#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Ide konten ramadhan di media sosial

Bulan Ramadhan adalah momentum yang perlu dimanfaatkan oleh bisnis untuk melakukan aktivitas pemasaran. Bulan ini sangat berpotensi meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan bisnis. Di era digital, media sosial berpengaruh besar dalam aktivitas bisnis. 

Media sosial merupakan platform yang akan membantu kamu dalam meningkatkan engagement, hingga menghasilkan penjualan. Namun, hal itu bisa kamu raih jika bisnismu memiliki konten menarik. Di bawah ini, terdapat 15 ide konten Ramadhan yang berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis. Simak sampai habis, ya!

 

Benefit Membuat Konten Ramadhan di Media Sosial

Membuat konten Ramadhan di media sosial dapat memberikan manfaat bagi bisnis. Konten Ramadhan dapat membantu bisnis kamu terhubung dengan audiens target yang aktif di media sosial. Menurut penelitian, terjadi peningkatan sebesar 10%-15% pada traffic media sosial selama Ramadhan. 

Maka, jika bisnis membuat suatu konten Ramadhan, konten ini memiliki potensi untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Konten yang relevan juga memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat engagement di media sosial.

Konten Ramadhan akan membantu membangun brand awareness yang lebih kuat, terutama jika konten tersebut terkait dengan nilai-nilai Ramadhan dan cerita yang memotivasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand identity kamu di mata konsumen. 

Selain itu, jika kamu membuat konten Ramadhan yang berisi promo khusus atau penawaran spesial, hal ini dapat meningkatkan minat dan partisipasi audiens. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan visibilitas akun dan mendapatkan pertumbuhan follower yang signifikan.

 

15 Ide Konten Ramadhan di Media Sosial

Benefit Konten Ramadhan di Media Sosial

Sumber: Pexels

 

Nah, agar bisnis kamu merasakan sejumlah manfaat tersebut, kamu perlu mengetahui serta mempelajari apa saja ide konten Ramadhan yang populer dan disukai audiens. Berikut berbagai ide konten Ramadhan di media sosial yang bisa kamu coba.

Ucapan Menyambut Ramadhan

Konten ucapan menyambut Ramadhan menciptakan sentimen keagamaan yang diapresiasi oleh banyak orang. Banyak orang yang senang mendapatkan dorongan semangat dan pesan positif dari konten ini. Kamu dapat membuat konten ucapan berbentuk desain grafis, foto, atau video yang dibagikan di media sosial. 

Ucapan dari tim atau pemimpin perusahaan menunjukkan kepedulian terhadap nilai-nilai keagamaan dan budaya. Sesuaikan juga konten dengan bahasa lokal atau bahasa kekinian. Ucapan dalam bahasa yang digunakan oleh mayoritas audiens, dapat membuat pesan lebih terasa dekat dan bersahabat.

Tradisi saat Ramadhan

Ide konten Ramadhan berikutnya berkaitan dengan tradisi di bulan suci. Misalnya, kamu bisa bagikan cerita mengenai tradisi menyambut Ramadhan maupun Hari Raya di daerah tertentu, seperti upacara keagamaan.

Di sisi lain, kegiatan amal yang juga menjadi tradisi Ramadhan, dapat meningkatkan citra positif bisnismu. Bagikan informasi tentang program donasi atau aksi sosial yang dapat dilakukan selama Ramadhan. Buatlah juga challenge berbagi rezeki. Konten ini akan meningkatkan engagement bisnis kamu. 

Produktivitas saat Ramadhan

Konten Ramadhan mengenai produktivitas banyak dicari. Bagikan jadwal harian yang efektif di bulan Ramadhan, seperti waktu bangun sahur, waktu bekerja atau belajar, waktu beribadah, dan waktu beristirahat. Sertakan tips untuk mengoptimalkan setiap periode waktu.

Di sisi lain, buat konten ide kegiatan selama waktu luang, seperti membaca buku keagamaan, mendengarkan ceramah, atau berpartisipasi dalam kegiatan amal. Konten ini dapat kamu sisipkan promosi yang relevan dengan produk yang kamu jual misalnya buku keagamaan atau alat ibadah. 

