#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner

Memasuki era modern, teknologi dan digitalisasi berkembang pesat. Kedua hal ini bahkan menjadi kebutuhan yang mendesak, khususnya pada ekosistem industri. Bisnis pun melakukan transformasi digital secara menyeluruh, hingga tahun ini. 

Sebuah penelitian mencatatkan pasar transformasi digital global diperkirakan akan tumbuh menjadi $1.009,8 miliar pada tahun 2025. Dengan begitu, digitalisasi menciptakan tren bisnis baru, salah satunya yaitu maraknya produk-produk digital. 

Istilah seperti personalisasi user, otomatisasi hingga AI juga sudah familiar di ekosistem bisnis tahun 2024. Sebagai pebisnis pemula, kamu wajib mengetahui perkembangan tren bisnis terkini. Cek apa saja tren bisnis di tahun 2024 hingga tips meningkatkan profit pada bisnismu!

 

Apa saja Tren Bisnis di Tahun 2024?

Jika kamu seorang pemula dalam bisnis, kamu tentu harus mengetahui informasi mengenai tren bisnis di tahun 2024. Sedangkan, buat kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, kamu juga harus selalu up-to-date mengenai tren bisnis.

Simak berbagai macam tren bisnis di tahun 2024 yang perlu kamu ketahui. 

Digital Products

Maraknya produk digital (digital products) di era digital menjadikannya sebagai tren bisnis di tahun 2024. Digitalisasi menciptakan ekosistem serta produk-produk digital baru yang diminati dan diadaptasi oleh banyak orang. 

Sejak pandemi, pengguna aktif produk digital meningkat sebanyak 54%. Contoh dari produk digital yang paling banyak dijual yaitu kursus online dan e-book. Maka dari itu, banyak bisnis di masa depan yang akan berlomba-lomba mengembangkan produk digital sebagai sumber pendapatan baru.

Personalisasi User

Banyak perusahaan yang tengah berfokus pada pengembangan personalisasi user. Hal ini juga menjadi tren bisnis di tahun 2024. Personalisasi user bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan kenyamanan pengalaman pengguna. 

Personalisasi user penting dilakukan pada tahapan awal pemasaran. Ini merupakan tren bisnis yang akan memudahkan klien menemukan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan. Personalisasi juga dapat membantu bisnis merespons prospek dan mengumpulkan informasi klien dengan cepat.

Automation

Percepatan teknologi menjadi alasan industri menerapkan automation (otomatisasi) untuk meningkatkan performa bisnis menjadi lebih unggul dari pesaing. Otomatisasi memang bukan hal baru, namun efisiensi yang dihasilkan membuat otomatisasi menjadi keharusan bagi bisnis. 

Dengan otomatisasi, pekerjaan mampu dilakukan berulang kali. Bahkan dan tidak memerlukan keterampilan atau perhatian khusus dari manusia. Otomatisasi yang populer di tahun 2023, masih menjadi tren bisnis di tahun ini. 

Artificial Intelligence

AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan sangat penting karena semakin banyak bisnis yang mengintegrasikannya ke dalam proses operasional bisnis. AI dalam konteks tren bisnis, berperan membawa inovasi dan meningkatkan efisiensi. 

AI juga dapat menjadi sumber daya berharga yang dapat dimanfaatkan pemilik bisnis untuk keluar dari kebuntuan. Contoh sederhana dari AI yang biasanya diaplikasikan yaitu menulis e-mail, mengedit konten, mengembangkan ide copy, dan lainnya.

 

Tips Meningkatkan Profit Bisnis di Tahun 2024

Tren Bisnis 2024

Sumber: Pexels

 

Mengetahui tren bisnis yang sifatnya dinamis, kamu tentu harus selalu menyesuaikan strategi bisnis agar sejalan dengan tren tersebut. Hal ini penting karena berkaitan erat dengan performa bisnis kamu di masa depan. 

Maka, kamu juga perlu menyusun strategi bagaimana meningkatkan profit bisnis kamu. Berikut tips meningkatkan profit bisnis di tahun 2024 yang bisa kamu ikuti langkahnya.

Mengerti Pengeluaran

Sebagai langkah pertama, kamu harus memahami biaya-biaya yang biasanya kamu keluarkan. Lalu, identifikasi biaya tetap secara teratur serta perbarui anggaran. Hal ini akan membantu kamu membuat keputusan yang baik mengenai penetapan harga, alokasi sumber daya, dan strategi penghematan biaya.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Pemasaran strategis sangat penting untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankannya. Manfaatkan digital marketing tools, platform media sosial, dan pemasaran konten untuk mencapai target audiens. Lacak kinerja kampanye pemasaran untuk memastikan kamu mendapatkan ROI yang positif.

Optimasi Operasional

Optimalkan operasional bisnis kamu untuk meningkatkan efisiensi serta mengurangi pemborosan. Kamu bisa lakukan dengan mengevaluasi alur kerja dan menerapkan solusi teknologi yang dapat mengotomatisasi tugas-tugas berulang. Hal ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi biaya operasional.

Implementasi Tools atau Technology Solutions

Mengadopsi teknologi dapat kamu lakukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Implementasikan software untuk menyederhanakan proses agar produktivitas bisa meningkat secara keseluruhan. Pertimbangkan juga solusi e-commerce untuk memperluas online presence bisnis kamu.

Tetap Beradaptasi

Kamu dituntut untuk terus terinformasi tentang tren industri, perubahan pasar, dan teknologi baru. Jadilah fleksibel dengan menyesuaikan strategi berdasarkan tren bisnis terbaru. Tinjau kembali rencana bisnis secara rutin dan sesuaikan tujuan dengan perkembangan pasar yang terus berubah.

 

Bisnis Jadi Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Jadi, penting bagi kamu untuk beradaptasi dengan teknologi untuk menjadikan bisnis go digital dan terdepan, serta unggul dari kompetitor. Untuk mengembangkan bisnis, kamu perlu mengasah skill serta berkonsultasi kepada para ahli yang mampu membantumu meningkatkan performa bisnis di tahun 2024. 

Oleh karena itu, kamu membutuhkan bantuan dari para ahli yang ada di Startner untuk mengembangkan bisnismu. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan potensi bisnis hingga mengadaptasi tren bisnis terbaru. Konsultasi di Startner akan membantu kamu dalam mengidentifikasi peluang, menyelesaikan tantangan, serta merencanakan strategi bisnis yang efektif.