Startner

Dalam era digital yang penuh dengan konten, short video telah menjadi salah satu bentuk media yang paling populer dan efektif. Tetapi, seberapa dalam pengetahuanmu tentang kegunaan short video? 

Sebagai pemilik bisnis atau Digital Marketer, memahami potensi short video dan memilih platform yang sesuai dengan tujuan bisnis dapat membuka peluang baru dan menghasilkan hasil yang positif. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tuntas mengenai short video. Langsung mulai!

 

Apa itu Short Video?

Short video atau video pendek, sebagaimana namanya, adalah video yang hanya memiliki durasi singkat. Biasanya, short video memiliki durasi antara 15 hingga 60 detik, tergantung pada platform yang digunakan. 

 

Kenapa Short Video Penting?

Short video telah menjadi fenomena dalam dunia digital. Ini tidak terlepas dari beberapa alasan atau tujuan short video, khususnya dalam konteks media sosial atau marketing digital. Beberapa di antaranya.

Mendapatkan Perhatian Penuh

Dengan durasi singkat yang dimiliki memudahkan kamu dalam memberikan konten yang sesuai dengan behaviour audiens saat ini. Itu juga sejalan dengan, realita saat ini, yang mana kebanyakan pengguna media sosial lebih suka konten yang dapat dikonsumsi dengan cepat.

Short video benar-benar memberikan solusi tersebut dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi atau hiburan dalam waktu singkat.

Tingkat Engagement yang Tinggi

Short video memberikan kepuasan instan kepada pengguna platform yang menemukan konten kamu. Audiens akan mudah menangkap esensi pesan atau inti cerita dalam beberapa detik dan langsung dapat merasakan manfaat atau hiburannya.

Engagement audiens juga cenderung tinggi karena video pendek sering kali bersifat interaktif. Selain itu, mudah dibagikan, memungkinkan konten tersebar dengan cepat di berbagai platform.

Cocok untuk Generasi Y dan Z

Generasi Y dan Z, yang merupakan mayoritas pengguna media sosial, cenderung lebih memilih konten yang singkat dan langsung, bukan malah sebaliknya. Short video sangat sesuai dengan preferensi konsumsi konten dari kedua generasi tersebut.

Selain itu, generasi yang termasuk golongan muda juga lebih cenderung mencari konten yang kreatif, unik, dan menyegarkan. Short video memberikan platform yang ideal untuk mengekspresikan itu semua secara kreatif dalam waktu yang singkat.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Dalam strategi pemasaran digital, video pendek memberikan cara yang efektif untuk menyampaikan brand message atau produk tanpa mengharuskan audiens untuk menggunakan waktu yang lama.

Sejalan dengan itu, para Marketer juga dapat dengan cepat mengukur dan menilai keberhasilan campaign-nya berdasarkan jumlah tayangan, like, share, dan interaksi lainnya pada konten video pendek.

Menciptakan Brand Image yang Cepat

Short video memungkinkan brand untuk menciptakan dan memperkuat identitasnya dalam waktu singkat. Gaya visual, warna, dan pesan dapat dengan cepat meresap ke dalam ingatan pengguna.

Melalui short video juga, brand dapat dengan konsisten menyajikan pesan dan value, serta membantu membangun hubungan emosional dengan audiens.

Cocok untuk Berbagai Jenis Konten

Meskipun durasinya tidak panjang, short video dapat mencakup berbagai jenis konten, termasuk tutorial, unboxing produk, komedi, tantangan, dan lainnya. Fleksibilitas ini memungkinkan brand untuk bereksperimen dengan berbagai gaya dan pendekatan.

Video pendek juga dapat digunakan untuk menyajikan konten edukasi dalam format yang mudah dicerna. Ini memungkinkan terjadinya penyampaian informasi yang cepat dan efektif.

Memanfaatkan Kreativitas Visual

Short video memberikan dorongan kreativitas visual, melalui efek, animasi, dan gaya editing yang menarik untuk menciptakan konten yang eye-catching. 

 

Baca juga:

 

3 Platform Short Video Terbaik

Dengan memahami kelebihan masing-masing platform terlebih dahulu, kamu akan dengan mudah membuat strategi konten yang efektif untuk mencapai tujuan brand. 

TikTok

TikTok telah menjadi fenomena global, khususnya di kalangan generasi muda. Dengan durasi yang pendek, algoritma yang cerdas, dan berbagai fitur kreatif, TikTok merupakan tempat ideal untuk menjangkau audiens yang besar dan beragam melalui short video.

Beberapa kelebihan akan kamu temukan pada TikTok sebagai platform video pendek. Pertama, mesin algoritma terkait rekomendasi cukup kuat. Kedua, keaktifan pengguna yang sangat luas. Dan ketiga, pusat tren. 

Instagram

Instagram Reels merupakan platform short video yang terintegrasi pada aplikasi Instagram. Dengan basis pengguna yang besar, Reels memberikan akses langsung ke audiens di Instagram.

Kelebihan lainnya, mulai dari tingginya engagement, hingga tidak hanya cocok membagikan konten hiburan. 

YouTube

YouTube Shorts merupakan bukti nyata dari adanya respons yang muncul terhadap tren short video. Bagaimana tidak, sebenarnya pengguna Youtube bisa dengan bebas untuk membagikan konten dengan beragam durasi. 

Dengan basis pengguna YouTube yang besar dan kemampuan untuk menghasilkan penghasilan melalui monetisasi. YouTube Shorts juga menawarkan potensi besar untuk meningkatkan visibilitas konten dengan fitur analitik yang lengkap untuk semakin memahami audiens.

 

Konsultasikan Strategi Marketing untuk Bisnis Bersama Startner!

So, short video merupakan salah satu jenis konten terbaik dalam konteks media sosial atau pemasaran digital. Short video menjadi alat yang sangat efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan audiens, hingga kemungkinan pemasaran yang tak terbatas. 

Tertarik untuk mulai membuat short video pada media sosial brand kamu, tapi bingung bagaimana caranya? Konsultasikan keinginan kamu sekarang bersama Startner dan bersiaplah untuk go-digital tanpa keraguan!