#MulaiTanpaKeraguan untuk Bisnis Go Digital Bersama Startner
Ide Bisnis Makanan dan Minuman

Industri makanan maupun minuman seakan tidak pernah padam, bahkan, terus mengalami perkembangan. Karena itulah banyak pebisnis yang suka dengan menjalankan bisnis ini. Bahkan, para pemula banyak yang mengincar bisnis bidang ini karena inovasi yang tiada henti. 

Di tahun 2024, banyak tren bisnis makanan baru. Seperti tren makanan sehat dan diet yang saat ini mudah didapatkan. Namun, selain itu masih banyak tren yang bisa menginspirasimu saat mencari ide bisnis makanan. Simak 13 ide makanan dan minuman 2024 di bawah ini, ya!

 

Peluang Bisnis Makanan di Tahun 2024

Industri Food & Beverage (F&B) sangat besar dan beragam, dengan pasar global yang terus berkembang. Pendapatan industri FnB diperkirakan mencapai US$10,07 triliun atau setara dengan Rp156 triliun di tahun 2024 secara global. Beberapa tren F&B tahun 2024 akan terintegrasi teknologi AI, yang diterapkan pada proses produksi. 

Sementara itu, industri F&B di Indonesia terus menjadi salah satu sektor bisnis terkuat. Pertumbuhannya sebesar 5-7% pada akhir tahun 2023. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti preferensi konsumen, pertumbuhan e-commerce dan industri pariwisata, dukungan pemerintah, serta pengaruh sosial media. 

Dengan peluang bisnis yang masih terbuka lebar, pengusaha harus cermat dalam menggali ide bisnis makanan lebih dalam. Adapun preferensi produk makanan di Indonesia tahun 2024 lebih mengedepankan sustainability, ramah lingkungan, dan organik, serta kebiasaan makan yang lebih sehat. 

 

13 Ide Bisnis Makanan dan Minuman di Tahun 2024

Melihat tren F&B yang diperkirakan terus meningkat secara global maupun lokal, kamu perlu mengambil peluang ini. Menjalankan bisnis di sektor F&B merupakan langkah tepat. Namun, besarnya industri ini tidak mengurangi persaingan yang begitu kompetitif. 

Maka, kamu harus mencari ide bisnis makanan dan riset tentang tren kuliner yang berpotensi akan menjadi bisnis yang sustain. Simak 13 ide bisnis makanan dan minuman di tahun 2024 yang menarik!

Makanan Plant-Based

Plant-based food merupakan ide bisnis makanan nabati yang sedang populer. Makanan plant-based sedang diminati karena tingkat kesadaran konsumen akan kesehatan semakin meningkat. Maka, kamu harus coba mengambil peluang ini. 

Brand makanan plant-based Indonesia contohnya yaitu Green Rebel Foods. Inovasinya yaitu mengolah produk makanan alternatif berbahan dasar nabati dengan menghilangkan unsur hewani secara total. Namun, Green Rebel tetap bisa menjaga tekstur daging pada menu rendang dan satenya. 

Bakery Shop

Roti juga merupakan makanan favorit di Indonesia. Sehingga, ide bisnis makanan roti peluang bisnisnya besar. Bakery shop maupun cafe-bakery yang sedang menjadi tren tidak hanya menyediakan aneka ragam kreasi roti, tapi menawarkan tempat bersantai, berkumpul, bahkan bekerja. 

Salah satu bakery shop yang sedang populer yaitu Paris Baguette. Toko roti unik ini mengambil nama dan konsep ala toko roti di Perancis. Namun, sebenarnya ini adalah bakery shop dari Korea Selatan. Bahan-bahan dan menu rotinya pun dari Korea. 

Online Dessert

Ide bisnis makanan penutup (dessert) semakin laris tahun 2024. Tak heran bila pemesanan dessert secara online meningkat. Mengambil peluang bisnis online dessert bisa menguntungkan karena pengolahan dan penyimpanannya cukup mudah. 

Sejak pandemi, tren dessert box muncul yang dipelopori oleh brand dessert terkenal, Bittersweet by Najla. Dessert box merupakan inovasi menarik di dunia online dessert yang belum pernah ada sebelumnya. Brand ini menyediakan aneka pilihan dessert box yang menggoda selera. 

Coffee Shop atau Kedai Kopi

Sumber: Pexels

 

Tren coffee shop menjamur setelah hobi ‘ngopi’ masyarakat urban menjadi tren. Tidak hanya kopinya, saat ini coffee shop dibangun secara estetik. Bahkan, tidak hanya untuk bersantai, kedai kopi juga difungsikan untuk memfasilitasi tren work from cafe (WFC). 