OOTD Ramadhan

Fashion di bulan Ramadhan merupakan konten menarik. Salah satunya membagikan gaya berpakaian atau Outfit Of The Day (OOTD). Biasanya, konten ini berkaitan dengan tips padu padan pakaian untuk hadir di bukber, maupun style fashion saat Hari Raya Idul Fitri. 

Usahakan OOTD menggunakan style fashion terkini untuk meningkatkan ketertarikan audiens terhadap kontenmu. Konten Ramadhan OOTD sangat berguna bagi kamu yang punya bisnis apparel maupun aksesoris. Apalagi, saat kamu mengeluarkan koleksi pakaian khusus bulan Ramadhan. 

Menu Iftar 

Konten Ramadhan mengenai menu Iftar banyak diminati. Banyak orang yang merasa bingung atau bosan dengan menu hidangan setiap harinya selama bulan Ramadhan. Maka, kamu bisa coba membuat konten resep dan tutorial memasak hidangan khas Ramadhan. 

Buat video singkat, serangkaian gambar, atau live cooking untuk membimbing follower melakukan prosesnya. Menu Iftar yang kamu bagikan bisa terdiri dari menu tradisional, internasional, menu sehat, vegan, dan makanan ringan. Konten Ramadhan ini cocok untuk kamu yang punya bisnis makanan atau catering. 

Berburu Kuliner/Street Food untuk Berbuka

Selanjutnya, kamu bisa mencoba konten Ramadhan yang lebih challenging di media sosial, seperti berburu kuliner atau takjil untuk berbuka. Ramadhan identik dengan aktivitas ngabuburit yang bisa kamu dokumentasikan. Bisa dalam bentuk vlog maupun short TikTok, YouTube, maupun reels pada Instagram. 

Selain itu, konten review makanan berbuka dan review tempat-tempat berbuka puasa tersembunyi atau hidden gem Ramadhan, menjadi konten rekomendasi yang inspiratif. Jika kamu punya bisnis street food maupun restoran, konten ini berpotensi meningkatkan engagement yang signifikan. 

BTS Sahur

Momen waktu sahur dan persiapannya menjadi konten Ramadhan menarik yang harus kamu coba. Bagikan vlog, review makanan sahur, tips makanan sahur sehat, hingga rekomendasi tempat sahur populer. 

Konten sahur dapat digunakan sebagai platform untuk mempromosikan produk atau layanan yang berkaitan dengan sahur. Misalnya, bisnis makanan dapat mempromosikan menu sahur spesial, atau penjual produk kesehatan dapat menawarkan tips sehat untuk sahur.

Kuis Interaktif

Kuis interaktif merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan interaksi dan engagement. Kuis yang menarik dan bermanfaat dapat membantu membangun brand awareness, hingga citra positif bisnis. Manfaatkan konten kuis untuk menyisipkan informasi tentang produk atau layanan kamu.

Buatlah soal-soal kuis yang mengandung nilai-nilai keagamaan maupun tradisi saat Ramadhan. Masukkan pula relevansinya dengan brand kamu. Bisa dalam bentuk brand mention atau produkmu dijadikan hadiah bagi pemenang kuis, maupun memberikan voucher belanja.  

Keseruan Buka Bersama

Konten Ramadhan berisi momen buka bersama (bukber) merupakan konten paling umum yang ditemukan di media sosial. Konten ini bisa menjadi aktivitas pemasaran yang menciptakan dorongan belanja. Bahkan, konten bukber berpeluang untuk partnership dan kolaborasi dengan bisnis lain. 

Kerjasama dengan restoran atau penyedia layanan bukber dapat memperluas jangkauan dan menawarkan pengalaman yang lebih beragam kepada pelanggan. Selain itu, bisnis berpotensi kerjasama dengan layanan zakat yang mendukung acara sosial. Hal ini dapat meningkatkan persepsi positif terhadap bisnis kamu.

Ngabuburit

15 Ide Konten Ramadhan hingga Menjelang Lebaran

Sumber: Pexels

 

Ngabuburit biasanya dimulai dari pukul 4 sore hingga menuju waktu berbuka. Selain berburu makanan untuk berbuka, aktivitas ngabuburit bisa digunakan untuk hal lainnya. Misalnya, kamu bagikan konten mengenai aktivitas belanja online di waktu ngabuburit. 

