#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Alasan Pentingnya Blog bagi Bisnis adalah

Platform penulisan seperti blog sangat populer di era digital ini. Blog tidak hanya digunakan untuk jurnal pribadi saja, namun juga berguna bagi bisnis. Saat ini, ada lebih dari 600 juta blog secara global, baik yang bersifat bisnis maupun pribadi. Banyak bisnis melakukan aktivitas pemasaran dan branding dengan membangun blog. 

Bahkan, blog menjadi platform favorit untuk bisnis karena jangkauan audiensnya luas. Selain itu, banyak platform blog terbaik bisa digunakan secara gratis. Ketahui pengertian blog lebih dalam dan pentingnya blog bagi bisnis di bawah ini!

 

Apa itu Blog?

Blog (singkatan dari weblog) adalah jurnal online yang dikelola oleh individu, kelompok, atau perusahaan yang menyajikan konten (blog post) yang secara teratur diperbarui tentang suatu topik. Blog menyajikan informasi secara urut dan ditulis dalam gaya yang informal.

Dari hanya sebuah jurnal online, saat ini, blog telah berkembang menjadi forum bagi individu dan bisnis untuk berbagi informasi serta pembaruan. Bahkan, banyak orang bahkan menghasilkan uang dari menulis blog sebagai Full-time Blogger profesional.

Semakin banyaknya sumber bacaan yang beralih ke ranah online, blog menjadi posisi sentral dalam dunia konten digital. Blog merupakan sumber pengetahuan, pendapat, dan saran konkret. Banyak orang yang juga mencari blog terpercaya untuk menemukan jawaban atau untuk belajar cara melakukan sesuatu.

 

Perbedaan Blog, Website, dan Artikel

Banyak diantara kamu yang mungkin masih bingung dengan istilah blog, website, dan artikel. Sebagai pebisnis, kamu perlu mulai menyesuaikan diri dengan berbagai macam platform. 

Berbagai platform ini mungkin akan membantu kamu meningkatkan brand awareness, bahkan penjualan. Jadi, simak perbedaannya di bawah ini. 

Gaya Penulisan

Blog cenderung menggunakan gaya penulisan informal, santai, dan bersifat percakapan. Seorang Blogger seringkali menulis dirinya sebagai kata pengganti orang pertama seperti “saya” atau “kami”. Ini merepresentasikan bahwa blog bersifat casual, seolah-olah penulis sedang berbicara dengan seorang teman.

Sementara itu, website dibangun untuk menjelaskan asal-usul dan penawaran sebuah brand/perusahaan. Maka, tulisannya bersifat teks, formal, dan profesional. Ini karena bisnis merupakan entitas yang serius, dengan tim berpengalaman dengan tujuan membantu pelanggan.

Sedangkan artikel yaitu tulisan formal yang memiliki struktur tulisan awal, tengah, dan akhir. Artikel seringkali mencakup pemikiran atau ringkasan yang mendalam. Gaya penulisannya lebih komprehensif, ditujukan untuk topik kompleks. Artikel juga tidak mengandung opini pribadi karena disampaikan untuk publik. 

Audiens dan Komentar

Blog ditujukan untuk pembaca yang ingin cepat mendapatkan wawasan atau informasi. Blog memfasilitasi pembaca berinteraksi seperti meninggalkan komentar atau feedback untuk penulis. Hal ini menyatakan bahwa blog dapat dengan mudah membangun kedekatan serta komunitas. 

Adapun website bersifat statis. Tidak ada ruang bagi pengunjung untuk meninggalkan komentar. Biasanya sebuah website bisnis akan mencantumkan kontak untuk pengunjung mengajukan pertanyaan. Selain itu, banyak website yang sudah dilengkapi chatbot guna menjawab pertanyaan pengunjung secara cepat.  

Di samping itu, artikel ditujukan untuk audiens yang lebih berdedikasi dan bersedia menginvestasikan waktu untuk menjelajahi informasi yang komprehensif sekaligus merinci setiap topik. Jadi, biasanya artikel tidak menyediakan kolom bagi pembaca untuk berkomentar. 

Format

Format dari blog meliputi serangkaian posting yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik. Blog juga memiliki kolom komentar yang menciptakan interaksi antara penulis dan pembaca. Selain itu adapula kategori dan tag. Artinya, postingan blog dapat dikelompokkan ke dalam kategori tertentu.

Website umumnya memiliki halaman statis yang menyajikan informasi tetap. Website juga mempunyai menu navigasi yang terorganisir dengan baik untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari. Desainnya juga lebih terstruktur, yang memiliki presentasi visual menarik. 

Di sisi lain, artikel memiliki judul dan subjudul. Judul pada artikel dibuat lebih mencolok. Paragraf dan struktur teks terorganisir dengan baik. Artikel biasanya memiliki sumber atau referensi, yang mendukung informasi yang disajikan.

 

Alasan Pentingnya Blog bagi Bisnis

Sumber: Pexels

 

Walaupun pada awalnya blog ditujukan untuk kepemilikan pribadi, saat ini blog juga dibutuhkan untuk bisnis. Bagi bisnis, blog sangat penting untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan konversi. Dari sini, pengunjung tidak hanya membaca, namun berpotensi sebagai calon pelanggan. 

