Public Relations (PR) termasuk dalam strategi pemasaran yang populer. Bahkan, menurut studi Nielsen pada tahun 2014, PR 90% lebih efektif daripada periklanan dalam mempengaruhi konsumen. Salah satu aktivitas PR yang cukup populer di era media sosial ini yaitu PR Package.
PR Package merupakan strategi yang digunakan oleh brand untuk memperkenalkan produk, serta meningkatkan brand awareness. PR Package biasanya berisi berbagai macam barang atau sampel produk yang dikirimkan kepada Influencer, Jurnalis, atau individu terpilih sebagai bagian dari kampanye pemasaran.
Dalam artikel ini, kita akan mempelajari pengertian, tujuan, pentingnya, dan manfaat dari penggunaan PR Package dalam strategi pemasaran. Simak sampai habis, ya!
Apa yang Dimaksud dengan PR Package?
Sebuah PR Package adalah kumpulan produk dari suatu brand yang telah dipilih dan dipersonalisasi. Akronim ‘PR’ dalam PR Package yaitu Public Relations. Artinya, PR Package termasuk dalam salah satu aktivitas PR. PR Package juga disebut dengan PR Box, PR Kit, atau Influencer Box.
Paket ini lalu dikirimkan kepada para tokoh yang sudah ditentukan berdasarkan requirements oleh brand, dan dimasukkan ke dalam PR list. Tokoh dalam list ini ditargetkan untuk mempromosikan produk. PR list biasanya mencakup kalangan tokoh terkenal seperti Influencer, Blogger, dan Selebriti. Namun, PR list juga bisa memasukkan Jurnalis ke dalamnya.
PR Package yang ditujukan kepada tokoh berpengaruh, artinya para tokoh ini diharapkan membagikan informasi mengenai produk tersebut kepada followers-nya. Bentuknya dapat berupa postingan di media sosial seperti unboxing video atau ulasan produk.
Sedangkan, jika PR Package dikirimkan untuk Jurnalis, artinya jurnalis lah yang akan memberikan review atau memberikan informasi mengenai brand tersebut melalui medianya masing-masing. Informasi lalu di publish di berbagai saluran media termasuk online, cetak, maupun elektronik.
Dengan kata lain, PR Package merupakan tools dalam rangka kerja sama antara brand dengan tokoh berpengaruh. Jika kerja sama ini berbayar, Influencer memiliki kewajiban untuk membuat konten, dengan brief yang sudah diberikan sebelumnya.
Jika tidak berbayar, konten dapat dibuat kapanpun dan biasanya ulasan akan lebih jujur. Berbayar atau tidak, brand akan tetap dapat exposure karena pengaruh dari tokoh terkenal tersebut.
Kenapa PR Package Penting?
PR Package telah menjadi populer karena perkembangan dunia marketing dan tren kolaborasi brand di media konvensional maupun media sosial. Sebuah brand memastikan bahwa timnya dapat menjangkau tokoh terkenal tertentu yang menciptakan konten di industrinya.
Dari sinilah terlihat pentingnya PR Package, yaitu brand dapat menghasilkan jumlah penjualan tinggi dari kerja samanya dengan Influencer yang memiliki banyak pengikut. Ini juga berlaku pada media yang juga memiliki pengunjung atau penonton yang banyak.
Dengan memiliki jumlah pengikut tinggi maupun penonton yang banyak, artinya brand akan mendapatkan prospek penjualan potensial dari sana.
Aktivitas PR ini dapat dikatakan sebagai strategi yang win-win solution. Dengan PR Package, brand dapat meningkatkan penjualan dan menggapai calon pelanggan baru. Sementara Influencer mendapatkan kepercayaan, eksklusifitas, serta pengikut baru.
Tujuan PR Package
Tidak dirahasiakan lagi bahwa penggunaan Influencer, Selebriti, dan tokoh berpengaruh lain untuk mempromosikan suatu brand atau produk, telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Khususnya, ketika pemakaian media sosial tinggi.
Tujuan brand mengirimkan PR Package yaitu agar tokoh berpengaruh tersebut memberikan ulasan yang jujur tentang suatu brand atau produk. Dengan PR Package, brand akan menghasilkan dampak positif seperti exposure organik, brand awareness, brand visibility hingga mencapai transaksi penjualan.
5 Benefit Menjalankan PR Package
Sumber: Pexels
PR Package telah menjadi salah satu strategi pemasaran modern. Terutama di era meningkatnya influencer marketing dan media digital. Berikut beberapa benefit menjalankan PR Package.
Meningkatkan Exposure Brand
PR Package membantu meningkatkan brand exposure dengan memanfaatkan berbagai saluran media, termasuk media online, cetak, dan sosial. Saat Influencer membagikan informasi mengenai brand, jumlah pengikutnya yang besar akan memperhatikan konten tersebut. Hal ini menghasilkan exposure yang signifikan bagi brand.
Promosi Produk dan Ulasan
Dengan menerima PR Package, para tokoh berpengaruh ini dapat mengulas dan mempromosikan produk kepada audiensnya, memberikan umpan balik serta rekomendasi. Ulasan positif ini dapat secara signifikan mempengaruhi persepsi mengenai brand.
Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Influencer seringkali berperan sebagai pengatur tren, membentuk preferensi dan pilihan konsumen. Ketika Influencer mendukung atau mempromosikan produk yang diterima dalam PR Package, pengikutnya lebih cenderung mempercayai penilaiannya dan mempertimbangkan untuk membeli produk yang sama.
Memperkuat Hubungan dengan Media
PR Package juga dapat menjadi alat efektif dalam memperkuat hubungan dengan media dan memperoleh liputan pers yang berharga. Dengan membangun kemitraan yang kuat dengan Jurnalis dan redaksi, brand dapat mendapatkan exposure media yang lebih besar, sehingga meningkatkan visibilitas serta pengaruh dalam pasar.
Kolaborasi dan Kemitraan dengan Influencer
Strategi ini juga berperan sebagai penghubung untuk kolaborasi dan partnership antara Influencer dengan brand. Jika seorang Influencer benar-benar menikmati produk dan berbagi feedback positif, hal itu dapat membuka peluang kolaborasi, seperti menjadi Brand Ambassador.
Baca juga:
Tantangan Menjalankan PR Package
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, tantangan PR Package bagi sebuah brand semakin kompleks. Salah satunya yaitu menjaga relevansi hingga keterlibatan dengan audiens yang semakin cerdas dan kritis. Brand harus mampu menyampaikan pesan secara efektif melalui PR Package agar tetap menarik perhatian dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
Brand perlu memastikan bahwa strategi ini dapat menciptakan pengalaman yang berkesan dan membedakan diri dari pesaing. Selain itu, brand juga harus memperhitungkan aspek lingkungan dan sosial dalam menyusun PR Package agar dapat memenuhi tuntutan konsumen yang semakin peduli terhadap isu-isu ini.
Dengan menghadapi tantangan-tantangan ini secara proaktif, sebuah brand dapat mengoptimalkan efektivitas PR Package untuk memperkuat citra merek dan mencapai kesuksesan jangka panjang.
Kapan Waktu yang Tepat Menjalankan PR Package?
Mengirim PR Package tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat waktu-waktu khusus untuk brand mengirimkan paket eksklusif ini. Semua waktu sudah diperhitungkan sesuai dengan tujuan brand. Berikut waktu yang tepat menjalankan PR Package.
Peluncuran Produk
Biasanya, saat ingin melakukan product launching, brand akan mengirimkan PR Package pada Influencer. Tujuannya untuk memberikan petunjuk kepada pelanggan mengenai produk baru dan membuat rasa penasaran. Hal ini dapat meningkatkan awareness produk baru hingga meningkatkan penjualan di awal.
Seasonal Campaign
Brand seringkali memanfaatkan momen untuk meluncurkan suatu kampanye. Contohnya momen hari raya atau momen khusus seperti Valentine. Biasanya, produk atau kemasan akan didesain sedemikian rupa sesuai dengan hari perayaan. Kemudian, para Influencer membuat konten unboxing di media sosialnya.
Kolaborasi dan Kemitraan
Strategi ini juga ditujukan sebagai bentuk pengumuman kolaborasi baru antara Influencer dengan brand. Kolaborasi biasanya ditandai dengan pembuatan produk bersama. Para pelanggan setia cenderung tidak akan melewatkan produk kolaborasi eksklusif ini.
Special Events
PR Package dikirimkan juga dalam bentuk undangan ke acara spesial. Misalnya, acara amal yang didukung oleh brand. Dengan begitu, brand dapat memperkuat hubungan dengan Influencer. Artinya, ini tidak hanya sebagai alat promosi, tetapi juga untuk membangun keterlibatan dengan khalayak dan memperkuat citra merek secara keseluruhan.
Perayaan Anniversary Brand
Momen perayaan hari jadi sebuah brand menjadi salah satu momen brand mengirimkan PR Package. Biasanya berisi produk limited edition edisi anniversary, memorabilia perjalanan brand, atau ucapan terima kasih. Hal ini akan memperlihatkan dedikasi brand di mata pelanggan.
Kembangkan Bisnis Secara Tepat Bersama Startner
Setelah membaca artikel diatas, kamu tentu jadi paham mengenai pentingnya suatu konten. Tidak hanya untuk Influencer, namun juga bagi individu maupun bisnis. Konten berkaitan erat dengan engagement dan exposure yang berguna bagi bisnis. Khususnya, konten di media sosial.
Oleh karena itu, kamu perlu memulai membuat konten di media sosial seperti di Instagram untuk bisnismu. Caranya mudah. Hanya tinggal menggunakan jasa social media management dari Startner! Startner merupakan jasa konsultasi bisnis online yang akan membantu kamu mengelola akun instagram bisnis.
Tim Startner akan membuatkanmu konten untuk feed instagram, story, copywriting, sedang membuat jadwal posting. Lengkap bukan penawarannya? Jadi, tunggu apalagi? Ayo, kembangkan bisnis secara tepat bersama Startner!