#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Iklan Instagram Ads

Memiliki jutaan pengguna aktif, media sosial Instagram membuka layanan periklanan, yaitu Instagram Ads pada tahun 2015. Banyak orang yang tertarik beriklan melalui Instagram Ads karena jangkauan audiensnya luas dan beragam. Iklannya pun dapat disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan bisnis. 

Dengan harga yang cenderung lebih terjangkau dari media periklanan konvensional, Instagram Ads menjadi pilihan beriklan yang efisien bagi bisnis. Jika kamu tertarik beriklan melalui Instagram Ads, pahami dulu keunggulannya, format iklan, harga, serta hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai. Simak pembahasannya sampai habis disini!

 

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah layanan berbayar untuk mempromosikan bisnis, produk, atau layanan, melalui platform media sosial Instagram. Instagram Ads ditujukan untuk menjangkau audiens dari pengguna media sosial Instagram. 

Iklan dapat menampilkan gambar, teks, grafik, video, atau apapun yang menampilkan informasi terkait bisnis. Tidak seperti posting Instagram biasa, Instagram Ads memungkinkan tautan yang mengarahkan pengguna ke URL bisnis yang sudah disematkan.

 

Kelebihan Beriklan dengan Instagram Ads

Iklan Instagram Ads

Sumber: Pexels

 

Instagram memanfaatkan jaringannya untuk membangun wadah beriklan. Sebagai media sosial dengan pengguna jutaan, platform ini memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan pada bisnis untuk beriklan. Kelebihan beriklan dengan Instagram Ads.

Mengarahkan Traffic ke Website Bisnis

Instagram Ads memungkinkan bisnis menyertakan tautan yang dapat diklik sebagai bagian dari postingan yang dipromosikan. Tindakan ini membantu pengguna atau pelanggan untuk mengarah ke website bisnis, sehingga traffic ke website tersebut dapat meningkat.

Meningkatkan Visibilitas

Jutaan postingan di Instagram menjadi tantangan bagi brand untuk dapat terlihat. Instagram Ads, memungkinkan peningkatan visibilitas, dan tidak ‘tenggelam’ dari jutaan post tidak berbayar lainnya. Maka, penting untuk membuat postingan Instagram yang menarik, sehingga banyak orang yang ingin berinteraksi.

Membangun Brand Awareness

Ketika mempromosikan postingan sebagai iklan, ini akan muncul di feeds berita audiens target, tanpa terlihat terlalu mencolok atau mengganggu. Iklan yang tidak mengganggu ini dapat sangat meningkatkan brand awareness. 

Iklan Dapat Disesuaikan

Instagram Ads memungkinkan bisnis menentukan anggaran, audiens, dan durasi iklan sendiri. Saat membangun audiens, bisnis dapat menetapkan demografi seperti rentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat. Pengaturan mandiri ini akan menjangkau audiens yang ditargetkan tersebut. 

 

Format Iklan pada Instagram Ads

Ada banyak format yang disediakan Instagram Ads untuk beriklan. Berbagai pilihan format iklan bisa disesuaikan dengan tujuan maupun kebutuhan bisnis. Berikut format Iklan pada Instagram Ads.

Photo Ads

Photo Ads terdiri dari foto berkualitas tinggi dari suatu produk dalam format lanskap atau persegi. Tujuan utamanya untuk menarik perhatian pada produk atau layanan dengan gambar-gambar yang menarik. Photo Ads merupakan format iklan paling sederhana dalam hal kebutuhan aset visual.

Video Ads

Sejak Instagram dapat menampilkan video hingga 60 detik, format video untuk beriklan sangat populer dipilih bisnis. Video ini dapat ditampilkan di Stories atau di Feeds utama. Video Ads mampu menarik perhatian melalui gerakan saat diputar otomatis, bahkan ketika suara pengguna dimatikan.

Carousel Ads

Format Carousel Ads dapat menggunakan foto atau video untuk menampilkan informasi. Fitur Carousel Instagram memungkinkan bisnis memposting beberapa foto atau potongan video yang dapat dilihat pengguna dengan menggeser layar. 

Collection Ads

Collection Ads mirip dengan Carousel Ads dimana format iklan tersebut muncul sebagai reel gambar yang dapat digeser. Namun, dengan format iklan ini, bisnis dapat menautkan ke halaman produk yang berbeda dari setiap gambar. Collection Ads juga dapat menggunakan foto atau video.