Tanatap Coffee merupakan kedai kopi yang sedang viral di media sosial. Selain menyediakan menu kopi yang beragam, Tanatap Coffee menyuguhkan suasana ngopi yang artistik. Dengan mengusung konsep kebun, coffee shop ini menjadi inspirasi untuk ide bisnis makanan dan minuman 2024 terbaik. 

Tea Shop atau Kedai Teh

Selain kopi, tea shop merupakan alternatif bagi yang tidak hobi ngopi. Menyaingi kepopularitasan kedai kopi, tea shop kini menjadi hits di kalangan pecinta kuliner. Melihat peminat minuman teh juga tinggi, membuka kedai teh menjadi ide bisnis makanan yang bisa kamu coba. 

Tea shop yang sedang banyak diperbincangkan yaitu Pantjoran Tea yang berlokasi di Glodok, Jakarta Barat. Dengan nuansa oriental, Pantjoran Tea memperkenalkan aneka jenis teh autentik. Tradisi menyeduh teh secara tradisional menjadi daya tarik dan nilai jual bagi kedai teh ini. 

Ice Cream Shop

Sebagai menu dessert, ice cream masih menjadi dessert terbaik dan favorit banyak orang. Maka dari itu, ice cream shop saat ini banyak ditemui. Menjalankan bisnis kedai ice cream menjadi ide bisnis makanan yang berpeluang bagus kedepannya. 

Cold Moo merupakan salah satu kedai ice cream yang gaungnya cukup banyak di media sosial. Bentuk ice cream ‘swirl’ ketika disajikan di cup dan rasa strawberry cookies menjadi signature dari brand ice cream ini. 

Resto Makanan Asia

Ide bisnis makanan 2024 yang berpeluang akan laris berikutnya yaitu restoran makanan Asia. Indonesia sebagai pusat bisnis dan kuliner cocok menjadi lokasi utama restoran makanan Asia. 

Contohnya di Jakarta, terdapat restoran makanan Asia yang terletak di Mal Grand Indonesia, yaitu East Quarter. Restoran ini mengusung konsep destinasi kuliner Pan Asia. Disini menghidangkan aneka kuliner dari Korea, Jepang, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan negara Asia lainnya. 

Resto Makanan Timur Tengah

Sebagai negara dengan penganut agama Islam terbesar, Indonesia merupakan lokasi yang ideal untuk membuka restoran makanan Timur Tengah. Peminatnya yang tinggi menjadikan restoran ini menjadi ide bisnis makanan yang menarik. 

Salah satu resto dengan menu Timur Tengah, khususnya Palestina, yang banyak dijumpai yaitu Emado’s Shawarma. Menu utama seperti shawarma, falafel, hummus, serta roasted chicken bisa dipesan dengan harga yang terjangkau. 

Bisnis Catering Kantor

Selama ini, bisnis catering tidak pernah padam. Inovasi bisnis catering mulai dari pesta, anak sekolah hingga untuk kantoran semakin menjamur. Khususnya catering kantor, kebutuhannya sangat tinggi. Hal ini disenangi para pegawai kantoran karena dapat makan dengan praktis dan hemat waktu.

Maka, catering kantor menjadi ide bisnis makanan yang menjanjikan. Contohnya yaitu bisnis catering kantoran, Kulina. Kulina menyajikan ragam menu catering dari ratusan merchant yang dapat dipesan melalui aplikasi.  

Makanan Sehat dan Diet

Inovasi makanan sehat maupun diet tengah bermunculan. Ini sejalan dengan kesadaran masyarakat akan isu kesehatan yang semakin krusial. Maka, banyak orang yang beralih ke pilihan makanan yang lebih sehat. Produk makanan sehat tentu menjadi ide bisnis makanan yang peluang keuntungannya tinggi. 

Inovasi produk diet terbaru contohnya yaitu Hotto Purto yang tengah naik daun. Hotto termasuk brand superfood multigrain dengan ubi ungu pertama di Indonesia, yang ditujukan untuk penyeimbang nutrisi dan gizi dalam asupan. Penyajiannya sangat mudah dalam bentuk sachet yang tinggal diseduh. 

Frozen Food

Bisnis frozen food tidak asing lagi dan tidak diragukan kesuksesannya. Frozen food bisa ditemui dimanapun, di toko online maupun offline. Penyimpanan yang mudah dan tahan lama menjadi alasan banyak orang menyukai produk makanan beku. 

Produk frozen food yang banyak dijumpai seperti chicken nugget, sosis, dimsum, pempek, siomay, maupun kentang goreng. Adapun salah satu brand frozen food yang sedang populer yaitu Kanzler, dengan produk olahan nugget dan sosisnya yang crispy. 

