#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner

Dalam dunia pemasaran yang terus berubah dan berkembang, kehadiran Konsultan marketing bisa menjadi kunci sukses bagi brand kamu. Tetapi sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya, penting bagi kamu untuk memahami secara mendalam siapa sebenarnya Konsultan marketing, perannya untuk bisnis atau brand-mu, dan hal-hal apa saja yang bisa menjadi alasan kamu kamu untuk menggunakan jasa Konsultan marketing.

Penasaran dengan penjelasannya? Simak artikel ini hingga selesai, ya!

 

Siapa yang Dimaksud Konsultan Marketing?

Konsultan marketing adalah ahli strategi pemasaran yang memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai aspek pemasaran. Konsultan marketing bisa terdiri dari seorang individu atau beberapa individu yang berbentuk tim dan berasal dari suatu perusahaan jasa. 

Konsultan marketing merupakan orang yang akan membantu kamu merancang, mengimplementasikan, dan mengukur efektivitas strategi pemasaran bisnis kamu.

Hal tersebut tentu akan menjadi kabar baik bagi kamu yang sebelumnya bingung dengan apa saja hal yang mesti dilakukan untuk memasarkan bisnis atau brand kamu. 

Konsultan marketing tentunya akan membimbing kamu dalam kompleksitas dunia pemasaran, membantu mengidentifikasi peluang dan mengatasi tantangan dengan penyesuaian ilmu pemasaran terkini. 

 

Peran Konsultan Marketing Terhadap Bisnis Kamu?

Lalu, sebenarnya apa peran Konsultan marketing?

Konsultan marketing berperan sangat krusial dalam membentuk dan meningkatkan efektivitas aktivitas pemasaran bisnis atau brand kamu.

Hal itu tidak hanya meliputi pemberian saran, tetapi juga bertindak sebagai mitra strategis yang membantu mengarahkan rencana pemasaran agar sesuai dengan tujuan bisnis dan kebutuhan target audiens kamu.

 

5 Alasan Kenapa Kamu Butuh Konsultan Marketing untuk Bisnis Kamu?

Nah, sekarang kenapa kamu membutuhkan Konsultan marketing untuk bisnis atau brand-mu?

Berangkat dari beberapa pertanyaan berikut ini, mungkin kamu jadi bisa memutuskan bahwa kamu membutuhkan jasa konsultasi marketing atau tidak. 

Bisnis yang Tidak Grow

Jika kamu merasa bisnis kamu stagnan dan sulit untuk tumbuh, Konsultan marketing dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya.

Hal yang dilakukan di antaranya seperti melakukan audit marketing dan merancang strategi pemasaran yang sesuai untuk memacu pertumbuhan bisnis dengan brand yang kamu punya.

Tidak Memiliki Tim Internal yang Berpengalaman

Bagi bisnis dengan tim internal yang terbatas atau kurang berpengalaman di bidang pemasaran, Konsultan marketing adalah solusi ideal.

Konsultan marketing akan membawa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas marketing campaign bagi bisnis dan brand-mu. 

Marketing Bukanlah Prioritas

Beberapa business Owner seringkali melihat aktivitas marketing bukan sebagai prioritas. Kalau sudah begitu penting untuk mempertimbangkan jasa Konsultan marketing.

Konsultan marketing akan membantu memprioritaskan kegiatan marketing untuk kesuksesan bisnis kamu. Dengan membimbing kamu dalam menetapkan prioritas agar setiap kampanye pemasaran memiliki dampak yang signifikan.

Tidak Memahami Target Audiens

Jika kamu kesulitan memahami atau menjangkau target pasar atau bahkan target audiens, seorang Konsultan marketing dapat membantu untuk itu.

Konsultan marketing akan melakukan riset dan analisa menyeluruh untuk memahami siapa target market dan target audiens kamu. Meliputi apa saja yang audiens butuhkan, dan bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiensmu.

Tidak Pernah Membuat Perencanaan Marketing

Kurangnya perencanaan pemasaran dapat menjadi hambatan besar. Melalui konsultasi dengan Konsultan marketing akan membantu merancang rencana pemasaran.

Dengan marketing plan yang terstruktur dan terukur akan memastikan setiap langkah atau proses pemasaran memiliki tujuan yang jelas dan dapat diukur dengan baik.