Story Ads

Fitur Instagram Stories memungkinkan pengguna maupun brand untuk membagikan foto dan video, yang akan hilang sendiri dalam 24 jam. Fitur ini juga menjadi wadah untuk menerapkan Story Ads pada program Instagram Ads. 

Reels Ads

Reels Ads memiliki format video dan audio layar penuh vertikal, mirip dengan Story Ads. Iklan ini muncul di antara Reels pengguna dan berlangsung hingga 30 detik. Pengguna Instagram dapat menyukai, mengomentari, menyimpan, membagikan, melewati, dan menonton iklan tersebut.

Explore Ads

Explore Ads muncul di halaman Explore Instagram, yang dilihat oleh jutaan pengguna setiap hari. Explore sangat bagus untuk menampilkan produk, terutama dengan kasus penggunaan tertentu. Explore Ads terlihat seperti postingan lainnya, namun biasanya memiliki teks “Sponsored” di dalam postingan tersebut. 

 

Baca juga:

 

Berapa Biaya Beriklan pada Instagram Ads?

Harga beriklan Instagram Ads bervariasi berdasarkan model penetapan harga. Terdapat tiga model secara umum, yaitu biaya per klik atau cost-per-click (CPC), biaya per tampilan atau cost-per-impressions (CPM), dan biaya per interaksi atau cost-per-engagement (CPE).

CPC dapat bervariasi dari $0,20 hingga $2, atau Rp 3.000 hingga Rp 30.000 per klik. Sedangkan CPM biasanya sekitar $6,70 atau Rp 100.500 per 1.000 tayangan. Adapun CPE biasanya sekitar $0,01 hingga $0,05, atau Rp 165 hingga Rp 814 per interaksi.

 

4 Persiapan sebelum Beriklan pada Instagram Ads

Biaya Beriklan pada Instagram Ads

Sumber: Pexels

 

Sebuah iklan yang direncanakan secara matang, akan menghasilkan konten yang menarik. Sebelum masuk ke detail beriklan, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum beriklan di Instagram Ads

Mempersiapkan Akun Bisnis Instagram

Instagram memiliki dua jenis akun, yaitu pribadi dan profesional. Akun Instagram pribadi hanya dapat diikuti dengan permintaan. Akun profesional dibagi lagi menjadi akun bisnis dan akun kreator. Adapun akun bisnis mampu mengakses semua fitur dasbor profesional, seperti tombol "contact us”.

Membuat Facebook Page

Facebook dan Instagram merupakan bagian dari ekosistem yang sama, yaitu Meta. Bisnis perlu membuat halaman Facebook dan menghubungkannya ke akun Instagram untuk menggunakan Meta Ads Manager. Halaman yang terintegrasi ini mampu meningkatkan posting yang sudah ada.

Pilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran perlu diatur untuk membuat iklan melalui Facebook Ad Manager. Bisnis dapat menambahkan kartu atau mengisi rincian bank saat menjalankan iklan, atau dapat melakukannya secara proaktif melalui "Billing and Payments" di Facebook Ad Manager.

Konten yang Baik

Instagram Ads dapat muncul saat pengguna menggulir feed, explore page, dan story. Karena fitur-fitur ini memiliki fungsi yang berbeda, jenis teks dan konten perlu disesuaikan. Lakukan eksperimen dengan mengubah beberapa elemen iklan dan lihat mana yang lebih disukai pelanggan.

 

Jangkau Customer dengan Instagram Ads Bersama Startner

Strategi pemasaran digital begitu populer diterapkan oleh bisnis di era digitalisasi ini. Model pemasaran menggunakan media sosial dinilai efektif dalam menjangkau audiens yang lebih besar. Seperti memanfaatkan platform dengan jutaan pengguna yaitu Instagram Ads maupun Facebook Ads. 

Jasa konsultasi bisnis online, Startner, akan membantu kamu menjalankan strategi pemasaran ini. Startner mampu memaksimalkan kampanye iklan, menarik pelanggan baru, hingga meningkatkan penjualan. Jadi, tunggu apalagi? Jangkau pelanggan lebih banyak dengan Instagram Ads bersama Startner!