Variasi Ayam Goreng

Ayam goreng selalu menjadi ide bisnis makanan yang tak lekang oleh waktu. Di tahun 2024, variasi ayam goreng masih menjadi hidangan favorit, selain karena lezat, penyajiannya pun cepat. Model bisnis franchise sangat populer diterapkan pada banyak brand ayam goreng. 

Seperti brand ayam goreng D’Kriuk yang sedang laris di pasaran. D’Kriuk membuka paket waralaba dengan harga bersahabat. D’Kriuk juga berinovasi pada menu ayamnya yang dipadukan dengan pilihan saus unik seperti mozarella dan blackpaper.

Warung Makan Rumahan 

Ide bisnis makanan terakhir yang berpeluang laku keras yaitu warung makan rumahan. Tidak diragukan lagi, menu makanan rumah selalu menjadi pilihan sekaligus alternatif yang nikmat serta mengenyangkan. 

Seperti Kedai Rukun Yakarta yang berlokasi di Blok M, selalu ramai pengunjung. Warung makan ini mengusung olahan makanan khas Jogja. Pilihan menu makanan yang disajikan pun beragam dan berkonsep rumahan.

 

Tips Menentukan Bisnis Makanan dan Minuman di Tahun 2024

Untuk menentukan bisnis makanan dan minuman di tahun 2024 kamu perlu mempertimbangkan hal-hal penting berikut. Simak beberapa tipsnya di bawah ini. 

1. Selalu Up-to-date tentang Tren Makanan

Bisnis makanan bersifat dinamis, maka trennya akan selalu berkembang, bahkan berubah. Untuk itu, kamu perlu mencermati apa tren yang sedang diminati di tahun 2024. Sebagai contoh, tren makanan sehat dan diet sedang diminati.

2. Evaluasi Tim

Evaluasi tim yang kamu siapkan dalam hal mengolah makanan. Tentukan siapa yang mampu mengkreasikan menu yang akan dijual. Tidak hanya soal pengolahan, kamu juga harus memperhatikan manajemen penyimpanan agar bahan-bahan selalu fresh.

3. Tentukan Unique Selling Point

Besarnya peluang bisnis makanan tidak menjadikannya mudah. Melainkan, akan ada banyak pesaing yang sangat kompetitif. Maka, temukan ide bisnis makanan, lalu tentukan unique selling point (USP). Misalnya, kamu menciptakan rasa baru pada menu ice cream atau membangun coffee shop yang aesthetic.  

4. Cermati Lokasi

Cermati dimana kamu ingin membuka bisnis. Apakah jenis kuliner yang ingin kamu jual sudah banyak di target lokasi. Jika belum ada, maka ini merupakan peluang besar. Walaupun brand-mu satu-satunya di daerah tersebut, kamu harus tetap menentukan lokasi yang strategis agar mudah dicapai oleh konsumen.

5. Integrasi Teknologi Canggih

Sesuai dengan perkembangan teknologi, ekosistem bisnis makanan kedepannya akan menerapkan banyak teknologi canggih seperti AI dan otomatisasi. Misalnya saja kamu menggunakan AI pada sistem delivery atau produksi. 

6. Siapkan Strategi Pemasaran

Menentukan strategi pemasaran disesuaikan dengan jenis produk apa yang ingin dijual. Pelajari konten-konten di media sosial dan sesuaikan konten pemasaran dengan visi brand, menu makanan yang dijual, serta media sosial yang kamu gunakan nantinya. 

7. Sesuaikan Budget

Budget merupakan hal yang paling penting untuk dapat merealisasikan seluruh rencana bisnis. Maka, sesuaikan budget dengan jenis makanan atau minuman, lokasi, karyawan, strategi pemasaran, dan lainnya, agar pengeluaran tepat. 

 

Bisnis Jadi Go Digital Tanpa Ragu Bersama Startner

Membangun sebuah bisnis makanan dan minuman di tahun ini bukanlah hal yang mudah. Mulai dari mencari ide bisnis makanan, menu, lokasi, harga, dan lainnya. Tentu kamu butuh berkonsultasi dengan ahli untuk membimbing dalam membangun bisnis sehingga menjadi go digital. 

Nah, untuk konsultasi bisnis caranya mudah. Mulailah bisnis jadi go digital tanpa ragu bersama Startner. Dengan konsultasi bisnis bersama Startner, kamu dapat menggali potensi bisnis serta merencanakan strateginya secara efektif. Temukan ide bisnis makanan hingga lakukan digitalisasi dengan bantuan Startner!