulisan ini  membuat konsumen tidak hanya tertarik membeli tapi ada perasaan harus mendapatkan suatu produk. Soalnya teknik copywriting sendiri dilengkapi dengan Call to Action (CTA) yang mengarahkan konsumen melakukan hal yang diinginkan.

Meningkatkan Reputasi Produk

Seorang Copywriter pasti memiliki strategi untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada konsumen. Keahlian ini berguna untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan produk. Jika konsumen percaya pada produk yang ditawarkan, maka itu adalah tanda keberhasilan dari copywriting.

Meningkatkan Penjualan

Reputasi yang baik berdampak dengan kepercayaan konsumen. Konsumen akan terus membeli sebuah produk atau jasa. Inilah yang membuat penjualan suatu perusahaan akan meningkat. Semakin baik ulasan masyarakat terhadap sebuah produk, semakin tinggi tingkat penjualan.

 

10 Jenis Copywriting

Sumber: Unsplash

 

Nah, kini saatnya mempelajari apa saja jenis-jenis dari copywriting. Sekaligus mengetahui bagaimana setiap jenis copywriting dapat memberikan dampak bagi bisnis atau brand. 

Brand Copywriting

Beberapa perusahaan hanya memiliki merek sebagai pembeda dengan pesaingnya. Dunia bisnis yang kompetitif harus dimenangkan dengan mengembangkan merek perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan copywriting.

Brand copywriting adalah bentuk copywriting yang digunakan untuk membangun merek. Saat membuat copy dari sebuah merek, tujuannya adalah membuat orang melihat keunikan dari bisnis tersebut. Mulai dari visi, tujuan, misi dari sebuah bisnis bisa dibangun dengan brand copywriting.  

Brand copywriting juga memungkinkan perusahaan untuk menulis dan menerbitkan konten blog yang konsisten. Hal ini bertujuan untuk menciptakan merek suatu perusahaan.

Content Marketing

Content marketing juga termasuk dalam jenis copywriting. Content marketing biasanya melibatkan pembuatan materi yang informatif.

Materi yang telah dibuat akan diunggah melalui blog, halaman web, podcast, video, dan infografis. Konten-konten tersebut akan didistribusikan secara online dan menargetkan pelanggan yang potensial. Hal ini menambah prospek dari bisnis yang dijalankan.

Content marketing membantu perusahaan memperkuat kredibilitasnya sebagai sebuah merek. Tujuannya untuk mendapat lebih banyak pengikut di media sosial dan meningkatkan kunjungan di situs web. Hal ini akan menunjukan prospek, meningkatkan konversi, dan mendorong penjualan.

Digital Ads Copywriting

Digital ads copywriting adalah proses pembuatan copy yang digunakan dalam email marketing, advertising and marketing campaign, dan outbound marketing purposes. Digital ads copywriting bukan hanya sekedar iklan tulisan saja. Dalam prosesnya banyak penelitian dan perencanaan yang dilakukan.

Digital ads copywriting memiliki beberapa kegunaan. Tentunya copywriting jenis ini mengarahkan banyak pengunjung ke situs web perusahaan, membangun keterlibatan dan kesadaran bisnis di media sosial, mendapatkan prospek berkualitas, dan mengembangkan kredibilitas bisnis yang kuat. 

OOH Copywriting

OOH (Out of Home) copywriting adalah jenis periklanan yang menargetkan orang-orang ketika sedang berada di luar rumah. OOH copywriting bisa ditemukan di billboard, fasilitas publik, point-of sale display, dan lain-lain.

Jenis pengiklanan ini memang tidak secara langsung berdampak langsung ke produk atau jasa. Namun, dengan kasat mata kita bisa melihat tulisan persuasif yang terpampang jelas.

Hal tersebut tentunya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan jangkauan pasar yang lebih luas. Umumnya pesan yang disampaikan melalui OOH copywriting sangat efektif dan diingat oleh masyarakat.

UX Copywriting

UX copywriting adalah bagian dari copywriting yang berhubungan dengan pembuatan konten tekstual antarmuka untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau UX. 

Contoh dari UX copywriting yang bagus dapat memberitahukan kesalahan pengguna di aplikasi. Fitur ini juga akan memberi tahu apa yang harus pengguna lakukan untuk memperbaiki kesalahannya. Walaupun terlihat seperti buatan AI, sebenarnya kalimat-kalimat itu dibuat oleh copywriter.

Social Media Copywriting

Awal tahun 2010-an social media baru populer, kebanyakan orang menggunakannya untuk bersosialisasi. Berbeda dengan saat ini, sosial media digunakan perusahaan untuk terhubung dengan konsumen.

Melalui social media perusahaan bisa melakukan pemasaran dengan anggaran kecil. Kunci dari kesuksesan pemasaran social media adalah copywriting yang baik.

Copywriting di media sosial menuntun Copywriter membuat copy yang menarik dan fokus pada target audiens di sosial media tersebut. Bentuk kalimat tergantung dengan platformnya.

Misalnya, copywriting yang ada di Facebook dan Instagram harus dalam bahasa yang lucu dan informal. Perusahaan juga bisa menambahkan hastag dengan kata kunci yang relevan, hal ini membantu akun milik perusahaan banyak dikunjungi.

Product Copywriting

Copywriting produk juga dikenal dengan nama copywriting periklanan. Copywriting produk memiliki seni melalui kata-katanya mampu membujuk pembaca untuk melakukan pembelian. Seorang copywriting produk pasti memiliki strategi agar pembaca melakukan pembelian produk.

Email Copywriting

Email copywriting adalah seni menulis konten email yang efektif dengan judul yang menarik. Semakin kreatif kalimatnya, itu merupakan kunci sukses dari email copywriting.

Hal tersebut disebabkan header email yang dikirim menjadi sesuatu yang pertama kali dilihat oleh penerima. Email copywriting harus dibuat tetap singkat dan menarik untuk membuat pembaca ingin membuka email yang dikirimkan.

Direct Response Copywriting

Direct response copywriting dapat langsung merespon tindakan orang-orang setelah berinteraksi dengan kampanye pemasaran yang dibuat. Copywriting jenis ini sangat ideal untuk mencari keuntungan cepat. 

Alasan menggunakan direct response copywriting ini adalah pelaku usaha memiliki waktu singkat untuk memikat pembaca. Oleh karena itu, pelaku usaha harus membuat pembaca tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Cara termudahnya adalah dengan menunjukan melalui direct response copywriting dan alasan mengapa harus membeli produk tersebut. 

SEO Copywriting

SEO copywriting adalah praktik menulis dan menerbitkan konten. Tujuannya adalah meningkatkan kunjungan situs web melalui mesin pencarian. SEO copywriter biasanya melakukan riset kata kunci melalui berbagai alat SEO seperti Google Keyword Planner, Semrush, atau Ubersuggest.

SEO copywriting tidak sama dengan SEO content writing. SEO copywriting bertujuan untuk menarik dan membuat pembaca melakukan sebuah aksi pembelian.

 

Jadi Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Copywriting memiliki peran penting dalam pemasaran digital. Kalimat unik menumbuhkan hasrat pembaca untuk memiliki produk yang ditawarkan. Beberapa perusahaan atau orang masih bingung bagaimana cara membuat copywriting yang baik. Kamu bisa berkonsultasi dengan Startner untuk memastikan bisnismu go-digital tanpa gangguan.

Bersama Startner kamu mampu menciptakan copywriting yang menarik. Kamu juga tidak perlu takut dengan biaya yang membengkak. Startner partner terbaik dan terjangkau yang pernah kamu temui. Tentunya kualitas Startner bukan kelas teri!