#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Online Store adalah

Persebaran internet di seluruh dunia menciptakan kebiasaan baru, salah satunya tren belanja online. Tren ini menumbuhkan banyak toko-toko online (online store) yang menjual berbagai macam kebutuhan. 

Pada tahun 2024, jumlah digital buyers mencapai 2,71 miliar. Jumlahnya bahkan terus bertambah selama beberapa tahun terakhir. Angka tahun 2024 ini meningkat sebanyak 70 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menunjukkan peningkatan tahunan sebesar 2,7%.

Sebagai pengusaha, kamu tentu melihat pertumbuhan tren belanja online sebagai peluang bisnis. Langkah awal yang bisa kamu lakukan dengan membangun online store sendiri. Nah, sebelum itu, kamu bisa simak terlebih dahulu pengertian online store, jenis-jenisnya, serta cara membangunnya. Check this out!

 

Apa itu Online Store?

Online store atau toko online adalah platform digital yang memungkinkan bisnis untuk menjual produk atau layanan melalui internet. Toko ini bisa berbentuk website, mobile app, atau platform digital lainnya. 

Online store menawarkan kenyamanan, aksesibilitas, dan memiliki pilihan produk yang lebih beragam daripada toko fisik. Toko online ini juga memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi, melakukan pemesanan, dan pembayaran secara virtual.

 

Bedanya Online Store dengan Ecommerce

Online store dan e-commerce memang sekilas terlihat sama. Namun, sebenarnya kedua toko online ini memiliki perbedaan. Online store bisa dikatakan sebagai sebuah website atau platform di mana bisnis menjual produk atau layanan kepada pelanggan melalui internet. 

Sedangkan e-commerce merupakan istilah yang lebih luas yang mencakup semua jenis transaksi komersial yang dilakukan secara elektronik. Contohnya seperti perbankan online atau pemesanan tiket online.

Perbedaan utama antara toko online dan e-commerce adalah online store merupakan jenis platform e-commerce tertentu yang fokus hanya pada penjualan produk atau layanan. E-commerce, di sisi lain, dapat mencakup berbagai jenis transaksi elektronik di luar sekadar jual-beli.

 

Jenis-Jenis Online Store

Sumber: Pexels

 

Di era digital, jenis-jenis online store terus bermunculan dan semakin berkembang. Namun, terdapat jenis-jenis online store yang paling umum. 

General Merchandise

General merchandise pada online store merupakan toko yang menjual barang-barang kebutuhan umum. Toko ini umumnya mudah ditemukan. Contohnya perlengkapan rumah tangga, elektronik, dan masih banyak lagi. 

Niche Market

Niche market juga termasuk jenis online store yang dibangun untuk segmen konsumen yang spesifik, yang cenderung untuk membeli produk atau layanan tertentu. Misalnya, toko yang hanya menjual pakaian untuk pekerjaan tertentu. 

Digital Products

Toko online ini menjual produk-produk yang bersifat digital atau dapat diunduh secara elektronik. Produk digital ini tidak berwujud fisik dan dapat berupa berbagai jenis konten atau layanan. Contohnya e-book, software, musik, video dan desain grafis.

Services

Services (layanan) juga termasuk jenis toko online yang seringkali ditemui. Toko ini menjual barang tak berwujud yang diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan. Contohnya toko yang menyediakan jasa Freelancer, kursus online, dan pemesanan tiket perjalanan.

Marketplaces

Marketplace merupakan wadah digital besar yang mengumpulkan banyak online store dari berbagai wilayah. Marketplace juga menghubungkan penjual dengan pembeli secara instan. Kamu bisa temukan ratusan bahkan ribuan toko online dalam satu marketplace. 

B2B

Business-to-business (B2B) juga merupakan jenis online store, yang bisnis dan transaksinya dilakukan antara satu bisnis dan bisnis lainnya. Contohnya, transaksi online dilakukan dari toko grosir pada toko pengecer. 

Local Market

Jenis toko online lainnya berupa pasar lokal. Pasar lokal atau local market terdiri dari pelanggan yang akan membeli produk atau layanan di sekitar tempat produksinya atau terbatas pada wilayah lokal. 

 

Bagaimana Cara Membangun dan Memulai Online Store?

Untuk membangun online store, kamu perlu strategi yang tepat agar tidak salah langkah. Di bawah ini terdapat hal-hal yang perlu kamu lakukan dalam membangun online store.

1. Temukan Ide

Ide merupakan hal pertama yang kamu butuhkan dalam membangun online store. Ide termasuk mencari serta mengidentifikasi produk atau layanan apa yang ingin kamu jual. Kamu bisa riset terlebih dahulu produk maupun layanan apa yang banyak dicari orang. 

2. Susun Rencana

Rencana dalam membangun online store berarti pemetaan mengenai rencana target audiens, anggaran dan lainnya. Rencana juga termasuk menyusun tujuan bisnis, tujuan, serta operasional harian.

3. Siapkan Bahan dan Utilitas

Selanjutnya, kamu harus memperhitungkan perkiraan bahan-bahan yang kamu butuhkan apabila kamu menjual produk fisik. Selain itu kamu juga harus mempertimbangan lokasi untuk bekerja, dan mungkin merekrut karyawan. Perhitungkan juga biaya utilitas seperti listrik dan layanan internet. 

4. Pilih Platform Online Store

Kamu juga harus memutuskan dimana toko online-mu akan didirikan. Kamu bisa memilih platform marketplace yang fasilitasnya sudah disediakan secara lengkap. Atau, kamu juga bisa membuat domain khusus untuk toko online-mu sendiri. 

5. Tentukan Metode Pembayaran Elektronik

Bila kamu memilih membuat domain sendiri, kamu perlu menyiapkan metode pembayaran elektronik. Dengan web hosting, pastikan bahwa situs tersebut aman dengan mendapatkan dan menginstal sertifikat SSL. 

6. Rancang Strategi Marketing

Strategi pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam membangun online store. Ini nanti akan menentukan seberapa jauh jangkauan bisnismu. Kamu bisa memilih saluran pemasaran populer seperti media sosial, SEO, email marketing, dan lainnya. 

7. Tingkatkan Manajemen Harian

Kesuksesan online store bergantung pada kepuasan pelanggan. Pastikan stok barang selalu ready untuk memenuhi permintaan pembeli. Bisnis juga harus menyediakan pengiriman yang mudah dan cepat. Hal penting lainnya, bisnis harus mampu menangani komplain dari pelanggan dengan cepat dan akurat juga. 

 

Bisnis Jadi Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Sekarang kamu sudah paham, ya, apa saja jenis online store serta cara membangunnya? Nah, kapan lagi mendirikan toko online sendiri untuk memajukan bisnismu? Kamu hanya membutuhkan konsultasi bisnis di tempat yang tepat!

Jadikan bisnismu go digital tanpa ragu bersama Startner! Melalui jasa konsultasi online ini, bisnis kamu akan dibantu bertumbuh dengan para tim digital dan creative terbaik yang sudah diseleksi oleh Startner. Jadi, kembangkan bisnismu hanya di Startner, sekarang!