 

8 Benefit Menggunakan Jasa Konsultan Marketing

Kini saatnya kamu mengetahui apa saja benefit atau keuntungan yang akan kamu dapat ketika menggunakan jasa Konsultan marketing. Berikut di antaranya!

Dapat Konsultasi Langsung dengan Marketer Profesional

Konsultasi dengan berdiskusi langsung dengan para Expert di bidang marketing akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan wawasan langsung dari orang yang memiliki pengalaman di dunia ini. 

Konsultan marketing tidak hanya memberikan solusi, tetapi juga memberikan pandangan yang berharga yang dapat membimbing kamu dalam mengambil keputusan sulit terkait pemasaran yang akan berdampak juga pada bisnismu.

Meningkatkan Efektifitas Marketing

Konsultan marketing akan membantu bisnismu dalam mengidentifikasi strategi pemasaran yang paling efektif untuk brand kamu.

Salah satunya dengan mengoptimalkan setiap kampanye marketing yang dibarengi dengan pengukuran hasil investasi pemasaran atau return on investment (ROI) yang kamu dapat.

Mendapatkan Update Terkini Mengenai Ilmu Marketing

Dengan adanya digital, dunia marketing terus berubah secara cepat. Menggunakan jasa Konsultan marketing akan membuatmu yakin bahwa strategi pemasaranmu selalu update.
Kegiatan marketingmu juga akan lebih update untuk menyesuaikan perkembangan tren pada industri bisnis kamu, juga bisa lebih relevan dengan target market dan audiens kamu. 

Meningkatkan Proses Bisnis

Salah satu keuntungan menggunakan jasa Konsultan marketing adalah memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana pemasaran memengaruhi setiap aspek bisnis.

Konsultan marketing dapat membantu meningkatkan efisiensi proses bisnis secara keseluruhan dan tentunya dengan efektivitas hasil yang didapat setelahnya.

Aktivitas Marketing yang Terukur

Konsultan membantu kamu mengukur keberhasilan setiap kampanye pemasaran. Dengan analisis data yang mendalam, kamu dapat melihat hasil yang konkret dan membuat penyesuaian berdasarkan goals.

Ini juga berlaku tidak hanya untuk marketing konvensional atau below the line (BTL), melainkan juga digital marketing atau above the line yang saat ini lebih banyak diadaptasi.

Membangun Framework Marketing yang Cocok

Setiap brand memiliki karakteristik dan kebutuhan yang unik. Konsultan marketing membantu membangun framework marketing yang akan disesuaikan dengan brand kamu, memastikan bahwa setiap strategi memiliki dampak yang maksimal.

Menghemat Budget

Dengan membantu mengelola anggaran pemasaran atau marketing budget kamu dengan bijak. Konsultan marketing juga dapat membantu kamu menghindari pemborosan atau ‘boncos’ selama menjalankan kegiatan marketing. 

Tidak Membuang-buang Waktu

Dengan menggunakan jasa Konsultan marketing yang akan membimbing kegiatan pemasaran. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan sumber daya berharga untuk melakukan testing.

Setiap progres marketing kamu akan menjadi lebih terarah dan efisien. Ini akan membuatmu bisa lebih fokus juga ke pengembangan bisnis kamu. 

 

Mulai Go-Digital Tanpa Keraguan Bersama Startner

Melibatkan Konsultan marketing bukan hanya keputusan strategis, tetapi investasi untuk kesuksesan jangka panjang brand kamu. Jadi, jika kamu ingin memastikan bahwa setiap langkah pemasaran kamu membawa dampak yang signifikan, pertimbangkanlah untuk menggandeng Konsultan marketing yang dapat membantu mengarahkan kamu melalui kompleksitas dunia pemasaran.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan Konsultan marketing yang sudah memiliki pengalaman pada beberapa industri untuk memastikan kredibilitas dan kapabilitasnya sebelum menggunakan jasanya. 

Bagaimana? Sudah tidak ragu lagi untuk memulainya? Sekarang kamu bisa langsung pilih layanan konsultasi sesuai kebutuhan bisnis kamu. Kemudian biarkan Startner yang membimbing bisnismu untuk Go-Digital!