Dengan ini, kamu bisa menggunakan website bisnis sebagai objek promosi. Asah kreativitas saat membuat ide konten Ramadhan dengan mengajak Influencer atau pelanggan untuk memberikan review produk Iftar dari bisnis kamu. Ajak mereka untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan produk tersebut.

Jokes atau Meme Ramadhan

Konten Ramadhan yang bersifat jokes memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat engagement. Jokes atau meme yang relevan juga berpotensi menjadi viral di media sosial. Menggunakan konten ini dapat menunjukkan sisi kreatif serta humoris, sehingga bisnis tidak terlihat kaku dan lebih bersahabat.

Jokes atau meme bisa kamu kaitkan dengan promosi produk untuk mendorong orang mengunjungi website bisnis kamu. Contoh jokes sepert: “Cuma di siang hari bolong saat bulan Ramadhan, warteg terlihat seperti restoran bintang lima!" Adapun, gunakanlah humor secara bijak untuk membangun koneksi positif dengan audiens. 

Tips Menjaga Produktivitas

Konten Ramadhan yang inspiratif dan informatif banyak mendapatkan perhatian, karena banyak orang yang membutuhkan guidance dalam menjalankan aktivitas saat Ramadhan. Konten yang memberikan solusi praktis seperti ini juga dapat dianggap sebagai nilai tambah.

Kamu bisa bagikan tips mengenai gaya kerja saat Ramadhan. Bentuk aktivitasnya bisa kamu susun secara rinci seperti timeline, yang terdiri dari aktivitas serta jamnya. Sertakan juga solusi yang menjadi masalah banyak orang, misalnya tips bangun sahur agar tetap berenergi selama bekerja. 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Konten Ramadhan selanjutnya juga diminati, yakni tips menjaga daya tahan tubuh. Jika bisnismu terkait dengan makanan sehat, suplemen, atau gaya hidup sehat, konten ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kamu bisa membuat tips daya tahan tubuh dalam bentuk infografis. 

Setelah itu, cobalah untuk mengadakan hydration challenge, yaitu tantangan minum air yang cukup saat berpuasa. Ada pula konten tentang nutrition fact menu berbuka puasa dan sahur yang juga sangat informatif bagi audiens, khususnya yang sedang menjalankan diet. 

Rekomendasi Hiburan selama Ramadhan

Konten rekomendasi hiburan selalu menjadi konten Ramadhan yang menarik perhatian audiens. Walau berpuasa, hiburan selalu menjadi aktivitas yang dicari. Kamu bisa membuat rekomendasi berupa video maupun kumpulan foto. 

Rekomendasi dapat berisi rekomendasi film atau serial Ramadhan yang bisa ditonton saat ngabuburit, rekomendasi playlist musik religi, buku bacaan agama, maupun podcast islami. Ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan kamu yang relevan dengan dunia hiburan.

30 Days Challenge

Konten Ramadhan 30 days challenge akan memotivasi audiens untuk terlibat secara aktif setiap hari, menciptakan koneksi yang lebih kuat antara bisnis dan follower. 30 days challenge dapat mencakup interaksi seperti komentar, like, atau pembagian konten. Challenge ini dapat kamu buat sesuai bisnismu. 

Contohnya, 30 Days Healthy Suhoor Challenge untuk kamu yang punya bisnis makanan. 30 Days Ramadhan Self-Care Challenge, untuk bisnis skincare, 30 Days Fitness Challenge untuk produk sportswear dan suplemen. 30 Days Acts of Kindness Challenge untuk produk dan layanan apapun. 

 

Makin Engage dengan Audiens di Momen Ramadhan Bersama Startner

Membuat konten Ramadhan di media sosial merupakan cara yang efektif dan menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan engagement dengan audiens. Oleh karena itu, kamu harus merancang konten Ramadhan untuk bisnismu dari sekarang, khususnya melalui media sosial. 

Jadi, maksimalkan engagement di media sosial selama bulan Ramadhan bersama Startner! Tim Startner akan membantu kamu merancang serta mengunggah konten Ramadhan melalui platform Instagram dan TikTok. Startner juga akan menyusun feeds dengan caption yang menarik demi meningkatkan kunjungan hingga penjualan. 

Menarik, bukan, tawaran ini? Jadi, tunggu apalagi? Segera tingkatkan engagement dengan Starter sekarang!