Blogging sudah pasti dapat membantu meningkatkan website traffic dengan meningkatkan peringkat di search engine. Konten blog biasanya berisi hyperlink. Pada bisnis, hyperlink ditautkan ke sumber yang kredibel, contohnya produsen produk yang dijual. Hal ini memupuk rasa kepercayaan para pelanggan.

Pentingnya blog bagi bisnis lainnya yaitu adanya kesempatan untuk memberikan wawasan kepada pelanggan tentang suatu bisnis. Blogging merupakan bentuk pemasaran di mana kamu bisa membicarakan bisnismu sepuas hati. Ini akan membentuk rasa akrab kepada para pelanggan. 

 

5 Hal yang Terdapat pada Blog

Sebuah blog terdiri dari serangkaian posting. Meskipun tampilan blog dapat bervariasi berikut beberapa elemen umum yang biasa ditemui dalam sebuah blog.

Header

Bagian atas sebuah blog biasanya berisi judul atau logo, bersama dengan menu navigasi yang membantu pengunjung menjelajahi berbagai bagian atau kategori. Header merupakan area yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat mengunjungi blog.

Content Body

Content body yaitu tempat konten dari posting blog ditampilkan. Setiap posting biasanya mencakup judul, nama penulis, tanggal publikasi, dan konten utama. Konten utama ini biasanya mencakup teks, gambar, video, atau multimedia lainnya.

Sidebar

Sebuah blog mungkin memiliki sidebar di satu atau kedua sisi area konten utama. Sidebar sering berisi informasi atau fitur tambahan seperti kotak pencarian, posting terbaru, posting populer, kategori, tag, tautan media sosial, about, dan iklan.

Komentar

Blog memungkinkan pembaca meninggalkan komentar pada sebuah posting. Bagian komentar muncul di bawah konten utama setiap posting. Ini mengarahkan pembaca berkomentar setelah membaca konten utama. 

Footer

Bagian bawah blog berisi informasi hak cipta, privacy policy and terms of service, additional navigation links, dan widget seperti formulir berlangganan atau ikon media sosial. Footer memberikan pembaca akses cepat ke informasi tambahan.

 

Platform Blog Alternatif yang Bisa Digunakan

Ada berbagai platform yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola blog. Simak platform alternatif yang banyak digunakan, khususnya untuk bisnis.

Medium

Medium merupakan platform blog yang fokus pada konten berkualitas tinggi. Bisnis dapat dengan mudah membuat dan mempublikasikan artikel. Medium juga memiliki fitur jaringan sosial yang memungkinkan pembaca mengikuti penulis dan topik tertentu. 

Blog baru mudah mendapatkan exposure dan kredibilitas yang biasanya memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dibangun. Struktur pendapatan dari Medium berasal dari keanggotaan dan konten berlangganan. Namun, Medium tidak menawarkan opsi kustomisasi visual yang substansial. 

Blogger

Blogger dimiliki oleh Google. Platform ini mudah digunakan dan cocok untuk pemula yang ingin membuat konten bisnisnya. Blogger menyediakan hosting gratis, tetapi opsi kustomisasi terbatas dibandingkan dengan platform lain.

Interface Blogger sangat intuitif, template yang mudah disesuaikan, dan integrasi dengan rangkaian produk Google. Karena bagian dari ekosistem Google, Blogger memiliki fitur keamanan dan perlindungan data yang kuat, yang dapat diandalkan oleh bisnis. 

Weebly

Weebly merupakan platform website builder yang menyediakan blog tools. Weebly menjadi opsi yang baik untuk pemula yang ingin membuat blog dan situs web dengan mudah. Khususnya untuk bisnis, para pengusaha dapat membangun website yang disukai pelanggan untuk dikunjungi dan berbelanja. 

Weebly memudahkan pembuatan website profesional tanpa coding, yang juga dioptimalkan untuk perangkat seluler. Weebly dapat mengembangkan bisnis dengan pemasaran terintegrasi dan analitik tingkat lanjut.

Ghost

Ghost yaitu platform blog open-source yang dirancang khusus untuk kecepatan dan kesederhanaan. Sama halnya dengan Medium, Ghost memungkinkan pengguna platform ini menerapkan pembatasan akses untuk konten premium dan membuat berbagai tingkatan berlangganan.

Ghost memberdayakan para penggunanya untuk membentuk aliran pendapatan yang dapat diandalkan dan dapat diprediksi. Perubahan strategi ini membantu pengguna menghindari ketidakpastian algoritma media sosial dan memberikan stabilitas keuangan yang lebih besar.

 

Siap Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Salah satu cara untuk mensukseskan bisnis di era digital ini yaitu membuat bisnis go digital. Mengintegrasikan bisnis dengan platform digital seperti blog, website dan media sosial telah menjadi keharusan untuk meningkatkan online presence.

Nah, hal ini bisa terwujud dengan mudah dan tanpa ragu bersama Startner. Starner akan membantu mengelola website hingga blog, juga company profile secara profesional. Dengan konsultasi di Startner, performa bisnis akan lebih cepat berkembang. Jadi, percayakan bisnismu bersama Startner!